Ingin Sehat, Perbanyak Asupan Kalium dengan Makanan Ini!

Loading...

sumber kaliumSalah satu masalah terbesar dalam diet tradisional di Amerika Serikat dan juga di seluruh dunia, adalah terlalu banyak natrium dan terlalu sedikit kalium (potasium).

Studi menunjukkan meningkatkan asupan kalium dan membatasi asupan natrium atau sodium (garam) dapat memangkas resiko stroke sebesar 21 persen dan mengecilkan resiko perkembangan penyakit jantung.

Kalium sebagai mineral bekerja dengan melindungi dinding pembuluh darah dari kerusakan oksidatif dan penebalan. Orang dewasa harus mendapatkan 4.700 mg potassium per hari.

Terlalu banyak kalium bisa berbahaya, karena biasanya didapatkan dari suplemen. Jadi, cobalah mendapatkan asupan kalium dari makanan alami untuk mencukupi kebutuhan kalium harian Anda.

Berikut jenis-jenis makanan yang mengandung kalium, dilansir dari Yahoo Health:

1. Ubi jalar

Mengejutkan, bukan kentang dan pisang makanan yang mengandung kalium tertinggi, tapi ubi jalar. Sebungkus ubi jalar mengandung 694 mg potassium dan hanya 131 kalori, plus serat, beta karoten dan karbohidrat untuk kebutuhan energi. Dipanggang, digoreng, dibakar, atau ditumbuk, banyak cara mengolah ubi jalar menjadi makanan enak sekaligus sehat.

READ:  Kandungan Gizi dan Khasiat Buah Ceri untuk Kesehatan

2. Saus tomat

Tomat segar yang besar bisa dibuat pasta sehat yang merupakan sumber kalium yang baik untuk tubuh. Seperempat cangkir pasta tomat mengandung 664 mg mineral penting ini. Sementara satu setengah cangkir pasta tomat murni mengandung 549 mg. Jus tomat sendiri memiliki lebih dari 400 mg. Nampaknya jumlah kalium dalam tomat meningkat setelah dimasak.

Jadi jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak kalium dalam diet Anda, buatlah saus spaghetti sendiri lebih sering.

3. Daun bit

Jika Anda membeli bit, sebaiknya manfaatkan daunnya untuk dimasak karena setengah cangkirnya mengandung 644 mg potassium. Bit juga merupakan sumber asam folat, yang bisa dikonsumsi dalam keadaan mentah atau dimasak.

4. Kacang

Kacang putih memiliki paling banyak kalium, di mana setengah cangkirnya mengandung sekitar 600 mg. Semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang polong mengandung kalium yang tinggi. Baik pula untuk jantung, sumber serat dan menutrisi otak.

5. Yogurt

Delapan ons yogurt mengandung 579 mg kalium. Yogurt sangat lezat dicampurkan dalam mkanan, seperti untuk campuran sandwich, es krim, salad, dan sebaiknya. Selain itu, produk yogurt juga mengandung probiotik, bakteri alami yang membantu menjaga pencernaan dan usus agar tetap sehat.

READ:  9 Makanan Kaya Akan Kandungan Kalium

6. Remis

Resmi kalengan maupun yang segar, dalam setiap 3 onsnya mengandung 534 mg potasium. Juga memiliki vitamin B12 dosis tinggi.

7. Plum

Setiap 530 mg atau ¾ cangkir plum mengandung hampir 400 mg kalium. Selain itu, mengonsumsi plum kering juga membantu menjaga tulang yang kuat. Sebuah studi menyebutkan, wanita yang mengonsumsi 10 buah plum per hari memiliki kepadatan tulang yang lebih tinggi per hari ketimbang wanita yang maka apel kering.

8. Jus wortel

Wortel mudah ditemui di pasar atau supermarket. Membuat jusnya juga sangat mudah. ¾ gelas jus wortel mengandung 500 mg kalium. Selain itu, wortel dan buah lainnya yang berwarna orange juga bagus untuk mata.

9. Ikan

Ikan besar seperti tuna mengandung 500 mg kalium per 3 ons. Selain itu ikan cod juga mengandung banyak kalium. Menurut penelitian Harvard, mengonsumsi ikan bisa menurunkan resiko kematian akibat penyakit jantung sebesar 35 %. Tapi, kita harus hati-hati dengan memilih ikan segar yang tidak tercemar merkuri.

READ:  Tips Meminimalkan Risiko Kanker Akibat Penggunaan Ponsel  

10. Kedelai

Produk kedelai seperti tahu, tempe, merupakan sumber protein yang dapat melawan peradangan di dalam tubuh. Setengah cangkir kedelai yang dimasak atau diolah dalam bentuk apapun mengandung hampir 500 mg potasium.

11. Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Satu buah piasang berukurang sedang mengandung 400 mg potasium. Kaya asam folat dan baik untuk jantung. Buah ini juga enak dimakan dan mengeyangkan. Harus masuk dalam daftar diet Anda!

Foto: