Inilah 5 Alasan Mengapa Seseorang Menggunakan Sosial Media

Loading...

alasan menggunakan social-mediaAnda tentu mengenai facebook, twitter dan instagram kan?

Yap, perkembangan di dunia digital dan teknologi membuat semakin banyak aplikasi diciptakan untuk menjadi hiburan dan pelengkap gadget Anda.

Salah satunya yang sedang marak digandrungi saat ini adalah sosial media. Sosial media adalah suatu aplikasi pertemanan yang dapat menghubungkan Anda dengan siapa saja yang ada di belahan dunia ini. Sosial media ternyata memiliki banyak sekali daya tarik yang dapat membuat Anda ketagihan menjelajahinya.

Apa saja sih alasan seseorang menggunakan sosial media? Ini dia nih alasannya:

1. Trend

Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh trend mayoritas yang sedang booming dapat membuat seseorang “iri” dan ingin ikut-ikutan. Kerap kali mereka hanya ingin seperti orang lain, mengikuti sesuatu yang sedang populer agar tidak dianggap ketinggalan zaman.

Umumnya bagi para social media user yang mengikuti trend, mereka akan sangat update dengan sosial media terbaru dan memilliki frekuensi keaktifan yang sangat tinggi.

2. Menjalin Pertemanan

Sosial media ternyata bisa menjadi penghubung Anda dengan kawan lama Anda yang sudah lama lost contact dengan Anda. Misalnya saja mengumpulkan teman-teman SD Anda dengan membuat akun khusus untuk itu.

READ:  Yang Mana Jenis Game Kesukaan Anda?

Kemudahan seperti itu yang kerap kali membuat seseorang menggunakan sosial media, untuk reuni. Selain itu sosial media bisa juga menjadi alat hubung antara seorang idola dengan penggemarnya, antara pemerintah dengan rakyatnya dan antara perusahaan dengan konsumennya.

3. Berdagang

Bisa saja sosial media digunakan bagi Anda yang sedang berjualan online atau mempromosikan barang dagangan Anda.  Yap, banyak sekali yang berdagang di facebook, twitter dan instagram.

Berdagang di sosial media memang menguntungkan karena gratis dan mudah. Tetapi tentu saja baik pembeli dan penjual harus saling waspada dari tindak penipuan.

4. Mencari Hadiah

Tidak bisa dipungkiri banyak sekali brand atau merek terkenal yang memiliki akun twitter atau facebook dan melakukan promosi dengan menawarkan hadiah tertentu yang bisa Anda menangkan. Bagi Anda yang senang mengikuti kuis dan bersemangat mendapatkan hadiah yang ditawarkan, Anda pasti sangat aktif bersosial media untuk mencari kuis-kuis yang bisa Anda ikuti.

5. Membangun Jaringan

Seringkali sosial media digunakan untuk mengumpulkan massa atau masyarakat demi tujuan tertentu misalnya membentuk komunitas anti pembajakan musik atau komunitas peduli lingkungan. Sosial media dapat mempertemukan Anda dengan suatu jaringan yang memiliki minat dan hobi yang sama dengan Anda serta memiliki visi misi dan kegiatan nyata di lapangan.

READ:  Hal yang Mesti Anda Perhatikan Saat Berbelanja Online

6. Menghilangkan Stres

Seringkali Anda menggunakan sosial media hanya untuk menghilangkan kejenuhan dan mengisi waktu luang Anda. Misalnya saja saat Anda sedang menunggu bis, mengantuk atau bosan. Kebiasaan yang mungkin Anda lakukan saat stress adalah membaca timeline atau postingan di sosial media, atau mungkin stalking info-info tertentu dari sahabat dan teman Anda.

7. Sumber Informasi

Kini banyak sekali akun yang mewakili layanan informasi berita seperti Liputan 6 dan detik.com. Tidak hanya halaman situs, mereka juga memiliki layanan via facebook dan twitter sehingga Anda sekarang tidak perlu repot-repot lagi untuk mencari informasi dan selalu up to date mengenai berita yang sedang ramai dibicarakan.

**

Sosial media memang memiliki banyak layanan yang menyenangkan. Oleh karena itu, Anda wajar sekali sangat sering menggunakannya. Gunakan sosial media dengan bijak ya. Semoga bermanfaat.