Yuk Cegah Kanker Payudara dengan 10 Tips Perawatan Ini!

Loading...

10 Cara Mudah Perawatan Payudara Agar Tetap Sehat dan IndahPayudara wanita termasuk organ tubuh yang rawan dan beresiko terkena penyakit. Perawatan payudara menjadi sangat penting karena payudara beresiko terkena kanker payudara yang sangat berbahaya.

Faktanya, kanker payudara adalah penyebab kematian kedua di dunia. Maka, lebih baik memulai perawatan payudara sejak dini bukan?

Cermati beberapa tips perawatan payudara untuk mencegah resiko kanker payudara.

Olahraga

Olahraga penting untuk kesehatan tubuh, agar peredaran darah lancar dan otot-otot menjadi rileks. Sempatkan untuk berolahraga secara rutin setiap hari 15-20 menit.

Berolahraga akan membantu Anda untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menurunkan kadar hormone esterogen, dan mengurangi obesitas. Imbangi dengan mengonsumsi makanan sehat, terutama sayur dan buah.

Bra

Tips perawatan payudara selanjutnya adalah dengan memilih bra. Hindari pemakaian bra yang berkawat, sebab terbukti dapat merangsang tumbuhnya sel-sel berbahaya dalam payudara serta menimbulkan kanker payudara.

Bra berkawat dapat digunakan jika payudara Anda terlalu besar atau turun karena bertambahnya usia. Saat berolahraga, pakailah bra sport supaya Anda lebih fleksibel bergerak saat  olahraga.

READ:  5 Manfaat Kesehatan Lidah Buaya

Ukuran Bra

Ukuran Bra yang tidak pas dengan payudara dapat mengganggu aktivitas Anda. Bra yang terlalu kecil menyebabkan payudara lembab hingga bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal dan merah pada payudara atau iritasi kulit pada payudara. Lebih baik gunakan bra yang memang sesuai dengan ukuran payudara Anda.

Berat Badan

Menjaga berat badan merupakan bagian dari tips perawatan payudara. Terlalu gemuk atau terlalu kurus juga akan mengganggu penampilan Anda. Berat badan yang berlebihan akan rentan terhadap penyakit. Lebih baik menjaga berat badan Anda dengan rajin berolahraga dan mengkonsumsi buah dan sayur.

Stres

Kanker payudara bisa timbul karena adanya peningkatan hormon akibat stres yang berlebihan. Oleh karenanya, sebaiknya Anda sebisa mungkin menghindari stres seberat apapun masalah yang tengah dihadapi.

Minuman beralkohol

Penelitian menunjukkan bahwa setiap 2 gelas alkohol dapat memicu tumbuhnya sel kanker pada payudara. Mengurangi atau menghentikan kebiasaan minum minuman beralkohol akan lebih menyehatkan.

Ganti saja dengan jus buah dan jus buah anggur. Jus anggur sangat baik dikonsumsi karena kulit anggur mengandung resveratrol yang dapat membantu mengurangi kadar estrogen yang bisa memicu terjadinya kanker payudara. Imbangi dengan minum air putih.

READ:  Rasa Nyeri pada Payudara Wanita, Berbahayakah?

Pelembap

Kulit payudara juga membutuhkan pelembap untuk mencegah dan mengurangi kerutan karena dehidrasi, sebagaimana kulit tangan dan kaki. Gunakan pelembap khusus payudara atau bust cream.

Bedak

Pemakaian bedak tabur setelah mandi dapat mencegah tumbuhnya jerawat. Hindari pemakaian bra yang basah agar tidak memicu kuman-kuman pada payudara Anda.

Tidur Tengkurap

Tidur tengkurap dapat merubah posisi payudara. Lebih baik tidur dengan posisi miring serta hindari pemakaian bra saat tidur agar peredaran darah lancar dan payudara bisa bernapas dengan bebas.

Periksa Payudara

Deteksi dini tanda-tanda kanker payudara dengan metode Periksa Payudara Sendiri.

**

Itulah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk merawat payudara supaya tetap sehat dan terawat! Cegahlah resiko kanker payudara dengan melakukan perawatan di atas secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat.