Ingin Rambut Sehat? Konsumsi 5 Vitamin Ini

Loading...

vitamin untuk rambutAsupan makanan dan nutrisi tidak hanya penting untuk memelihara tubuh, tetapi juga akan bedampak  pada kulit dan rambut Anda.

Berbagai jenis minyak rambut, pewarna, produk rambut seperti shampoo dan kondisioner digunakan agar membuat rambut lebih sehat dan berkilau.

Tetapi Anda mungkin tidak mengetahui bahwa sebenarnya bukan hanya produk perawatan yang dapat memberikan manfaat untuk rambut Anda tetapi juga diperlukan asupan nutrisi dari dalam tubuh untuk membantu dalam mengendalikan masalah rambut seperti  rambut rontok, ketombe dan rambut patah.

Beberapa masalah tersebut terjadi karena rambut Anda tidak menerima cukup asupan nutrisi dari tubuh Anda. Banyak nutrisi penting seperti vitamin dan mineral yang dapat membantu memperkuat rambut Anda dan membuat rambut lebih kuat, sehat dan berkilau.

Berikut 5 vitamin yang akan membuat rambut lebih sehat dan bercahaya.

1. Vitamin A

Vitamin A dapat memperkuat rambut Anda karena mengandung antioksidan yang membantu melembabkan dan pengkondisian sebum pada kulit kepala. Kerusakan rambut umumnya disebabkan oleh polusi ketika radikal bebas menetap pada rambut dan kulit kepala sehingga membuatnya lemah.

READ:  Tips Menjaga Rambut Ikal Tetap Lembut dan Berkilau

Nah, dengan mengkonsumsi vitamin A dalam bentuk suplemen atau dari beberapa jenis sayuran seperti wortel, tomat dan sayuran berdaun hijau, dapat membantu mencegah radikal bebas yang akan melemahkan akar rambut. Selain itu, vitamin A juga membantu rambut tumbuh lebih panjang dengan cepat.

2. Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks termasuk salah satu vitamin penting seperti vitamin B, Vitamin B6, Vitamin B12 dan biotin.

Vitamin ini membantu mengurangi resiko kerontokan rambut, mencegah tumbuhnya uban dan membantu pertumbuhan rambut sehingga lebih kuat dan lebih bersinar. Vitamin ini dapat dikatakan sebagai salah satu kunci dari rambut sehat.

3. Vitamin E

Untuk rambut kuat dan sehat, perlu adanya sirkulasi darah di kulit kepala yang cukup. Nah, vitamin E membantu memperlancar  sirkulasi darah, membuat rambut Anda lebih lembut dan meluruskan rambut.

Selain itu, vitamin E juga membantu dalam mencegah rambut patah akibat akar rambut yang tidak sehat.

4. Asam Folat

Vitamin B kompleks juga mengandung asam folat walaupun dalam jumlah yang kecil. Asam folat tidak hanya mencegah rambut berubah warna akibat paparan matahari yang berlebihan, tetapi juga akan mengubah rambut menjadi terlihat lebih sehat dan bersinar.

READ:  Manfaat Sinar Matahari Untuk Kesehatan

Selain itu juga memperkuat rambut Anda dari akar dan melembabkan kulit kepala sehingga mengurangi kerusakan rambut.

5. Biotin

Biotin atau yang lebih dikenal dengan vitamin H dapat meningkatkan elastisitas rambut, mencegah kekeringan dan mengurangi kerusakan rambut. Biotin juga akan membantu memproduksi keratin yang merupakan elemen penting untuk kesehatan rambut.

Sama seperti vitamin B kompleks dan asam folat, biotin juga mengurangi resiko rambut beruban yang berkaitan dengan usia atau dapat dikatakan sebagai pewarna alami untuk menyamarkan uban.

**

Demikian manfaat dari  5 vitamin dan mineral yang akan membuat rambut lebih sehat dan bersinar. Pastikan untuk memiliki asupan yang cukup untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal. Anda juga dapat mengonsumsi sayuran dan buah-buahan untuk mendapatkan vitamin secara alami selain dari suplemen.