Ingin Menjadi Seorang Sales Sukses? Berikut Kuncinya!

Loading...

TIPS sales suksesTahukah Anda posisi apa yang paling cepat membawa Anda ke jenjang karir yang lebih tinggi?

Yup, sales adalah salah satu jawabannya. Mengapa? Karena seorang sales adalah ujung tombak perusahaan.

Merekalah yang memperkenalkan dan menawarkan produk kepada konsumen sehingga penjualan dan penghasilan perusahaan pun meningkat. Kerapkali sales dianggap sebelah mata karena sebagian kecil sales tidak bisa mencerminkan sikap professional mereka dalam bekerja.

Anda tertarik menjadi sales dan ingin tahu tips suksesnya? Simak penjelasan berikut ini:

1. Kenali Lawan Bicara Anda

Menghadapi seorang ibu rumah tangga tentu berbeda cara dengan menghadapi seorang wanita karir. Setiap orang memerlukan pendekatan yang berbeda karena mereka memiliki pola pikir yang berbeda satu sama lainnya.

Setelah Anda mengenali lawan bicara Anda, tentukan gaya bahasa dan sikap bicara Anda yang sesuai.

Sebagai contoh, bila Anda menghadapi ibu rumah tangga, Anda harus bisa menjelaskan keuntungan produk Anda dari sisi ekonomisnya sementara bila Anda menghadapi wanita karir, jelaskan keunggulan produk Anda dari sisi efisiensinya.

READ:  5 Penyebab Kegagalan dalam Dunia Karir

2. Berwibawa

Sales seringkali dianggap sebelah mata akibat ulah sebagian sales yang membuat wibawa atas profesi tersebut redup. Sebagai seorang sales yang menawarkan produk, Anda harus memiliki wibawa yang membuat orang ingin membeli produk Anda.

Wibawa disini artinya adalah Anda memiliki jiwa sales yang professional, bukan sales yang mengemis-ngemis hanya demi berhasil menjual dagangan Anda.

3. Kuasai Materi

Kenali produk Anda dengan benar. Sehingga apabila muncul pertanyaan dari calon pembeli, Anda dapat menjawab pertanyaan tersebut dengan jawaban yang sesuai.

Jangan bohongi calon pembeli dengan memberikan jawaban yang tidak sesuai dengan kondisi barang dagangan Anda. Ajak calon pembeli mengetahui keunggulan produk yang Anda tawarkan.

4. Perhatikan Penampilan Anda

Seorang sales harus rapi, karena penampilan Anda harus mampu meyakinkan calon pembeli bahwa Anda sedang menawarkan sesuatu yang berkualitas. Ingatlah bahwa calon pembeli melihat dan menilai penampilan Anda terlebih dulu sebelum mereka melihat dan menilai barang yang Anda tawarkan.

Perlihatkan pada mereka bahwa penampilan Anda meyakinkan sehingga mereka pun tertarik untuk melihat dan mendengarkan penawaran Anda.

READ:  Ini Dia, 5 Karakteristik Pegawai Paling Dicari Perusahaan

5. Atur Nada Bicara Anda

Menjadi seorang sales tidak menjadikan Anda untuk berbicara berapi-api setiap saat. Ada kalanya Anda menurun-naikkan nada bicara Anda agar calon pembeli sedikit lebih santai.

Jangan berbicara terlalu cepat karena akan merusak konsentrasi calon pembeli. Ingatlah bahwa kemampuan berkomunikasi sangat penting bagi seorang sales.

6. Ramah dan Terbuka

Seorang sales yang ramah akan lebih disukai dibandingkan sales yang terlihat dingin. Mengapa?

Karena sales yang ramah memberikan kenyamanan pada calon pembeli sehingga akan membuat mereka lebih nyaman apabila mereka ingin bertanya lebih jauh tentang produk. Selain itu Anda dituntut untuk terbuka dan tidak memilih-milih calon konsumen dari suatu target pasar.

7. Pantang Menyerah

penolakan pasti ada, begitu pula dengan penerimaan. Begitulah resiko seorang sales. Anda pasti akan sangat banyak ditolak, orang tidak membeli barang Anda bahkan seringkali diberi perlakuan yang kurang menyenangkan oleh calon konsumen Anda.

Tetapi memang itulah tugas seorang sales. Penolakan memang menyakitkan tetapi apabila ada penolakan, pasti ada penerimaan.

READ:  7 Cara Membangun Karir dan Passion

Pasti akan ada orang-orang yang membeli produk Anda selagi Anda tidak berhenti mencoba. Jadi, jangan pantang menyerah.

(foto: Thinkstock)