Apel, Buah Kaya Serat dengan Segudang Manfaat

Loading...

nutrisi apelSiapa yang tak kenal buah apel? Buah ini sangat populer karena bentuknya saja sudah menggugah selera untuk menikmatinya.

Apel memiliki berbagai warna varian, dari merah gelap, hijau, merah kekuningan, dan sebagainya. Buah ini juga terdiri dari berbagai jenis.

Meskipun harganya lumayan mahal, apel memiliki manfaat kesehatan yang begitu besar. Besthealthmag merangkumkan 15 manfaat apel berdasarkan hasil temuan ilmuwan USDA yang menyelidiki konsentrasi antioksidan lebih dari 100 makanan.

Dua jenis apel, yakni Red Delicious dan Granny Smith menduduki peringkat masing-masing 12 dan 13.

Para ilmuwan yakni bahwa senyawa ini membantu mencegah dan sekaligus memperbaiki kerusakan oksidasi yang terjadi selama aktivitas sel. Apel juga mengandung banyak serat yang disebut pektin.

Apel berukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Pektin digolongkan sebagai serat larut, difermentasi dan kental. Kombinasi antioksidan dan seratnya memberikan manfaat bagi kesehatan.

1. Gigi Putih dan Sehat

Sebuah apel tidak bisa menggantikan sikat gigi dalam membersihkan gigi Anda. Namun, menggigit dan mengunyah apel merangsang produksi air liur di dalam mulut sehingga mengurangi kerusakan gigi dengan menurunkan tingkat bakteri di dalam mulut.

2. Terhindar dari Alzheimer

Sebuah studi yang dilakukan pada tikus menunjukkan minum jus apel bisa menjaga otak dari serangan penyakit Alzheimer dan melawan efek penuaan pada otak.

READ:  Ketika si Buah Hati Terserang Batuk Pilek

Tikus yang diberikan makanan apel sebagai menu harian, menunjukkan kadar neurotransmitter asetilkolinnya meningkat.

3. Melindung dari Penyakit Parkinson

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi buah-buahan dan makanan tinggi serat lainnya dapat terlindungi dari serang Parkinson, yakni penyakit yang ditandai dengan kerusakan sel saraf yang memproduksi dopamin.

Para ilmuwan menghubungkan hal ini dengan kemampuan apel yang mampu memerangi radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya.

4. Menurunkan resiko kanker

Para ilmuwan dari American Association for Cancer Research mengatakan bahwa mengonsumsi apel yang kaya flavanol ini dapat membantu mengurangi resiko terkena kanker pankreas hingga 23 persen.

Para peneliti dari Cornell University telah mengidentifikasi beberapa senyawa triterpenoid di dalam apel yang memiliki kemampuan melawan pertumbuhan sel kanker di lever, usus besar dan payudra

Penelitian sebelumnya menemukan bahwa ekstrak dari apel utuh dapat mengurangi jumlah dan ukuran tumor pada tikus. Sementara itu, National Cancer Institute di AS telah merekomendasikan asupan serat tinggi apel untuk mengurangi resiko kanker kolorektal.

6. Mengurangi Kadar Kolesterol

Serat larut yang ditemukan di dalam apel mengikat lemak di dalam usus yang mampu menurunkan kadar kolesterol dan membuat Anda tetap sehat.

7. Membuat jantung lebih sehat

Sebuah penelitian ekstensif mengaitkan asupan serat larut di dalam apel dengan perlambatan penurunkan plak kolesterol di arteri. Senyata fenolik yang ditemukan di kulit apel juga mencegah kolesterol dengan cara memperkuat dinding arteri Anda.

READ:  Khasiat Buah Apel Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

8. Mencegah batu empedu

Batu empedu terbentuk karena terlalu banyak kolesterol di dalam empedu Anda. Kolesterol tersebut kemudian mengeras menjadi batu empedu. Biasanya lazim terkena mereka yang memiliki badan gemuk (obesitas).

Untuk mencegah batu empedu, dokter menyarankan diet tinggi serat untuk membantu Anda mengendalikan berat badan dan kadar kolesterol.

9. Mengalahkan diare dan sembelit

Serat di dalam apel membantu menarik air keluar dari usus dan menyerap kelebihan air dalam kotoran sehingga memperlambatnya turun ke usus besar.

10. Menetralisir sindrom iritasi pada usus besar

Iritasi pada usus besar ditandai dengan sembelit, diare, sakit perut dan kembung. Untuk mengontrol gejala ini, dokter menyarankan tidak mengonsumsi susu dan makanan berlemak, tapi memperbanyak asupan makanan tinggi serat, salah satunya apel.

11. Mencegah wasir

Wasir adalah urat yang membengkak pada bagian saluran anal. Memang, penyakit tidak tidak membahayakan nyawa, tapi terasa sangat menyakitkan.

Wasir disebabkan karena terlalu banyak tekanan di daerah panggul dan dubur. Makanan berserat, seperti apel dapat membantu meringankan wasir.

12. Mengendalikan berat badan

Banyak masalah kesehatan yang berhubungan dengan kelebihan berat berat badan, seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan susah tidur.

READ:  5 Nutrisi Sehat yang Membuat Otak Anak Makin Cemerlang

Untuk mengelola berat badan agar tetap ideal dan meningkatkan kualitas kesehatan Anda, dokter pasti menyarankan diet kaya serat. Makanan berserat tinggi dapat membantu Anda mengisi perut Anda tanpa banyak kalori.

13. Membersihkan liver

Hati adalah organ tubuh yang bertanggungjawab membersihkan racun agar keluar dari tubuh. Apel membantu hati melakukan proses detoksifikasi.

14. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Apel merah mengandung antioksidan yang disebut quercetin. Studi terbaru, zat ini dapat membantu meningkatkan dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, utamanya ketika Anda stres.

15. Mencegah katarak

Orang yang mengonsumsi banyak buah-buahan anti oksidan, seperti apel, berpotensi sebesar 10-15 persen lebih kecil untuk tidak terkena penyakit katarak.

***

Itulah manfaat apel bagi kesehatan tubuh Anda. Buah-buahan ini sebaiknya dikonsumsi pada pagi hari, 15 menit sebelum makan atau saat perut dalam keadaan kosong.