Nanas, Buah Tropis Kaya Manfaat

Loading...

khasiat buah nanasNanas dikenal sebagai salah satu buah tropis yang paling populer di dunia.

Buah ini manis, enak dibuat jus dan sangat lezat. Lebih penting lagi, nanas sangat sehat dan bergizi tinggi.

Tidak heran jika buah ini kerap dimasukkan ke dalam menu makanan diet.

Di Indonesia, nanas bisa dibilang buah yang cukup murah dan harganya terjangkau. Buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang bakal membuat Anda semakin ingin sering-sering menikmatinya.

Berikut manfaat nanas dilansir dari 3fatchicks.com :

1. Mengandung Vitamin dan Mineral

Nanas mengandung banyak vitamin dan mineral. Kaya akan vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, dan kalium (potasium). Selain itu, nanas juga kaya serat dan kalori yang berguna melancarkan buang air besar dan memberikan Anda energi instan.

Buah ini rendah lemak dan kolesterol. Salah satu buah yang memberikan nutrisi lengkap bagi tubuh Anda.

2. Mencegah Batuk Pilek dan Flu

Karena kaya akan vitamin C, nanas membantu tubuh melawan virus penyebab batuk dan pilek. Bahkan jika Anda sudah terinfeksi viru flu, nanas mempercepat proses penyembuhan.

READ:  Tips Mengatasi Stres dan Depresi Saat Liburan

Nanas juga memiliki bromelain, yang efektif menekan batuk dan membuang lendiri. Konsumsi nanas pada pagi hari atau saat perut kosong membantu flu sembuh lebih cepat.

3. Memperkuat tulang

Nanas populer karena kemampuannya membangun dan mempertahankan tulang kuat. Karena buah ini mengandung banyak mangan yang dibutuhkan tubuh, merupakan mineral yang membangun tulang dan jaringan ikat.

Konsumsi secangkir jus nanas murni memberikan 73 % mangan yang dibutuhkan tubuh.

4. Menjaga Gusi Tetap Sehat

Orang seringkali terlalu khawatir pada keadaan gigi mereka dan kadang-kadang gagal memberikan nutrisi penting untuk gusi. Jika seseorang memiliki gusi yang sehat, maka giginya akan terjaga dari kemungkinan cepat tanggal.

Makan buah nanas memperkuat gusi Anda dan membantu gigi tetap sehat dan kuat.

5. Menurunkan Resiko Degenerasi Makula

Nanas diketahui mampu mencegah berbagai jenis penyakit. Salah satunya adalah degenerasi makula. Penyakit merupakan sebab utama kehilangan penglihatan bagi orang dewasa karena disebabkan kerusakan pada retina.

Penderita makula kesulitan membaca, mengenali wajah, dan melakukan kegiatan sehari-hari.

READ:  Manfaat ASI Ekslusif Bagi Kesehatan Bayi

Memasukan nanas dalam daftar menu diet mampu menurunkan resiko penyakit makula sebanyak 36 %. Hal ini karena nanas mengandung beta karoten yang sangat baik bagi mata.

6. Meredakan Artritis

Hal itu karena buah ini memiliki karakter anti-inflamasi sehingga mengurangi rasa sakit pada radang sendiri. Sementara di sisi lain meningkatkan kondisi dan memperkuat tulang.

Nanas sangat cocok bagi mereka yang sudah lanjut usia. Jika Anda sering mengalami radang sendi dan sakit tulang belakang, maka Anda perlu memperbanyak asupan buah nanas.

Selain itu, nanas juga dapat memperbaiki kondisi lain, seperti penyakit asam urat. Segelas jus nanas pada pagi hari membantu Anda untuk bebas dari rasa sakit.

7. Menjaga Pencernaan

Bromelain pada nanas bekerja menetralkan cairan dalam darah agar tidak terlalu asam.

Nanas membantu mengantur sekresi pankreas yang bekerja mencerna karbohidrat sedangkan fungsi bromelain adalah membantu pencernaan untuk bekerja dengan baik.

(foto: bettycrocker.com)