Tips Membasmi Jerawat pada Wajah Anda

Loading...

menghilangkan jerawatJerawat adalah penyumbatan yang terjadi akibat kelenjar minyak berlebih yang bercampur bakteri dan debu.

Ketika jerawat datang, krisis kepercayaan diri pun datang. Menghilangkan jerawat adalah suatu pekerjaan yang sulit dan membutuhkan kesabaran.

Anda memiliki masalah jerawat dan ingin menuntaskannya? Mari kita sharing bersama beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda.

1. Temukan Produk Perawatan yang Cocok

Tidak semua produk yang kita gunakan akan cocok dengan kondisi kulit kita. Menemukan produk perawatan wajah yang tepat harus didasari dengan kondisi kulit kita dan butuh waktu. Pada umumnya, wajah yang berjerawat adalah wajah yang cenderung berminyak sehingga kita bisa memilih produk dengan fokus kepada acne atau oil control.

Jika suatu produk yang Anda gunakan tidak memberi efek yang baik atau bahkan memperburuk, hentikan pemakaian produk tersebut dan istirahatkan wajah Anda dari produk apapun selama 6 hari untuk meredakan peradangannya.

2. Jangan Berganti-ganti Produk Perawatan Wajah

Ketika Anda merasa cocok dengan satu produk dimana produk tersebut berhasil mengurangi jerawat Anda meskipun secara bertahap dan perlahan, Anda jangan berpindah kepada produk lain hanya karena Anda menginginkan hasil yang instan.

READ:  Tips Make-Up Untuk Hari Pernikahan

Bersabarlah dan teruskan pemakaian produk Anda sampai jerawat Anda benar-benar hilang. Berganti-ganti produk wajah akan membuat kulit wajah Anda stres dan akan beradaptasi terus menerus yang justru memperburuk kondisi kulit wajah Anda.

3.  Perhatikan Kebersihan Wajah Anda

Jangan lupa mencuci atau membersihkan wajah Anda sehabis bepergian keluar rumah. Jangan lupa juga untuk mencuci wajah Anda sebelum Anda tidur. Bersihkan make up Anda sampai bersih dan jangan terlalu lama menutup wajah dengan make up karena akan membuat kulit tidak bisa bernapas dan akan memperparah penyumbatan jerawat Anda.

4. Jangan Memencet Jerawat

Menunggu jerawat mengempis jauh lebih cepat membuatnya hilang dibanding dengan memencet jerawat yang akan meninggalkan bekas menghitam selama bertahun-tahun. Bahkan bila mengalami peradangan berat, jerawat yang dipencet bisa menyebabkan bopeng pada kulit yang bersifat permanen.

Oleh karena itu jangan sekali-kali Anda memencet jerawat Anda karena bakteri yang ada pada tangan Anda akan bercampur dan menyebabkan peradangan yang lebih parah.

5. Perhatikan Makanan Anda

Makanan yang dapat menyebabkan jerawat adalah beberapa jenis seafood seperti udang dan kerang yang mengandung iodine (pemicu jerawat). Tetapi, ada pula makanan tertentu yang dapat membantu Anda dalam melawan jerawat seperti madu, ketimun dan buah jeruk yang baik untuk kulit.

READ:  4 Langkah Move On dari Mantan Kekasih

6. Jauhi Stres dan Bergadang

Ketika seseorang stres dan kurang istirahat, tubuh mereka menghasilkan hormon androgen yang dapat meningkatkan produksi minyak sehingga membuat jerawat tumbuh subur. Pada umumnya, hormon androgen meningkat saat seseorang mendekati usia pubertas (15-20 tahun) dan masa dimana wanita pra menstruasi.

7. Konsumsi Obat-obatan

Ada beberapa obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk membantu menyembuhkan jerawat dari luar maupun dalam tubuh. Obat oles jenis retinoid topikal yang biasanya dipakai langsung pada kulit yang berjerawat. Sedangkan contoh obat-obatan yang dapat dikonsumsi adalah isotretinoin. Namun demikian, mengonsumsi obat-obatan tersebut harus dengan resep dokter karena memiliki efek samping.

8. Konsultasi ke Dokter Kulit

Ketika semua daya upaya sudah kita lakukan tetapi tidak membuahkan hasil dan kadangkala justru bertambah buruk, sebaiknya masalah jerawat Anda dikonsultasikan kepada ahlinya. Biar bagaimanapun, dunia medis memiliki solusi ilmiah dalam membantu Anda menuntaskan masalah jerawat pada wajah.

**

Sekian tips membasmi jerawat wajah dari kami. Ingatlah bahwa jerawat bisa disebabkan oleh banyak hal seperti genetis, pola hidup tidak sehat, stres dan pola makan yang tidak tepat. Berusaha dan bersabarlah dalam membasmi jerawat Anda. Tetaplah optimis karena sudah banyak orang yang telah berhasil membuat wajah mereka bersih dari jerawat.