Ingin Tetap Sehat di Hari Tua? Berikut Tipsnya!

Loading...

sehat di usia tua Semua manusia di muka bumi menginginkan usia yang panjang. Manusia ingin hidup hingga usia senja untuk dapat melewatkan waktu lebih lama dengan orang yang mereka sayangi.

Tapi kebanyakan para lansia menjalani sisa hidup mereka dengan penyakit berkepanjangan. Tentu hal tersebut tidak akan menyenangkan.

Anda ingin bisa tetap sehat dan bugar di hari tua Anda? Ini adalah tips yang bisa Anda coba!

1. Makan Makanan yang  Segar

Makan makanan yang segar artinya adalah mengonsumsi sayuran, buah dan daging yang Anda olah sendiri. Mengapa demikian? Karena makanan segar mengandung segala kebaikan alam yang belum bercampur dengan bahan kimia lainnya.

Mengolah sendiri artinya memastikan bahwa Anda lah yang bertanggung jawab atas kesehatan Anda sendiri karena Anda dapat mengontrol apa yang Anda gunakan dalam masakan Anda. Hindari juga junk food atau makanan yang mengandung MSG, pengawet dan pemanis buatan karena beresiko memmbuat Anda terkena diabetes, kanker dan kolesterol.

2. Jauhi Rokok, Alkohol dan Narkoba

Rokok mengandung lebih dari 4.000 senyawa berbahaya yang dapat merusak jaringan dan sel di dalam tubuh. Merokok beresiko menyebabkan kanker, serangan jantung bahkan kematian.

READ:  5 Tips Sehat Dan Tampil Awet Muda

Alkohol dapat merusak syaraf otak sehingga mengonsumsi alkohol beresiko membuat Anda terkena kerusakan pada batang otak, sirosis, tukak lambung hingga kemandulan. Narkoba menyerang sistem syaraf dan dapat membuat penggunanya kecanduan serta beresiko terjangkit penyakit sifilis, HIV/AIDS dan hepatitis.

3. Banyak Bergerak atau Berolahraga

Tubuh yang dibiasakan untuk terus bergerak dan berolahraga akan beradaptasi menjadi lebih kuat dan tangguh. Berbeda dengan tubuh yang malas digerakan, ketika mereka harus mengerjakan sesuatu yang berat maka akan mudah sakit.

Tubuh yang bugar karena biasa dilatih menghadapi situasi berat akan lebih mampu bertahan di usia senja sehingga terhindar dari osteoporosis. Latihlah tubuh Anda di usia muda dengan melakukan banyak aktifitas, terus bergerak dan berolahraga.

4. Jangan Ketergantungan Pada Obat

Zaman dahulu, dimana belum banyak terdapat obat-obatan, masyarakat pedesaan dapat hidup lebih lama dan sehat dibandingkan dengan masyarakat moderen sekarang ini. Itu adalah karena tubuh mereka tidak pernah dimasuki zat kimia yang dapat menganggu kinerja ginjal dan organ tubuh lainnya.

Ingatlah bahwa setiap obat pasti memiliki efek samping yang bisa merugikan. Walaupun efeknya kecil, bila dikonsumsi jangka panjang dapat berbahaya. Sehingga penting bagi kita untuk tidak bergantung pada obat-obatan dan mengutamakan pengobatan herbal atau tradisional.

READ:  6 Tips dan Cara Mandi yang Benar dan Sehat

5. Istirahat yang Cukup

Tubuh kita pun memerlukan tidur sebagai cara untuk memperbaiki sel dan jaringan yang rusak setelah seharian digunakan untuk beraktivitas.

Oleh sebab itu tidur menjadi salah satu hal yang sangat penting jika ingin terus sehat hingga usia senja. Jika kurang tidur, tubuh akan terasa tidak segar. Di usia senja, Anda yang jarang tidur mungkin akan terserang alzheimer atau kepikunan di usia senja.

6. Hindari Stres, Berbahagialah

Setiap masalah memiliki jalan keluar dan manusia akan menemukan masalah sepanjang hidup mereka. Jadi ketika Anda memiliki masalah, sebesar apapun itu, percayalah dan hadapilah masalah tersebut.

Selesaikan, maka masalah itu akan hilang dalam hidup Anda. Orang yang berhasil hidup lebih lama adalah orang-orang yang tidak larut dalam masalah, berfikiran positif dan banyak tertawa.

7. Akrab dengan Keluarga dan Teman

Mengapa akrab dengan keluarga dan teman membantu Anda tetap sehat di usia tua? Apa yang Anda lakukan tidak hanya didasari oleh kekuatan raga Anda melainkan juga kekuatan jiwa Anda. Anda akan lebih bersemangat untuk hidup saat Anda menyadari bahwa Anda masih ingin melihat cucu Anda tumbuh. Dorongan dari dalam jiwa tersebut yang kadangkala bisa mengalahkan segalanya.

READ:  5 Cara Jitu Perawatan Wajah Setelah Melahirkan

8. Minum Air Putih 8 Gelas Perhari

Minum Air putih 8 gelas perhari dapat membantu Anda terhindar dari berbagai penyakit di usia tua seperti penyakit ginjal, jantung dan bahkan kanker. Oleh karena itu, kurangilah konsumsi minuman yang sudah dimodifikasi dan kembalilah ke air putih yang paling mudah diserap oleh tubuh.

**

Mudah bukan tipsnya? Semoga bisa menjadi cara bagi Anda agar bisa tetap bugar di usia tua. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

(foto: womenshealthency.com)