11 Keistimewaan Buah Bit untuk Kesehatan

Loading...

manfaat buah bitBit merupakan jenis tumbuhan umbi-umbian. Daunnya bisa disayur, begitu pula umbinya.

Umbi bit bisa juga dibuat kripik, sayuran dan jus yang sangat sehat.

Di Roma, bit dikenal sebagai obat yang menjaga kesehatan seksual, sementara di India, bit digunakan sebagai obat anemia dan kelelahan. Bit memiliki begitu banyak manfaat hebat.

Berikut alasan mengapa Anda harus memasukan bit ke dalam diet Anda menurut Journal of Nutrition:

1. Menurunkan tekanan darah

Menurut British Heart Foundation, makan sayuran yang kaya nitrat dapat membantu menurunkan tekanan darah secara drastis. Pernyataannya ini didukung oleh Universitas Queen Mary tahun 2010 mengenai hubungan antara bit dan tekanan darah seseorang.

Bit merupakan sumber nitrat yang ketika dikonsumsi, diubah menjadi nitrit dan gas yang disebut oksida nitrat. Kedua komponen ini membantu untuk melebarkan arteri dan menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah pembentukan plak dan mengurangi kolesterol 

Bit diketahui mengandung sejumlah serat yang larut dalam air, yaitu flavanoids dan betacyanin. Betacyanin adalah senyawa yang memberikan warna merah keunguan pada bit. Ia juga merupakan anti oksidan yang kuat.

Ini membantu mengurangi oksidasi kolesterol LDL dan mengurangi deposit kolesterol LDL. Hal ini melindungi jantung dari serangan dan bahaya stroke.

READ:  Mengapa Asupan Vitamin D Tinggi Diperlukan Selama Masa Kehamilan?

3. Sangat baik untuk Ibu hamil

Kualitas lain yang menakjubkan dari umbi bit adalah mengandung asam folat yang berlimpah. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil dan bayi yang belum lahir karena merupakan komponen penting pembentuk sumsum tulang belakang janin.

Ini juga dapat melindungi anak dari kondisi spina bifida, yaitu kelainan bawaan di mana sumsum tulang belakang anak tidak membentuk dengan benar dan dalam banyak kasus nampak terbagi dua. Bit juga memberikan energi tambahan yang diperlukan selama kehamilan.

4. Mencegah osteoporosis

Umbi bit kaya akan silika mineral, yang merupakan komponen penting bagi tubuh untuk menggunakan kalsium secara efisien.

Karena kalsium membentuk tulang dan gigi, maka segelas jus bit sehari bisa membantu menjaga kondisi dari osteoporosis dan penyakit kerapuhan tulang pada sendiri.

5. Mengatasi diabetes

Untuk semua penderita diabetes, Anda bisa menikmati rasa manis jus bit tanpa khawatir. Bit mengandung gula yang bebas lemak, rendah kalori dan memiliki indeks glikemik menengah yang dianjurkan dokter.

Indeks glikemik menengah berarti bit melepaskan gula secara lambat ke dalam darah. Hal ini membantu menjaga kadar gula darah seseorang tetap rendah, dan memuaskan hasratnya akan makanan yang manis-manis.

READ:  Keistimewaan Akar dan Buah Bit untuk Kesehatan

6. Mengobati anemia

Adalah mitos umum bahwa karena merahnya bit, maka ia menggantikan darah yang hilang, dan karena itu baik untuk mengobati anemia.

Sebenarnya, bit mengandung banyak zat besi yang membantu pembentukan hemaglutinin, yang merupakan bagian dari darah yang membantu mengangkut oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh.

7. Meringankan rasa lelah

Sebuah penelitian dipresentasikan di Konferensi Asosiasi Penderita Diabetes Amerika, menyatakan bahwa bit membantu meningkatkan energi seseorang.

Para peneliti menjelaskan bahwa karena kandungan nitrat tersebut membantu melebarkan arteri sehingga membantu transportasi oksigen ke seluruh bagian tubuh. Maka, energi pun meningkat.

Teori lain mengatakan, karena akarnya merupakan sumber zat besi yang kaya. Hal ini membantu meningkatkan stamina. Apapun teorinya, bit memang benar-benar meningkatkan energi Anda!

8. Meningkatkan gairah seksual

Bit juga dikenal sebagai viagra alami yang digunakan oleh masyarakat kuno untuk meningkatkan gairah seksual. Hal ini tentu saja karena bit dapat membantu meningkatkan energi. Selain itu, bit mengandung banyak boron yang penting bagi produksi hormon seks manusia.

READ:  7 Gerakan Tubuh di Pagi Hari yang Membakar Semangat

9. Melindungi dari kanker

Betacyanin dalam bit memiliki fungsi melawan kanker. Penelitian di Universitas Howard, Washington DC ditemukan betacyanin membantu memperlambat pertumbuhan tumor sebesar 12,5 persen pada pasien kanker payudaya dan prostat.

Dalam banyak kasus, konsusm jus bit sebanyak 5 kali sehari benar-benar bisa menyembuhkan kanker!

10. Mengatasi sembelit

Serat larut bit yang tinggi merupakan obat pencahar alami. Ia membersihkan usus besar dan membersihkan limbah dari dalam perut.

11. Meningkatkan kekuatan otak dan mengobati demesia

Studi yang dilakukan oleh Universitas Exeter, Inggris, mengatakan bit membuat tubuh menyerap banyak oksigen, termasuk untuk otak. Selain itu, nitrit juga membantu transmisi impuls sarag menjadi lebih baik.