10 Alasan Anda Harus Minum Jus Wortel

Loading...

manfaat jus wortelJika Anda seringkali mengonsumsi suplemen vitamin A, sebaiknya Anda menghentikan hal tersebut dan beralih ke vitamin A alami, yakni wortel.

Wortel memiliki segudang manfaat bagi tubuh, apalagi jika dikonsumsi dalam bentuk jus pure.

Mungkin banyak yang menghindarinya karena terlalu sibuk menyiapkan sendiri. Anda tak perlu khawatir, Anda bisa menggunakan juicer yang lebih praktis daripada blender untuk membuat jus sayur.

Berikut manfaat sehat jus wortel dilansir dari 2care.com:

1. Meningkatkan Penglihatan

Wortel kaya akan beta karoten yang diubah menjadi vitamin A di hati. Vitamin A diubah di retina menjadi rhodopsi, pigmen ungu yang diperlukan untuk penglihatan mata di malam hari.

Beta karoten juga dapat melindungi mata dari penyakit makula dan katarak. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang banyak mengonsumsi wortel memiliki resiko 40 % lebih rendah terkena makula dibandingkan mereka yang mengonsumsi sedikit.

2. Mencegah kanker

Suatu studi menunjukkan bahwa wortel mengurangi resiko kanker paru-paru, kanker payudara dan kanker usus besar. Para peneliti menemukan kandungan falcarino dan falcarindiol yang mereka anggap sebagai zat anti kanker yang terkandung di dalam wortel.

READ:  Tips Merawat Rambut Kering Secara Alami

Falcarinol adalah pestisida alami yang dihasilkan oleh wortel untuk melindungi akarnya dari penyakit jamur. Wortel adalah satu-satunya penghasilan senyawa ini yang tidak Anda temukan pada bahan makanan lain.

Penelitian lainnya menunjukkan resiko kanker lebih rendah 35 % pada bagi mereka yang banyak makan wortel.

3. Anti Penuaan Dini

Tingginya tingkat kandungan beta karoten di dalam wortel berperan sebagai anti oksidan yang mencegah kerusakan sel tubuh. Proses ini terjadi pada metabolisme harian kita yang memperlambat penuaan dini.

4. Menyehatkan Kulit dari Dalam

Vitamin A dan anti oksidannya melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan kekeringan pada kulit, rambut dan kuku. Vitamin A mencegah kerutan dini, jerawat, kulit kering, pigmentasi, noda dan warna kulit tidak merata.

5. Anti Septik

Wortel juga dikenal sebagai anti septic yang mencegah infeksi. Biayanya digunakan oleh pengobatan tradisional. Parutan wortel bisa diaplikasikan pada luka untuk mencegah infeksi.

6. Menyehatkan Kulit dari Luar

Wortel merupakan bahan yang murah untuk masker wajah Anda. Sedikit parutan wortel ditambah madu, lalu aplikasikan di wajah Anda.

READ:  Langkah Awal Merawat Bayi Prematur di Rumah

Atau, Anda dapat menggunakan sisa ampas jus wortel Anda, beri sedikit air dan madu.

7. Mencegah penyakit Jantung

Studi menunjukkan bahwa diet tinggi karotenoid berhubungan dengan rendahnya penyakit jantung. Wortel tidak hanya mengandung beta karoten, tetapi juga alfa karoten dan lutein.

8. Membersihkan tubuh

Vitamin A membantu hati membilas racun dari dalam tubuh. Ini juga mengurangi racun empedu dan lemak di hati. Serat wortel membantu membersihkan usus besar dan mempercepat pembuangan limbah dari dalam tubuh kita.

9. Gigi dan Gusi yang Sehat

Wortel membersihkan gigi dan mulut dengan cara mengikis plak dan partikel makanan seperti sikat gigi atau pas gigi. Wortel merangsang gusi dan memicu banyak air liur.

Wortel menjadi alkali (basa) yang mengikis zat asam pada gigi dan gusi. Zat asam ini adalah pembentuk bakteri di rongga mulut. Mineral pada wortel menjaga gigi tetap kuat.

10. Mencegah Stroke

Sebuah penelitian di Harvard menyebutkan mereka yang makan lebih dari enam wortel seminggu cenderung kurang menderita stroke ketimbang mereka yang makan hanya satu wortel atau kurang dalam sebulan.

READ:  5 Zat Aditif Berbahaya dalam Roti

***

Itulah manfaat wortel bagi kesehatan tubuh. Jadi, tunggu apa lagi, minumlah jus wortel mulai sekarang.

Foto: