Manfaat Sehat Ikan Lele, Baik untuk Otak dan Jantung

Loading...

manfaat ikan leleIkan lele adalah adalah salah satu ikan yang hidup di air tawar.

Ciri khas ikan lele yaitu memiliki kumis dan tubuhnya panjang dan berlendir, serta biasanya hidup pada tempat yang becek dan berlumpur.

Walaupun banyak yang menganggap ikan lele menjijikkan, ternyata ikan lele memiliki rasa yang gurih sehingga dapat dijadikan beragam masakan, tak heran bila banyak orang yang kemudian menjadi penggemar ikan lele.

Makanan ikan lele sering kita temukan pada daerah warung – warung sea food di pinggir jalan ataupun di hotel, yang biasa menyajikannya dengan cara dibakar atau digoreng.

Nah apa saja kandungan zat gizi dan manfaat kesehatan dari ikan lele?

1. Membuat jantung dan otak sehat

Omega -3 dan omega – 6 adalah salah satu asam lemak yang biasanya terdapat pada ikan – ikan yang mahal seperti pada ikan salmon, mackerel dan lain – lain. Namun ternyata di dalam 1 porsi ikan lele mengandung 220 mg asam lemak omega-3 dan 875 asam lemak omega-6.

READ:  Cara Mudah Memelihara Ikan Lele

Kandungan nutrisi inilah yang bermanfaat untuk membuat jantung sehat dan perkembangan otak, bahkan pada bayi dapat membuatnya lebih cerdas dan tumbuh dengan sehat.

2. Mengandung protein yang tinggi

Protein yang dikandung dalam ikan lele cukup tinggi yaitu sekitar 17 % untuk kebutuhan asam amino di dalam tubuh anda.

Selain itu, asam amino yang terkandung di dalam ikan lele merupakan asam amino terbaik yang berfungsi membangun otot, menyediakan energi yang dibutuhkan untuk beraktivitas dan meningkatkan kekebalan tubuh anda.

3. Sumber vitamin B – 12

Konsumsi ikan lele berabrti anda telah memenuhi kebutuhan protein di dalam tubuh anda sekitar 40 %, vitamin B – 12 membantu tubuh untuk mempercepat proses percepatan makanan menjadi energy bagi tubuh anda. Sehingga anda tidak akan mudah lesu.

4. Tidak mengandung bibit penyakit

Banyak orang takut mengonsumsi ikan karena hidup pada wilayah yang mengandung merkuri. Kadar merkuri tinggi yang terdapat pada makanan yang anda konsumsi dapat mengganggu pertumbuhan janin dan mengacaukan system saraf.

READ:  Daun Kelor, Daun Ajaib sebagai Obat

Namun khusus untuk ikan lele, anda tidak perlu khawatirkan sebab ikan lele dikembangbiakkan pada wilayah yang aman dari kandungan merkuri.

5. Mengandung asam amino lisin

Asam amino lisin adalah salah satu asam amino yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak agar sehat dan aktif.

Asam amino ini juga berguna untuk pertumbuhan dan perkembagan tulang pada anak, membantu penyerapan kalsium dan menjaga agar kandungan lemak pada anak tidak terlalu banyak.

6. Memiliki kandungan fosfor yang tinggi

Fosfor adalah salah satu mineral yang dibutuhkan untuk perkembangan tubuh, kekurangan fosfor sangat membahayakan tubuh sebab dapat menyebabkan tulang keropos dan menyebabkan kelumpuhan.

Sementara itu, kandungan fosfor pada ikan lele lebih tinggi dibandingkan pada telur, yang membuat ikan lele lebih disarankan jika ingin memenuhi kebutuhan tubuh akan mineral fosfor.

**

Demikianlah mafaat kesehatan yang diberikan ikan lele jika dikonsumsi secara rutin. Berbahagialah bila anda sering mengonsumsi ikan lele dalam kehidupan anda. Sebab jenis ikan tersebut dapat membuat tubuh anda lebih sehat dan kuat, juga membantu pertumbuhan dan perkembangan buah hati anda.