Kunyit, Suplemen dan Bumbu Dapur Kaya Khasiat

Loading...

manfaat sehat kunyitKita sudah tidak asing lagi dengan bumbu dapur yang satu ini. Karena manfaatnya yang banyak, suplemen kunyit juga beredar luas. Manfaat kunyit untuk berbagai masalah penyakit diuraikan panjang lebar dalam doctorsinghs.com.

Akar tanaman kunyit bisa diekstraksi menjadi suplemen kunyit. 10 kg kunyit kering hanya menghasilkan 1 kg ekstrak kunyit.

Maka rasio 10:1 ini dianggap sebagai rasio standard kualitas yang baik untuk suplemen kunyit. Jadi, ini juga bisa menjadi pertimbangan konsumen untuk membeli suplemen kunyit atau kurkumin.

Harap dicatat bahwa manfaat kesehatan kunyit dalam bentuk suplemen jauh lebih efektif ketimbang kunyit biasa, hal itu karena kandungannya sudah sangat terkonsentrat. Dan yang lebih penting karena suplemen kunyit lebih mudah diserap oleh saluran pencernaan.

Dalam sejarah, kunyit telah digunakan dalam banyak kebudayaan di seluruh dunia untuk berbagai keperluan, seperti bahan penyedap dan bumbu.

Kunyit berwarna kuning yang digunakan untuk membuat kari di Indonesia. Kunyit ini memberikan warna kari yang khas, yang ternyata memiliki banyak khasiat. Digunakan pula dalam pengobatan herbal China, terutama sebagai pembersih darah, serta untuk pengobatan penyakit perut. Kunyit disebut-sebut memiliki sifat anti virus, anti oksidan, anti jamur, anti kanker, anti bakteri dan anti inflamasi.

Berikut manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh:

1. Mengatasi Peradangan

Arthritis biasanya terjadi karena peradangan pada sendi dan merupakan kondisi yang sangat menyakitkan, juga melemahkan. Ekstrak kurkumin digunakan untuk meringankan sendiri yang sakit dan nyeri tersebut. Hal ini dilakukan menghambat atau mengurangi enzim yang dikenal sebagai COX-2. Hal ini juga dapat mengurangi peradangan dengan merangsang kelenjer adrenal sehingga dapat melepaskan kortison (steroid alami) yang digunakan untuk mengobati radang.

READ:  8 Bumbu Dapur Mujarab Atasi Penyakit

Kunyit dianggap sebagai pembunuh rasa sakit yang efektif dan tentunya aman, jika dibandingkan dengan obat-obatan produk farmasi di pasaran.

Dengan demikian, kunyit dapat digunakan untuk mengatasi jenis peradangan seperti tendinitis, bunions, sindrom carpal tunnel, bursitis, radang lidah, asam urat dan banyak hal lain di mana kondisi tulang tidak prima. Suplemen kunyit dapat digunakan dalam bentuk kapsul, sirup, pil dan lain-lain. Penambahan garam atau jahe dapat meningkatkan efektivitasnya.

2. Merawat Jantung

Kunyit memelihara kesehatan jantung karena sifat anti inflamasi dan anti oksidannya. Penumpukan plak di arteri dapat dikurangi secara drastis dengan penggunaan suplemen kunyit. Hal ini dibuktikkan dalam beberapa uji klinis.

Kunyit akan membantu mencegah pembekuan darah sehingga mengurangi kemungkinan serangan jantung, stroke, thrombosis atau penyakit kardiovaskular lainnya. Kunyit juga dapat meningkatkan fungsi hati dan membantu mempertahankan kolesterol agar tetap normal di dalam tubuh.

3. Alternatif Pengobatan Kanker

Curcumin sedang menjalani uji klinis sebagai alternatif untuk pengobatan kanker. Ekstrak kurkumin dapat bermanfaat dalam berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus, kanker kulit dan kanker prostat.

READ:  Alasan Mengapa Anda Harus Mengkonsumsi Makanan Kaya Serat

Hal ini juga mengurangi perkembangan kanker tersebut bagi orang yang sering mengonsumsi ekstrak ini. Itu karena kunyit kaya akan anti oksidan yang berpotensi menangkal dan menetralisir radikal bebas di dalam tubuh. Ekstrak ini juga mampu menghentikan penyebaran sel-sel kanker ke bagian tubuh lain. Misalnya mengalangi penyebaran sel-sel kanker payudara ke paru-paru.

Kurkumin juga dikatakan dapat mencegah pertumbuhan pembuluh darah baru pada tumor, yang disebut angiogenesis. Angiogenesis adalah langkah penting di dalam pertumbuhan kanker di mana jaringan kanker berkembang dengan mengambil banyak suplai darah untuk mempertahankan dan mengembangkan ukurannya.

Jika angiogenesis tidak terjadi, maka kebanyakan kanker tidak berkembang lebih jauh dan hanya terbatas pada wilayah yang kecil. Lama-kelamaan, sel-sel kanker biasanya melakukan proses penghancuran diri (apoptosis). Dan kurkumin memastikan terjadinya proses tersebut.

4. Mendukung Sistem Pencernaan

Kurkumin mampu meningkatkan aliran empedu yang digunakan untuk memecah lemak. Kurkumin juga mampu menghilangkan batu empedu.

Empedu merupakan cairan tubuh yang disekresikan oleh hati untuk membantu proses pencernaan. Biasanya empedu tersimpan di kantung empedu. Kurkumin meningkatkan tingkat kelarutan empedu. Selain itu, ekstrak kunyit dapat mengurangi iritasi pada usus besar dengan cara meringankan rasa sakit dan nyeri.

READ:  Cara Mudah untuk Tetap Sehat dan Aktif di Kampus

5. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Terdapat minyak volatile yang memiliki sifat anti bakteri. Tidak heran jika kunyit biasanya dioleskan pada luka atau memar untuk menghilangkan infeksi.

6. Mencegah Penyakit Alzheimer

Kunyit berperan menurunkan penumpukan protein amiloid di otak yang mana protein ini menjadi penyebab penyakit Alzheimer. Di samping itu, kunyit juga dikenal mampu meningkatkan fungsi otak. Biasanya suplemen kunyit dibuat untuk anak-anak yang kini banyak beredar luas di pasaran.

***

Kurkumin sangat aman tapi tidak berarti harus digunakan dalam jumlah yang besar, karena dapat menyebabkan sakit perut, kram bahkan diare. Idealnya kurkumin harus dikonsumsi sebanyak 500 mg (0,5 gram) sampai 1000 mg (1 gram) per hari. Penelitian menunjukkan adalah aman mengonsumsi ekstraknya sampai dengan 3,6 gram perhari.

(Foto: hangthebankers.com)