Solusi Alami yang Ampuh untuk Menyamarkan Bekas Luka di Wajah

Loading...

menghilangkan bekas lukaGuratan atau bekas luka tentu akan membuat siapa saja mengalami krisis kepercayaan diri. Apalagi jika bekas luka tersebut terletak tepat di wajah Anda.

Kebanyakan orang mungkin akan melakukan perawatan agresif dan mahal untuk menghilangkan bekas luka di wajah, namun sebenarnya ada solusi alami yang dapat menyamarkan atau bahkan menghilangkan bekas luka tersebut.

Lemon dan Mentimun

Oleskan cairan lemon pada bekas luka Anda dengan menggunakan bola kapas. Lakukan rutinitas ini dua kali sehari, sampai bekas luka menghilang.

Ambillah lemon yang telah diiris-iris, kemudian gosokkan pada kulit Anda. Hal ini dapat membantu membuat kulit terlihat tampak lebih cerah dan sehat.

Anda juga bisa menerapkan cairan mentimun pada wajah dengan menggunakan bola kapas, mentimun dapat membantu mengencangkan pori-pori yang secara bertahap akan mengurangi bekas luka.

Madu

Cara terbaik untuk menghilangkan bekas luka secara alami adalah dengan menggunakan madu yang telah digunakan sejak berabad-abad yang lalu untuk menyembuhkan luka. Perawatan ini harus diterapkan beberapa kali dalam sehari untuk mendapatkan manfaat penyembuhan yang cepat.

Tomat

Salah satu pengobatan rumah terbaik untuk mengobati bekas luka adalah tomat, terutama bekas luka akibat jerawat. Potonglah tomat kemudian langsung gosokkan pada kulit Anda untuk menyamarkan bekas luka.

READ:  Tips Praktis Merawat Rambut Keriting

Pisang

Siapkan pisang matang kemudian tumbuk hingga menyerupai pasta. Oleskan pisang yang telah ditumbuk pada bekas luka Anda dan diamkan selama sekitar 10 menit. Setelah itu bilas kulit Anda hingga bersih. Tips penggunaan pisang ini dapat membantu untuk menyembuhkan bekas luka.

Kayu cendana

Salah satu metode yang efektif untuk menghilangkan bekas luka yaitu dengan menggunakan kayu cendana dan sedikit campuran air mawar.

Ambillah bubuk kayu cendana dan campurkan dengan air mawar, biarkan selama semalaman. Keesokan paginya, bilaslah wajah Anda dengan air hangat. Campuran ini dapat membantu menghilangkan bekas luka secara alami, dan membuat kulit wajah Anda tampak lebih bercahaya.

Berikan pijatan

Memberikan pijatan halus pada daerah bekas luka juga dapat berkontribusi untuk menyamarkan bekas luka. Memijat wajah akan meningkatkan aliran darah di bagian kulit yang rusak. Peningkatan sirkulasi darah akan membuat lebih banyak nutrisi dikirim ke daerah bekas luka tersebut. Peningkatan pasokan nutrisi tentunya sangat penting untuk membantu menyembuhkan bekas luka.

Herbal

Oleskan gel lidah buaya, dua kali sehari selama beberapa hari hingga bekas luka membaik. Terus lakukan perawatan ini sampai bekas luka menghilang. Selain gel lidah buaya, menggosokkan bawang putih mentah pada bekas luka beberapa kali dalam sehari juga berkhasiat untuk menyembuhkan bekas luka secara alami.

READ:  Tips Padupadan Busana Pastel

Cara alami lainnya untuk menghilangkan bekas luka adalah dengan menggunakan daun mint. Tumbuk daun mint hingga hancur kemudian bungkus dalam kain kasa untuk mengambil cairannya. Setelah itu aplikasikan di seluruh wajah setiap hari untuk menghilangkan bekas luka.

Vitamin E

Untuk mendapatkan kulit yang sehat bersinar, konsumsilah vitamin E dalam bentuk minyak ataupun kapsul. Vitamin E sangat efektif untuk menyamarkan bahkan menyembuhkan bekas luka. Dengan mengkonsumsi vitamin E selama beberapa minggu, bekas luka Anda akan menghilang.

Es

Penerapan es selama 10 hingga 15 menit setiap hari mampu menurunkan rasa panas dan peradangan yang terkait dengan bekas jerawat pada wajah. Es akan membantu dalam meringankan bekas luka Anda.

**

Itulah beberapa solusi alami yang ampuh untuk menghilangkan bekas luka. Namun tips-tips tersebut tidak akan efektif jika Anda tidak mengkonsumsi makanan yang tepat. Dengan kata lain, Anda harus mengikuti diet sehat yang tepat untuk meningkatkan tingkat keberhasilan dari obat alami tersebut.

Jangan lupa untuk selalu memasukkan sayuran hijau ke dalam menu Anda setiap hari, untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Buah-buahan juga harus menjadi hidangan penting untuk mendapatkan kulit yang sehat dan mengurangi visibilitas bekas luka Anda.

READ:  Kenali Jenis Kulit dan Cara Merawatnya

Selain mengkonsumsi makanan yang tepat, Anda juga tidak boleh lupa untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup. Menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik adalah salah satu tips efektif untuk memerangi bekas luka. Kulit manusia terdiri dari sekitar 80% air.

Jadi tak heran, bila asupan air yang tidak memadai akan membuat kulit Anda menjadi kering, sehingga menghambat proses penyembuhan luka. Oleh karena itu, minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari dianggap sebagai pengobatan alami yang efektif untuk menghilangkan bekas luka.

(foto: buzzle.com)