Ini dia 5 Kopi Termahal di Dunia!

Loading...

Kopi adalah minuman yang dihasilkan dari proses ekstraksi biji tanaman kopi.

Sejarah mencatat bahwa pegolahan biji kopi dan pemanfaatannya untuk yang pertama kali dilakukan di Benua Afrika lebih tepatnya di negara Ethiopia sekitar 3000 tahun yang lalu.

Kopi sendiri telah menjadi minuman kelas dunia dan memiliki para penggemar tersendiri yang bahkan tidak bisa melewatkan satu hari pun tanpa meminum minuman ini.

Ada beberapa jenis kopi terbaik dunia yang menawarkan cita rasa yang sangat istimewa sehingga dihargai dengan jumlah uang yang sangat tinggi.

Apa sajakah ke-lima kopi dengan harga termahal tersebut? Ini dia:

1. Kopi Luwak (Indonesia) – $160/pound

kopi luwak
(foto: jamu.co.za)

Kopi Luwak yang berasal dari Indonesia menempati urutan pertama dalam daftar kopi termahal di dunia. Hal ini disebabkan oleh cara pengolahan kopi yang sangat unik dan berbeda dari biasanya. Jika kopi lain dibuat dari biji kopi yang dikeringkan dan dihaluskan, kopi luwak melewati fase yang berbeda.

Biji kopi dimakan oleh luwak (binatang) dan mengalami reaksi kimia dengan zat enzim yang terdapat dalam saluran pencernaan luwak. Biji kopi yang dikeluarkan kembali melalui saluran pembuangan luwak tersebut yang selanjutnya akan diolah menjadi kopi luwak.

READ:  Prioritaskan 7 Kebiasaan Baik Ini

2. Kopi Esmeralda (Panama) – $ 104/pound

Kopi Esmeralda
(foto: liputan6.com)

Awalnya biji kopi Esmeralda dibudidayakan di Ethiopia. Pada akhir tahun 60an, biji kopi unggul tersebut dibawa ke Panama dan ditanam di salah satu lahan bekas menanam buah-buahan.

Oleh sebab itu banyak yang mengatakan kopi Esmeralda memiliki cita rasa buah-buahan di dalamnya. Rasa kopi ini sangat lembut, memiliki cita rasa yang berbeda di lidah Anda pada pengecapan yang kedua dan seterusnya.

3. Kopi St. Helena (St. Helena) – $ 79/pound

Kopi St. Helena
(foto: rahadiona.blogspot.com )

Kopi termahal ketiga di dunia ini dihasilkan di sebuah pulau bernama St. Helena yang terletak 1.200 mil dari pantai Afrika. Di sanalah kopi ini ditanam dan diproduksi.

Tahukah Anda siapa yang menyebarkan benih kopi di pulau tersebut? Napoleon Bonaparte lah yang berjasa menyebarkan benih kopi tersebut di pulau St. Helena. Jika dinyatakan dalam rupiah, kopi ini memiliki harga kurang lebih Rp. 800.000 per setengah kilonya.

4. Kopi El Injerto (Guatemala) – $ 50/pound

Kopi El Injerto
(foto: 24sevenpost.com)

Kopi ini berasal dari sebuah tempat bernama Huehuetenango di negara Guatemala. Di tahun 2006, kopi ini mendapat penghargaan Cup of Excellence atas rasa kopi yang medium (tidak terlalu keras atau terlalu ringan).

READ:  Bagaimana Merayakan Tahun Baru agar Bermanfaat?

Tidak hanya itu, kopi El Injerto juga seringkali dijual dengan tambahan rasa seperti rasa coklat, anggur, madu bahkan rasa wine dan lain sebagainya.

5. Kopi Fazenda Santa Ines (Brazil) – $ 40/pound

Kopi Fazenda Santa Ines
(foto: hghstrip.com)

Saat kopi ini ikut serta dalam suatu ajang kopi terbaik internasional, seorang juri memberikan 90 poin atas cita rasa yang dihasilkan oleh kopi Fazenda Santa Ines.

Di Brazil, perkebunan yang khusus membudidayakan kopi jenis ini memiliki luas 75 hektar dan dikelilingi oleh 140 hektar hutan yang masih perawan.

Cara pembudidayaan dan perawatan kebun kopinya pun  masih sangat manual dan tradisional dikarenakan topografi lingkungan yang masih sangat alami. Kualitas dan kesegeran biji kopi pun senantiasa terjaga karena jauh dari efek buruk lingkungan.

**

Bagaimana dengan Anda para penikmat kopi? Anda tertarik untuk mencicipi kopi-kopi terbaik sekaligus termahal di dunia?

Bagi Anda yang tertarik, silahkan Anda rasakan dan Anda nilai sendiri apakah biaya yang Anda keluarkan sudah terbayarkan dengan rasa yang tiada duanya. Selamat mencoba.