Rasa Nyeri pada Payudara Wanita, Berbahayakah?

Loading...

kanker payudaraGaya hidup modern dan rentan stres yang dialami kebanyakan wanita saat ini meningkatkan peluang untuk mendapatkan resiko kanker payudara.

Penyakit yang satu ini menjadi momok yang sangat menakutkan karena termasuk jenis kanker ganas yang mematikan. Gejala awal timbulnya benjolan payudara berawal dari rasa nyeri.

Meskipun demikian, ada 5 jenis rasa nyeri pada payudara wanita yang perlu diketahui perbedaan dan gejalanya, karena tidak semua rasa nyeri tersebut merupakan gejala kanker atau tumor payudara.

Beberapa 5 jenis gejala nyeri pada payudara yang perlu Anda ketahui adalah sebagai berikut:

Kanker

Jenis rasa nyeri pada payudara wanita yang disebabkan oleh kanker akan diikuti oleh perubahan, benjolan atau apapun yang terasa aneh pada payudara. Jika gejala dan perubahan muncul pada payudara Anda, konsultasikan dengan beberapa dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Apalagi jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kasus kanker payudara, karena berdasarkan perkiraan dokter, bahwa 5 hingga 10 persen dari penyakit kanker payudara terkait dengan mutasi gen dari sebuah keluarga. Gen dari penyakit kanker payudara adalah gen kanker payudara 1 (BRCA1) dan gen kanker payudara 2 (BRCA2).

READ:  3 Resep Koktail Buah Rendah Kalori

Kedua jenis gen dapat diwariskan pada sejumlah orang sehingga dapat meningkatkan risiko timbulnya penyakit kanker pada payudara dan ovarium. Waspadai gejala kanker paudara jika Anda mengalami menopause pada usia tua, atau melahirkan pada usia tua. Melahirkan anak pertama setelah usia 35 tahun, juga akan meningkatan risiko kanker payudara.

Alkohol juga dapat meningkatkan risiko kanker payudara. Gaya hidup ini sebaiknya ditinggalkan. Apabila Anda pernah atau sedang melakukan perawatan dengan menggunakan radiasi, risiko kanker payudara justru akan meningkat. Demikian juga apabila Anda memiliki berat badan yang jauh di atas normal, maka akan dapat menigkatkan risiko kanker payudara.

Pre menstruation syndrome (PMS)

PMS bisa menjadi penyebab nyeri di payudara, akibat naik turunnya hormon estrogen dan progesteron sebelum, selama bahkan setelah menstruasi tiba. Jika Anda merasa nyeri di payudara namun tidak menemukan benjolan apapun, Anda bisa melihat kalender untuk memastikan siklus menstruasi bulanan Anda.

Kehamilan

Jenis rasa nyeri pada payudara wanita bisa disebabkan karena Anda sedang dalam masa kehamilan. Nyeri ini juga dipengaruhi oleh kondisi hormonal. Terkadang payudara akan terasa nyeri sekaligus bengkakjika memang Anda dalam masa kehamilan.

READ:  Tips dan Cara Mengetahui Gejala Kanker Payudara

Pubertas

Nyeri payudara yang terjadi pada masa remaja merupakan jenis nyeri yang berkaitan dengan masa pubertas. Barangkali Anda (perempuan) pernah mengalami rasa nyeri di bagian payudara ketika masa remaja dulu. Nah itulah nyeri yang bisa dikatakan normal dimana mayoritas perempuan lainnya juga mengalami.

Kista

Nyeri payudara juga bisa disebabkan karena kista yang muncul akibat perubahan tubuh wanita dari remaja ke dewasa. Namun tidak wanita mengalami nyeri karena kista. Jika nyeri payudara jenis ini mendera, cek perubahan yang terjadi serta konsultasikan dengan beberapa dokter untuk memastikan apakah perlu diambil tindakan tertentu.

(foto: healthline.com)