8 Kebiasaan Baik dan Sehat yang Perlu Diterapkan Sedari Kecil

Loading...

mengajarkan kebiasaan baik pada anakPara orangtua selalu menginginkan yang terbaik bagi buah hati mereka.

Tetapi kesibukan yang tinggi serta manajemen waktu yang kurang baik oleh para orang tua kerap mengakibatkan anak tumbuh tanpa membiasakan diri melakukan hal-hal kecil yang berguna bagi kesehatan dan psikologi mereka.

Padahal penting mendidik anak melakukan beberapa kebiasaan baik sedari kecil dengan tujuan mereka akan melakukan kebiasaan tersebut sampai mereka dewasa nanti.

Parents, mari kenali dan ajarkan kebiasaan baik pada anak Anda sedini mungkin, diantaranya adalah:

1. Ajarkan Agama

Ajarkan sedari dini mengenai agama kepada anak Anda. Mengapa? Karena untuk kebaikan masa depannya, anak perlu diberikan bekal agar mereka tidak terjebak pada godaan-godaan yang sifatnya sesaat dan akan mencelakakan hidup mereka.

Manusia yang berhasil adalah manusia yang tidak hanya mengutamakan keseimbangan intelegensi dan keseimbangan emosional saja melainkan juga keseimbangan spiritual.

2. Cuci Tangan Sebelum Makan

Tahukah Anda tangan mengandung banyak sekali bakteri dan kuman berbahaya? Terlebih lagi Anak-anak sering sekali bermain dan menyentuh benda-benda kotor.

Membiasakan Anak Anda mencuci tangan sebelum makan mengurangi 90% resiko terkena kumat penyakit berbahaya yang bisa ditularkan melalui tangan. Kebiasaan baik ini akan membuat anak Anda tidak mudah sakit.

READ:  9 Kebiasaan yang Dianggap Sehat

3. Jangan Belajar Sambil Tiduran

Kebanyakan anak-anak suka mengerjakan PR sambil tiduran padahal posisi tubuh seperti itu dapat membuat tubuh mereka sakit dan mata mereka mengalami rabun jauh di kemudian hari.

Untuk menghindari kebiasan buruk seperti itu, biasakan agar Anak belajar di meja belajar mereka atau setidaknya dalam posisi duduk dan buku berada sedikit lebih tinggi dari siku mereka. Jangan lupa berikan penerangan yang cukup agar mata Anak Anda sehat hingga dewasa.

4. Mandi 2 Kali Sehari

Jagalah kebersihan kulit anak Anda sedari kecil. Jangan biarkan Anak Anda tumbuh menjadi dewasa dengan berbagai masalah kulit yang disebabkan karena anak Anda malas mandi.

Bagaimanapun anak-anak aktif bergerak dan mereka menghasilkan banyak keringat. Keringat yang bercampur debu dan kotoran akan menyebabkan rasa gatal dan biang keringat.

Bila sudah parah bisa menyebabkan penyakit kulit yang lebih merepotkan lagi. Oleh karena itu ajari Anak Anda untuk mandi 2 kali sehari sejak dini.

5. Gosok Gigi Sebelum Tidur

Jangan sampai Anda menyesal melihat Anak Anda mengeluh sakit gigi karena Anda tidak membiasakan mereka untuk gosok gigi sebelum tidur. Selain bisa membuat gigi berlubang, tidak menggosok gigi juga dapat mengakibatkan gigi menghitam dan patah.

READ:  5 Tips Hebat Menjadi Single Parents

Anak-anak suka makanan yang manis dan mengandung gula yang dapat merusak email gigi. Oleh sebab itu penting bagi Anda mengajarkan anak Anda untuk selalu menjaga kebersihan gigi sedari kecil.

6. Menonton Tivi dari Jarak yang Aman

Banyak sekali anak yang saat sudah besar mengalami rabun jauh. Umumnya disebabkan karena kebiasan menonton televisi dari jarak dekat sejak kecil selama bertahun-tahun.

Sebagai orang tua Anda perlu mengawasi jarak anak Anda saat menatap layar televisi karena sinar radiasi yang dihasilkan oleh televisi dapat merusak mata anak Anda. Jangan sampai ia tumbuh besar dan kegiatannya terhambat karena tidak dapat melihat benda di jarak yang cukup jauh.

7. Tolong, Maaf dan Terima Kasih

Ajarkan selalu kepada anak untuk mengucapkan 3 kata penting yaitu Tolong ketika hendak meminta bantuan seseorang, Maaf ketika melakukan kesalahan dan Terima Kasih kepada seseorang yang telah memberikan pertolongan.

Membiasakan Anak mengucapkan 3 kata tersebut melatih mereka untuk menghormati orang lain dan mereka pun akan disayangi oleh orang lain.

READ:  10 Kebiasaan Sehat Keluarga Sehat

8. Berpamitan dan Mencium Tangan

Kebiasaan baik ini membuat Anak akan selalu mengabarkan kepada orang tua mereka ketika mereka akan pergi keluar rumah sehingga orang tua tidak akan kebingungan.

Mencium tangan adalah bentuk penghormatan kepada orang tua bahwa sang anak pergi atas izin orang tua dan kembali ke rumah untuk orang tua mereka. Kebiasaan ini akan mempererat rasa kasih sayang antara orang tua dan Anak.

**

Jadi parents, ajarkanlah kebiasaan baik pada anak Anda. Ajarkan sejak dini agar Anda tidak terlambat dan menyesal di kemudian hari.

(foto: webmd.com)