Bayi Terserang Sembelit, Bagaimana Cara Aman Mengatasinya?

Loading...

Cara Mudah Mengatasi Sembelit pada BayiDear Parents, pasti Anda semua pernah mengalami keadaan yang sangat menyiksa ketika melihat bayi Anda menderita sembelit atau susah buang air besar.

Sembelit adalah suatu kondisi dimana terjadi pengerasan feses berlebih yang mengakibatkan feses tersebut jadi sulit untuk dikeluarkan. Keadaan ini bisa terjadi pada siapa saja termasuk pada bayi.

Bayi Anda mengalami sembelit? Mari ketahui penyebab bayi sembelit dan cara mengatasinya!

Penyebab Sembelit Pada Bayi:

1. Kurang Cairan

Bayi yang terlalu banyak makan makanan padat, kurang serat dan sedikit minum memiliki resiko paling besar mengalami sembelit. Hal itu dikarenakan bayi sering bergerak (mengeluarkan keringat) serta sering menangis sehingga mereka mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan sembelit.

2.  Efek Obat

Ibu, apakah Anda sudah mengawasi obat-obatan yang Anda minum? Bagi para ibu yang masih memberikan ASI eksklusif kepada bayi, awasilah obat-obatan yang Anda konsumsi karena obat seperti antibiotik dapat membuat bayi Anda mengalami sembelit.

3. Kurang Nutrisi

Bayi Anda sudah terpenuhi gizinya atau tidak? Ingatlah bahwa bayi memerlukan gizi yang seimbang. Tidak hanya ASI dan bubur saja, tetapi juga bisa buah (bayi diatas 6 bulan) dan juga madu. Ingatlah bahwa bayi sedang dalam masa pertumbuhan dan membutuhkan nutrisi yang lengkap.

READ:  Aneka Manfaat Rumah Tangga dari Kulit Jeruk

4. Kondisi Fisik dan Nutrisi Ibu

Bagi Ibu yang memberikan ASI eksklusif, kondisi Anda berkaitan erat dengan kondisi bayi Anda. Jika Anda tidak sehat, bayi Anda pun tidak sehat. Oleh sebab itu, jagalah pola hidup, pola makan dan pola istirahat Anda serta jauhi stres untuk menjaga kesehatan Anda dan sang buah hati.

Cara Mengatasi Sembelit pada Bayi:

1. Beri Minum yang Cukup

Bila ASI Anda tidak cukup banyak untuk mencukupi kebutuhan air bayi Anda, Anda dapat mengakalinya dengan memberikan bayi Anda air putih dan juga madu. Memberikan bayi Anda air putih yang cukup membantu mengatasi kekurangan cairan dan melembutkan feses.

2. Oleskan Minyak Telon

Bayi yang mengalami sembelit akan kerap menangis karena merasakan sesuatu yang tidak nyaman di bagian perut mereka. Oleskan minyak telon secukupnya pada perut bayi agar mereka merasa lebih nyaman, hangat dan bisa membantu melancarkan buang air besar mereka.

3. Mandikan dengan Air Hangat

Mandi dengan air hangat dapat membantu bayi Anda merasa lebih baik saat mengalami sembelit dan mampu membantu kelancaraan pencernaan bayi, melancarkan aliran darah mereka dan membuat mereka lebih rileks.

READ:  5 Makanan untuk Meringankan Konstipasi

4. Senam Bayi

Anda bisa membantu memperlancar buang air besar mereka dengan cara melakukan senam bayi pada bayi Anda. Senam sederhana tersebut dapat Anda lakukan dengan cara menekuk kedua kaki bayi Anda ke atas perut mereka secara lembut dan perlahan selama beberapa kali.

5. Berikan Bubur

Selama masa sembelit, kurangi makanan yang kasar dan sebagai penggantinya, berikanlah  bayi Anda makanan yang lembut dan mudah dicerna seperti bubur atau nasi tim.

6. Berikan Buah dan Sayuran

Buah yang baik untuk melancarkan buang air besar pada bayi adalah pepaya dan pir sementara sayuran yang paling baik bagi bayi Anda adalah buncis. Buah dan sayuran banyak sekali mengandung serat yang baik bagi kesehatan pencernaan dan kelancaran buang air besar.

6. Konsultasi ke Dokter

Bila masalah sembelit masih terus menyiksa bayi Anda, sebaiknya Anda segera memeriksakannya ke dokter karena sebagaimana kita ketahui, sulit sekali untuk mengidentifikasi penyakit pada bayi dan dibutuhkan tenaga profesional untuk mengatasinya.

READ:  Daftar Buah Terbaik Untuk Sarapan

**

Jadi bagi para Ibu, semoga tips di atas dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah sembelit pada bayi. Semoga bermanfaat.

(foto: adorababyshop.com)