9 Kegunaan Luar Biasa Pisang

Loading...

kegunaan pisangTentu semua familiar dengan buah pisang bukan? Buah ini sangat mudah ditemukan di mana-manaari pasar tradisional, warung kecil pinggir jalan hingga ke supermarket yang berAC.

Tak dapat dipungkiri bahwa buah ini populer karena kandungan kalium tinggi yang sangat baik untuk kesehatan. Tapi ternyata, di balik manfaat sehat buah pisang, buah ini juga dapat digunakan hal lainnya, yang sama sekali tidak berhubungan dengan kesehatan..

Gunakan pisang sebagai masker wajah, cemilan beku yang sehat dan 7 kegunaan yang luar biasa dari pisang lainnya, dilansir dari Reader’s Digest.

1. Membuat masker wajah

Siapa yang butuh botox ketika Anda memiliki pisang? Yup, Anda dapat menggunakan pisang sebagai masker wajah alami yang melembabkan kulit dan membuatnya terlihat dan terasa lebih lembut.

Tumbuk pisang matang ukuran sedang hingga menjadi pasta halus, kemudian oleskan dengan lembut pada wajah dan leher. Biarkan selama 10-20 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Resep masker populer lainnya: 1/4 cangkir yogurt biasa, 2 sendok makan madu, dan 1 pisang medium.

2. Cemilan pisang beku

Untuk menyegarkan musim panas Anda bersama teman dan keluarga, kupas dan potong pisang hingga menjadi dua bagian. Tusuk tiap potongnya dengan stick kayu es krim. Taruh dalam kertas lilin, dan masukkan ke dalam freezer. Beberapa jam kemudian, hidangkan sebagai banana-sickle beku.

READ:  Perawatan Terbaik untuk Si Kulit Sensitif Berjerawat

Anda bisa mencelupkan pisang beku dalam 6 ons (170 gram) butterscotch atau lelehan coklat (opsional: kacang cincang atau kelapa parut), kemudian bekukan lagi.

3. Melembutkan hidangan panggang

Daun pisang umumnya digunakan di banyak negara Asia untuk membungkus daging saat dimasak, untuk membuatnya lebih empuk. Jadi jika Anda takut hidangan panggang Anda mengeras, cobalah lunakkan dengan menambahkan pisang matang yang telah dikupas ke dalam panci.

4. Menyemir perangkat makan dari perak dan sepatu kulit

Menggunakan kulit pisang sebenarnya cara yang baik untuk menyemir perangkat makan dari perak dan sepatu kulit. Pertama, buang bahan seperti benang dari dalam kulit pisang, kemudian mulai gosokkan bagian dalam kulit pisang pada sepatu atau perak Anda. Setelah selesai, kilapkan dengan handuk kertas atau kain lembut. A

nda bahkan mungkin ingin menggunakan teknik ini untuk mengembalikan kilap furniture kulit Anda. Tes pada bagian kecil terlebih dahulu sebelum Anda menyemir seluruhnya.

5. Mencerahkan tanaman hias

Apakah daun pada tanaman hias Anda kelihatan kotor atau berdebu? Jangan repot-repot memercikkannya dengan air – itu hanya akan menyebar kotoran ke sekitar. Sebaliknya, sapu setiap daun dengan bagian dalam kulit pisang. Ini akan mengangkat semua kotoran di permukaan.

READ:  Tips dan Cara Membuat Jus Buah Pisang Super Enak

6. Menghalau kutu daun

Apakah kutu daun menyerang semak mawar atau tanaman lain? Kubur kulit pisang kering atau potongannya pada satu atau dua inci kedalaman di sekitar pangkal tanaman rawan kutu, dan segera pengisap kecil akan berkemas dan pergi.

Jangan gunakan seluruh kulit atau pisang itu sendiri, karena cenderung dipandang sebagai makanan lezat oleh musang, tupai, tikus tanah, kelinci, dan hewan lainnya, yang hanya akan menggalinya.

7. Gunakan sebagai pupuk

Kulit pisang, seperti halnya dengan buahnya, kaya akan kalium – gizi yang penting bagi Anda dan taman Anda. Keringkan kulit pisang, giling dalam food processor atau blender dan gunakan untuk memberikan tanaman baru dan bibit awal yang sehat.

Banyak varietas mawar dan tanaman lainnya, juga mendapat manfaat dari nutrisi yang ditemukan dalam kulit pisang, hanya memotong beberapa kulit dan menggunakannya sebagai tanaman pangan.

8. Tambahan ke tumpukan kompos

Dengan kandungannya yang tinggi kalium dan fosfor, pisang dan kulitnya merupakan tambahan yang baik bagi tumpukan kompos.

READ:  Riasan Simpel untuk Hari Raya

9. Menarik kupu-kupu dan burung

Bawa lebih banyak kupu-kupu dan berbagai jenis burung ke halaman belakang Anda dengan pisang yang sudah sangat matang (serta buah-buahan lain seperti mangga, jeruk, dan pepaya). Buat beberapa lubang di pisang untuk membuatnya lebih mudah diakses oleh kupu-kupu. Buah ini juga cenderung menarik lebih banyak lebah dan tawon.