Mengapa Rambut Bisa Beruban? Ini Penjelasannya

Loading...

penyebab ubanRambut beruban adalah rambut hitam yang berubah warna menjadi putih alami.

Banyak mitos berkembang di masyarakat mengenai rambut beruban.

Di antaranya ada yang mengatakan bahwa rambut beruban disebabkan oleh umur yang semakin tua, ada juga yang mengatakan bahwa rambut beruban disebabkan oleh faktor keturunan.

Nah untuk meluruskan pendapat – pendapat tersebut mari kita lihat penjelasan berikut ini .

Rambut menjadi beruban saat sel – sel melanosit di dalam folikel rambut berhenti memproduksi melanin (pigmen warna). Terdapat dua jenis  melanin rambut yaitu eumelanin yang berwarna coklat tua atau hitam dan pheomelanin yang berwarna kuning atau merah.

Rambut yang kehilangan sebagian besar melanin akan menjadi warna abu – abu. Proses itu akan terjadi bertahap sedikit demi sedikit sehingga seluruh rambut akan berwarna  putih.

Hubungan penuaan dengan rambut uban

Penuaan bukanlah satu – satunya penyebab rambut beruban, sel – sel  kulit tubuh kita menghasilkan hydrogen perosida yang merupakan radikal bebas.

Senyawa ini harus dikeluarkan oleh tubuh menggunakan enzim katalase. Penuaan menyebabkan produksi enzim katalase berkurang sehingga akumulase hidrogen peroksida di sel kulit tubuh membuat produksi melanin menurun.

READ:  Hangatkan Diri dengan Meditasi

Hubungan Gen dengan rambut beruban

Gen yang anda bawa ditentukan oleh gen dari orang tua anda. Jika orang tua anda sudah beruban di usia kurang dari 25 tahun maka anda juga akan memiliki rambut beruban pada usia yang sama.

Dari hasil penelitian pada umumnya orang berkulit putih akan mulai beruban pada usia 30 –an tahun, sedangkan orang berkulit hitam mulai memiliki uban di usia 40-an tahun.

Stress berkepanjangan mempercepat tumbuhnya uban

Hormon stress dapat mempengaruhi aktivitas melanist, sehingga seseorang yang mengalami stress dalam waktu lama dapat membuat rambutnya menjadi cepat beruban.

Malnutrisi vitamin A

Malnutrisi adalah kekurangan gizi yang diperlukan oleh tubuh manusia. Kekurangan vitamin A atau B12 dapat menghentikan produksi melanin.

Namun uban yang disebabkan oleh malnutrisi dapat diatasi bila tubuh kembali mendapatkan asupan vitamin A yang cukup.

**

Agar rambut tidak cepat mengalami penuaan sebaiknya mencegahnya sejak dini dengan cara mengurangi konsumsi soda, makanan bergula tinggi, cafein pada minuman. Namun pada akhirnya secara alami uban akan tumbuh pada usia di atas 50 tahun.

READ:  Yuk Cermati Peta Warna Tubuh Saat Merespon Emosi

(foto : 108jakarta.com)