Mata Sering Merah, Gatal dan Berair? Ini Cara Mengatasinya

Loading...

cara mengatasi mata merahJika anda termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang sering terserang gangguan mata merah dan berair, berarti anda kemungkinan mengidap penyakit alergi pada mata.

Mereka yang sering menderita mata merah dan berair ini memberikan gejala yang sama yaitu di antaranya mata terlihat kelelahan seperti habis menangis dan yang pasti merah dengan urat-urat mata yang sangat jelas terlihat.

Alergi pada mata bisa menjadi semakin memburuk dan parah jika dibiarkan begitu saja. Apalagi jika didukung dengan kondisi iklim dan cuaca yang tidak bersahabat, seperti pemanasan global, emisi gas karbondioksida di udara, polusi, asap rokok, debu dan sebagainya.

Dalam menjaga kondisi mata agar tidak mudah teriritasi dan tidak terkena alergi mata, ada pendapat yang menyatakan bahwa jika kondisi hidung anda terjaga, maka mata anda pun akan terjaga kesehatannya.

Selain itu, ada beberapa cara pencegahan agar mata merah dan berair bisa berkurang, seperti yang kami bagikan berikut ini:

1. Obat tetes mata

Anda bisa meneteskan obat tetes mata hanya jika benar-benar diperlukan, karena obat tetes mata sangat tidak dianjurkan digunakan secara rutin dan terus menerus dalam jangka waktu panjang. Kandungan steroid pada obat tetes mata jika digunakan secara terus menerus justru akan mengganggu kesehatan mata, dan akan mengakibatkan penyakit mata anda menjadi semakin parah.

READ:  Makanan Khusus Untuk Menurunkan Kolesterol

Obat tetes mata cukup dipakai ketika mata terasa mengalami iritasi ringan, mungkin di saat anda selesai melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor atau setelah berenang.

2. Pemeriksaan rutin ke dokter mata

Lakukan pemeriksaan mata rutin ke dokter mata anda, untuk mengetahui penyebab pasti alergi mata anda dan untuk mencegah terjadinya peradangan atau kondisi mata memerah yang semakin menjadi.

Terkadang mata merah dan berair anda juga disebabkan oleh tidak cocoknya lensa kontak yang anda gunakan, sehingga jika anda rutin berkonsultasi pada dokter mata, maka kemungkinan alergi mata pada lensa kontak akan bisa diminimalisir.

3. Lensa kontak dan cairannya

Pastikan anda selalu memperhatikan masa kadaluarsa lensa kontak dan cairan lensa kontak anda, karena ini sangat berperan besar dalam memnyebabkan iritasi pada mata.

Jangan lupa juga untuk memastikan selalu menggunakan lensa kontak yang mengandung air di atas 60%, karena jika kurang, mata akan cenderung kering dan gampang memerah.

4. Jangan kucek mata

Hindari mengucek mata dengan alasan gatal, karena mengucek mata sama dengan melukai mata anda sendiri. Pastikan tangan anda selalu bersih jika akan melakukan kontak dengan mata, termasuk saat mencuci muka, mengganti lensa kontak dan membersihkan make-up mata.

READ:  Solusi Alami Mengatasi Mata Belekan pada Bayi

5. Makeup mata

Hindari penggunaan make up mata seperti maskara dan eyeliner yang berlebihan, jika perlu anda harus memilih make up yang cocok dan tidak menimbulkan iritasi.

6. Mata lelah

Jika anda adalah orang yang sering menggunakan komputer atau laptop sehari-hari, anda harus memperhatikan untuk menjaga mata dari kelelahan dengan mengistirahatkan mata anda beberapa menit di setiap satu jam anda bekerja.

7. Minyak ikan Omega 3

Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan omega 3 fish oil yang baik untuk menekan peradangan pada mata, karena mampu mengatasi mata kering. Cukup dengan mengkonsumsi minyak ikan ini dengan rutin hingga resiko alergi mata anda berkurang.

**

Demikianlah 7 cara mengatasi mata merah dan berair. Mata adalah aset yang sangat berharga. Selalu jaga kesehatan mata dengan mengkonsumsi nutrisi dan vitamin yang penting untuk mata. Semoga bermanfaat.