5 Makanan Paling Lezat di Dunia

Loading...

Sebagian dari anda tentu sudah berpetualang ke daerah lain, ke pulau lain, atau bahkan ke luar negeri. Hal pertama yang biasanya anda lakukan sebagai turis adalah melakukan wisata kuliner.

Kegiatan ini kemungkinan besar tidak akan pernah absen dari buku catatan anda mengenai what to do list. Kalau anda ke Jogja anda harus makan Gudeg, Kalau ke China anda harus makan Bebek Peking, dan begitu seterusnya.

Setiap daerah atau negara memiliki signature dish atau makanan khasnya masing-masing. Kurang lengkap rasanya jika anda pergi suatu lokasi tanpa menikmati makanan tersebut.

Beberapa tahun lalu sempat dilakukan voting mengenai “World’s Most Delicious Food” yang dilakukan oleh CNN, salah satu media ternama di Amerika. Seperti kita ketahui juga bahwa makanan yang berhasil meraih gelar tersebut adalah Rendang dari Indonesia.

Wow sungguh hebat bukan? Bisa jadi kita keliling ke berbagai penjuru belahan dunia untuk menikmati makanan khas tapi tentu jangan lupa dengan makanan khas kita sendiri yang ternyata jadi jawaranya.

Mau tahu makanan lainnya yang dikategorikan sebagai makanan paling enak sedunia? Yuk kita lihat makanan tersebut, dimulai dari peringkat 5:

5. Pad Thai (Thailand)

Pad Thai (Thailand)
Photo by Ed Kwon (flickr.com)

Pad Thai merupakan hidangan dari mie beras yang digoreng. Biasanya disajikan sebagai makanan jalanan dan di restoran lokal di Thailand.

Menu ini dibuat dengan merendam mie beras kering lalu ditumis dengan telur dan tofu cincang, dan dibumbui dengan daging buah tamarind, kecap ikan, udang kering, bawang putih atau bawang merah, cabai merah dan gula aren, dan disajikan dengan jeruk nipis dan kacang panggang cincang.

READ:  10 Festival Makanan Terbaik di Dunia

Sering juga disajikan dengan sayuran lain seperti tauge, daun bawang bawang putih, daun ketumbar, acar lobak atau lobak, dan bunga pisang mentah . Pad Thai biasanya juga disajikan dengan udang segar, kepiting, ayam atau protein lain.

4. Tom Yam Goong (Thailand)

Tom Yam Goong (Thailand)
Photo by SU-Lin (flickr.com)

Tom Yam merupakan salah satu makanan paling terkenal Thailand di dunia. Tom yam goong atau tom yam kung, versi hidangan yang paling populer di kalangan wisatawan, dibuat dengan udang sebagai bahan utamanya.

Tom Yam berasal dari dua kata dari bahasa Thai yakni tom yang berarti merebus dan yam yang merujuk pada salad khas Thailand yang pedas dan Asam.

Tom yam memang memiliki rasa yang berbeda yang pedas dan asam, dengan bumbu yang penuh aroma dan banyak digunakan di dalam kaldu. Kaldu dasar terbuat dari bahan-bahan segar seperti serai, daun jeruk purut, lengkuas, air jeruk nipis, kecap ikan, dan cabai hancur.

3. Sushi (Jepang)

Sushi (Jepang)
Photo by Chiara Lore (flickr.com)

Sushi merupakan salah satu makanan terkenal Jepang yang membahana. Sushi terbuat dari nasi yang dibentuk atau digulung serta dipadukan dengan bahan-bahan lainnya.

Bahan tersebut bisa berupa ikan mentah yang dilengkapi dengan wasabi ataupun dengan bahan seafood lainnya. Beberapa sushi juga dilengkapi dengan lembaran seaweed. Tentu saja, ikan mentah adalah bahan yang paling populer di sushi, tapi unsur utamanya adalah nasi sushi.

READ:  Tips Boarding Yang Cepat Dan Efisien

Ada banyak jenis sushi, yang tidak menggunakan ikan mentah. Sayuran, seafood matang, dan berbagai bahan lainnya dapat dikombinasikan dalam sushi.

Bumbu penting adalah soy sauce dan wasabi. Soy sauce digunakan sebagai saus. Wasabi diletakkan di nigiri-Zushi atau dicampur dengan kecap untuk saos celupan Sushi. Juga, acar jahe disebut gari umumnya disajikan dengan sushi. Sushi sangat pas apabila disajikan dengan ditemani teh hijau.

2. Nasi Goreng (Indonesia)

Nasi Goreng (Indonesia)
Photo by Alpha (flickr.com)

Nasi goreng dapat dikatakan sebagai makanan nasional Indonesia karena hampir di berbagai pelosok Indonesia akan anda temui nasi goreng. Walaupun pada dasarnya, banyak juga makanan serupa nasi goreng di negara lain namun ternyata nasi goreng Indonesia-lah yang berhasil menempati posisi kedua sebagai makanan terenak sedunia.

Kehebatan nasi goreng adalah karena merupakan makanan tanpa batasan sosial karena semua orang dapat memakannya mulai dari kalangan bawah, menengah, dan atas. Nasi goreng pun dapat anda temui di gerobak sampai di rumah makan.

Nasi goreng sendiri dibuat dari paduan nasi, minyak, kecap manis, bawang, cabai, dan bumbu lainnya dan dilengkapi dengan lauk telur, ayam, ataupun udang. Ada juga nasi goreng ikan asin yang cukup populer di Indonesia.

1. Rendang (Indonesia)

Rendang (Indonesia)
Photo by Renée S. Suen (flickr.com)

Rendang adalah makanan yang sering kita temui hampir di seluruh rumah makan Padang di seluruh dunia. Rendang merupakan makanan khas masyarakat Minangkabau.

READ:  Penikmat Kuliner? Berani Mencoba 5 Makanan Paling Menjijikan di Dunia Ini?

Di wikipedia disebutkan bahwa, dalam tradisi Minangkabau, rendang adalah hidangan yang wajib disajikan dalam setiap perhelatan istimewa, seperti berbagai upacara adat Minangkabau, kenduri, atau menyambut tamu kehormatan.

Rendang itu sendiri merupakan makanan yang terbuat dari daging sapi yang dipadukan dengan berbagai rempah-rempah. Rempah-rempah yang digunakan seperti jahe, laos, daun kunyit, bawang putih, cabai, serta rempah lainnya yang dipadukan dengan santan. Paduan tersebut menghasilkan cita rasa yang kaya, unik, dan kompleks.

Proses memasak rendang memang membutuhkan waktu yang lama sekitar 4 jam memungkinkan daging masak pada temperatur yang diperlukan juga memungkinkan daging meresap bumbu-bumbu dan daging menjadi empuk.

Rendang biasanya disajikan dengan ketupat ataupun lemang, ditemani dengan sayuran seperti daun singkong, gulai kubis, dan lado.

***

Wow, ada dua makanan dari Indonesia yang berhasil menempati posisi dua besar. Setelah mengetahui fakta ini tentu rasanya anda ingin segera ke rumah makan terdekat bukan? Untuk langsung melahap makanan ini. Selamat menikmati 🙂