Yuk Berikan Kado Kecil untuk Bumi!

Loading...

Cara Menjaga Bumi dari Lingkungan TerkecilAnda tahu go green? Apakah Anda juga mendukung usaha go green yang sedang digalakkan pemerintah? Pasti jawabannya ya.

Saat ini penting sekali bagi kita untuk menjaga kelestarian alam. Mengapa? Karena jumlah manusia semakin banyak, hasil alam banyak kita ambil dengan serakah selanjutnya kita tidak melakukan sesuatu untuk mengembalikan keseimbangan alam kita.

Ingatlah bahwa jika bumi sakit, maka manusia pun yang akan menanggung akibatnya. Oleh sebab itu, marilah kita belajar menjaga bumi kita dari lingkungan terdekat  yaitu rumah kita sendiri!

1. Hematlah Penggunaan Listrik

Televisi, AC dan lampu yang Anda ambil manfaatnya adalah segala sesuatu yang mengandalkan bantuan energi listrik. Darimana listrik berasal? Listrik berasal dari berbagai hasil bumi seperti gas, minyak, batu bara dan air.

Semua kekayaan alam tersebut diolah dan akhirnya menyediakan jasa listrik di rumah Anda yang Anda nikmati setiap hari. Bijaklah dalam menggunakan listrik di rumah Anda, matikan semua listrik yang sedang tidak digunakan.

Semakin banyak Anda menghemat listrik di rumah Anda maka semakin banyak pula hasil alam yang Anda hemat dan semakin hemat pula uang yang Anda keluarkan.

READ:  Mengenal Gas Sarin, Jenis Gas Paling Beracun

2. Pilahlah Sampah Anda

Tahukah Anda warga DKI Jakarta menghasilkan lebih dari 6.000 ton sampah perhari? Dengan jumlah sampah sebanyak itu, bayangkan dimana kita dapat menaruh semua sampah itu?

Buatlah perubahan dengan memilah sampah Anda dan memanfaatkan sampah yang masih bisa di-recycle seperti memisahkan sampah kering dan sampah basah.

Gunakan kembali barang-barang yang masih bisa Anda gunakan di rumah Anda seperti plastik, botol dan kertas, juallah barang yang masih bisa dikumpulkan oleh para pengumpul dan minimalkan membuang sampah yang tidak bisa diurai secara alami seperti kantong plastik.

3. Hijaukan Rumah Anda

Senangkah Anda ketika menghirup udara yang bersih dan segar? Bagaimana caranya membuat udara di lingkungan rumah Anda lebih segar sementara banyak kendaraan yang menghasilkan polusi berlalu lalang di sekitar lingkungan Anda?

Salah satu solusinya adalah dengan menanam atau merawat tanaman hijau di sekitar rumah Anda. Selain dapat membuat udara lebih bersih dan sejuk, tanaman di pekarangan rumah juga dapat membuat rumah Anda lebih indah dan ramah lingkungan.

READ:  Terapi Baru Menjanjikan Untuk Multiple Sclerosis

4. Bersihkan Saluran Air

Banyak sekali masalah yang dapat ditimbulkan akibat ulah manusia yang tidak peduli dan tidak pernah menjaga kebersihan air misalnya saja banjir, menyebabkan bau yang tidak sedap atau bisa menjadi rumah bagi nyamuk penyebab penyakit demam berdarah.

Jika Anda mencari kegiatan mengisi waktu luang di akhir pekan, ajaklah pasangan atau bahkan keluarga Anda membantu membersihkan saluran air dan melancarkannya agar lingkungan rumah Anda senantiasa bersih dan nyaman.

5. Gunakan Produk Ramah Lingkungan

Contoh penggunaan produk yang ramah lingkungan misalnya: tas belanja yang kita bawa sehingga tidak perlu lagi kantong plastik, kemudian penggunaan deterjen yang ramah lingkungan.

Hematlah pula penggunaan tisu dan kertas karena benda tersebut berasal dari penebangan pohon.

**

Menjadikan bumi yang lebih bersih dan nyaman harus dimulai dari diri sendiri dan lingkungan terdekat kita. Ingatlah bahwa saat ini keadaan bumi sudah sangat penuh dan kotor, manusia sebagai penghuninya harus bertanggung jawab dalam mempertahankan keeksistensiannya.

(foto: cathybrandthomes.wordpress.com)