10 Penggunaan Aspirin yang Tidak Lazim

Loading...

Kegunaan AspirinAspirin adalah obat salisilat, dan biasanya digunakan sebagai analgesik (mengurangi rasa sakit tanpa menghasilkan anestesi atau kehilangan kesadaran) untuk sakit dan nyeri ringan, untuk mengurangi demam (antipiretik), dan juga sebagai obat anti-inflamasi.

Aspirin juga telah menjadi semakin populer sebagai antiplatelet – digunakan untuk mencegah pembentukan bekuan darah.

Saat ini, aspirin sering diberikan kepada pasien segera setelah serangan jantung untuk mencegah kekambuhan atau kematian jaringan jantung.

Aspirin merupakan obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID). NSAID adalah obat-obat dengan efek analgesik, antipiretik (penurun demam), dan dalam dosis lebih tinggi memberikan efek anti-inflamasi.

Namun ternyata bukan itu saja, berikut adalah 10 penggunaan aspirin yang tidak lazim, dilansir dari Reader’s Digest:

1. Menghidupkan baterai mobil

Jika di belakang kemudi Anda mendapati bahwa baterai mobil Anda telah mati – dan tidak ada orang di sekitar untuk memberikan bantuan – Anda mungkin bisa mencoba menyalakan kendaraan Anda dengan menurunkan dua tablet aspirin ke dalam baterai itu sendiri.

Asam asetilsalisilat dalam aspirin akan bergabung dengan asam sulfat pada baterai untuk menghasilkan satu charge terakhir. Pastikan untuk pergi ke bengkel terdekat.

2. Menghilangkan noda keringat

Sebelum Anda menyerah karena tidak bisa menghilangkan noda keringat pada kemeja putih kesayangan Anda, coba ini: Hancurkan dua aspirin dan campurkan bubuk dalam 1/2 gelas air hangat. Rendam bagian pakaian yang bernoda dalam larutan selama dua sampai tiga jam.

READ:  5 Tips Mudah Membuat Busana Anda Tampak Glamor

3. Mengembalikan warna rambut

Berenang dalam kolam berklorinasi dapat memberikan efek yang terlihat, dan sering tidak menyenangkan, pada warna rambut Anda jika Anda memiliki rambut berwarna terang.

Tapi Anda biasanya dapat mengembalikan warna rambut Anda dengan melarutkan enam sampai delapan aspirin dalam segelas air hangat. Gosokkan larutan secara menyeluruh ke rambut Anda, dan biarkanselama 10-15 menit.

4. Mengeringkan jerawat

Bahkan kita sendiri yang yang telah melewati masa remaja bisa berjerawat sesekali. Tapi jangan khawatir, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan menghancurkan satu aspirin dan tambahkan dengan sedikit air. Oleskan pasta pada jerawat, dan biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas dengan sabun dan air. Ini akan mengurangi kemerahan dan menenangkan jerawat.

5. Mengobati kapalan

Lembutkan kapalan keras pada kaki Anda dengan menggiling lima atau enam aspirin menjadi bubuk. Jadikan pasta dengan menambahkan 1/2 sendok teh masing-masing sari buah lemon dan air. Oleskan campuran tersebut ke daerah tersebut, lalu bungkus kaki Anda dengan handuk hangat dan tutupi dengan kantong plastik. Setelah paling sebentar sepuluh menit, lepaskan kantong dan handuk, dan perlakukan kalus yang melunak dengan batu apung.

6. Mengontrol ketombe

Apakah masalah ketombe membuat Anda minder? Kontrol dengan menghancurkan dua aspirin sampai menjadi bubuk halus dan tambahkan ke jumlah normal shampo yang Anda gunakan setiap kali Anda mencuci rambut. Biarkan campuran pada rambut Anda selama 1-2 menit, kemudian bilas dan cuci lagi dengan shampo saja.

READ:  10 Penggunaan Minyak Zaitun Untuk Perawatan Kulit dan Rambut

7. Mengatasi gigitan dan sengatan serangga

Kontrol peradangan yang disebabkan oleh gigitan nyamuk atau sengatan nyamuk dengan membasahi kulit Anda dan menggosok aspirin di atasnya. Tentu saja, jika Anda alergi terhadap sengatan lebah – dan mengalami kesulitan bernapas, mengembangkan sakit perut, atau merasa mual setelah terkena sengatan – carilah bantuan medis.

8. Membantu bunga potong bertahan lebih lama

Ini merupakan cara untuk menjaga mawar dan bunga potong lainnya tetap segar lebih lama: Letakkan aspirin yang sudah dihancurkan dalam air sebelum menambahkan bunga Anda. Resep lain yang dapat digunakan untuk memperpanjang umur rangkaian bunga Anda meliputi: multivitamin, satu sendok teh gula, sedikit garam dan baking soda, dan bahkan satu sen tembaga. Juga, jangan lupa untuk mengganti air vas setiap beberapa hari.

9. Sebagai garden aid

Aspirin tidak hanya pertolongan pertama yang esensial bagi Anda, tapi juga untuk taman Anda. Beberapa tukang kebun menggilingnya untuk digunakan sebagai rooting agent, atau mencampurnya dengan air untuk mengobati kondisi jamur dalam tanah. Tapi hati-hati bila menggunakannya di sekitar tanaman, terlalu banyak dapat menyebabkan pembakaran atau kerusakan lain. Ketika mengobati tanah, dosis spesifik yang seharusnya ialah satu atau setengah tablet aspirin dalam 1 liter air.

10. Menghilangkan noda telur dari pakaian

Apakah Anda tidak sengaja menumpahkan telur mentah pada pakaian Anda saat memasak? Pertama, kikis telur sebanyak yang Anda bisa, dan kemudian coba keluarkan sisanya dengan air hangat. Jangan gunakan air panas. Jika air hangat tersebut tidak benar-benar menghapus noda, campurkan air dan krim tartar menjadi pasta dan tambahkan aspirin yang sudah dihancurkan. Sebarkan pasta pada noda dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan air hangat.

READ:  Akhir Pekan, Lakukan 7 Perawatan Kecantikan Mingguan Ini

PERHATIAN!

Sekitar 10 persen orang dengan asma parah juga alergi terhadap aspirin – dan, pada kenyataannya, untuk semua produk yang mengandung asam salisilat, bahan utama aspirin, termasuk beberapa obat pilek, buah-buahan, dan bumbu serta zat aditif makanan. Persentase meroket 30 hingga 40 persen bagi penderita asma tua yang juga menderita sinusitis atau polip hidung.

Sensitivitas akut terhadap aspirin juga terlihat dalam persentase kecil dari populasi umum tanpa asma – terutama penderita maag dan kondisi pendarahan lain. Selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat apapun, dan jangan menerapkan aspirin eksternal jika Anda alergi mengambilnya secara internal.

(foto: standard.co.uk)