Kale, Sayuran Hijau yang Kaya Manfaat

Loading...

manfaat sayur kaleMakanlah lebih banyak kale! Selain lezat, manfaat kesehatannya juga melimpah.

Atau mungkin Anda belum begitu mengenal kale?! Berapa banyak yang benar-benar Anda tahu mengenai sayuran yang masih merupakan anggota keluarga kubis ini?

Simak artikel berikut untuk tahu jenis dan manfaat sehat kale, dilansir dari Care2.com.

Jenis-jenis Kale

Ada begitu banyak jenis kale. Namun, yang paling banyak ditemui adalah 3 jenis, kale keriting, kale lacinato (disebut juga kale dinosaurus, kale hitam, kale Tuscan, atau cavolo nero), dan kale Rusia merah.

Jenis yang paling umum dari kale ialah kale keriting. Seperti yang Anda bisa tebak, bentuknya keriting di pinggiran dan berkisar dari hijau muda hingga ungu. Ironisnya, kale ini merupakan salah satu jenis kale yang lebih pahit, sehingga semakin muda daunnya semakin baik.

Kale lacinato memiliki daun berwarna biru-hijau tua, lacinato lebih berkerut, sempit dan tegas. Memiliki rasa lebih dalam, kale lacinato bersahaja dengan sentuhan manis.

Kale Rusia merah memiliki daun datar, dengan warna umum ungu kemerahan. Rasanya ringan dan manis. Kale jenis ini sangat baik dikonsumsi saat cuaca dingin. Apapun jenis kale yang Anda inginkan, pastikan untuk memilih kale organik. Jika tidak, mungkin sarat dengan pestisida.

READ:  Insomnia Kronis Mempengaruhi Jantung

Manfaat Kesehatan Kale

Jadi, apa saja manfaat kale bagi kesehatan?

Antioksidan. Kale sarat dengan antioksidan yang melindungi terhadap kanker dan macular degeneration. Kesimpulannya, secara keseluruhan ia merupakan makanan anti-inflamasi.

Meningkatkan otak. Kale adalah sumber asam alfa-linoleat (ALA), yang merupakan asam lemak omega-3. ALA bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan otak dan jantung dan mengurangi resiko diabetes tipe 2.

Lebih baik dari daging sapi. Kale benar-benar memberikan lebih banyak zat besi per kalori dibandingkan dengan daging sapi!

Membersihkan. Pada secangkir berisi 36 kalori dan 5 gram serat, makan kale seperti membersihkan usus Anda dengan pembersih pipa.

Lebih baik dari susu. Kale memiliki lebih banyak kalsium per kalori bila dibandingkan dengan segelas susu. Namun, untuk dapat menyerap kalsium dengan benar ke dalam tubuh, magnesium harus ada.

Kale memiliki pasokan yang kaya kalsium dan magnesium. Kalsium dalam kale sebenarnya lebih mudah diserap oleh tubuh daripada kalsium dari susu. Asam seperti sari buah lemon membuat kalsium dari kale bahkan lebih bioavailable (mudah diserap).

READ:  Kale: Sayur yang Bermanfaat Besar Bagi Jantung

Lebih baik dari jeruk. Secangkir kale menawarkan 134% RDA vitamin C, sedangkan jeruk medium meningkatkan 113%. Namun, secangkir kale beratnya sekitar 67 gram dan jeruk beratnya 131 gram, gram per gram, kale memiliki dua kali lipat vitamin C dari jeruk!

Vitamin berlimpah. Kale memberikan 133% asupan vitamin A harian Anda – meningkatkan kesehatan mata dan kulit! Ia juga menawarkan vitamin K pelawan berbagai penyakit bersama dengan segudang flavonoid dan manfaat lainnya.

**

Nah, banyak bukan manfaat sehat dari kale? Apakah Anda ingin mendapatkan manfaat sehat kale, tetapi menganggap kale organik terlalu mahal? Cobalah tanam sendiri! Kale sangat toleran terhadap cuaca dingin dan cara menanam kale pun tidaklah susah. Selamat mencoba.