5 Keuntungan Ibu Melahirkan Secara Normal

Loading...

Keuntungan Bisa Melahirkan NormalKehidupan modern saat ini menuntun semua orang baik itu pria dan wanita untuk selalu beraktifitas setiap saat dan sepanjang hari.

Bahkan pada wanita hamil yang aktif pun aktifitas mereka terkadang tidak berkurang.

Banyak wanita hamil justru cenderung mengabaikan kondisi kehamilan yang sewajarnya, di mana waktu istirahat dan waktu untuk bekerja begitu berkejar-kejaran sehingga para ibu hamil memilih beberapa alternatif yang jauh lebih praktis dan simpel.

Termasuk mengatur jadwal kelahiran bayinya secara caesar, sehingga para ibu hamil yang aktif bisa memprediksikan kapan harus cuti kerja. Padahal, jika mereka mengerti, melahirkan secara caesar tidak jauh lebih baik dari melahirkan normal.

Justru melahirkan normal bisa memberikan proses penyembuhan yang lebih cepat dan banyak aspek positif lainnya yang bisa dipetik  jika para ibu hamil bisa melahirkan normal.

Keuntungan Melahirkan Normal

Berikut beberapa keuntungan yang diperoleh jika ibu hamil bisa melahirkan bayinya secara normal:

1. Dengan melahirkan secara normal, resiko perdarahan akan lebih kecil dan resiko infeksi jahitan tidak ada, tidak seperti saat melahirkan secara caesar.

2. Untuk biaya yang akan dikeluarkan pun jauh lebih sedikit dibanding melahirkan dengan operasi caesar, karena biaya yang dibutuhkan untuk kelahiran normal bisa sepersepuluh dari biaya melahirkan secara operasi caesar.

3. Pemulihan pasca melahirkan normal jauh lebih cepat dibandingkan operasi caesar, karena robekan yang terjadi tidak sebanyak sayatan pada operasi caesar.

READ:  Kenali Tanda Awal dan Tanda Akan Melahirkan

Justru terkadang ibu yang melahirkan secara caesar butuh waktu untuk mengontrol jahitannya secara rutin hingga mencapai 4 bulan lamanya untuk menghindari terjadinya infeksi.

4. Kondisi rahim secara alami akan lebih cepat pulih dan kembali ke posisi semula jika anda melahirkan secara normal apalagi jika diikuti dengan menyusui. Karena dengan melahirkan normal, produksi kolostrum dan ASI si ibu justru lebih baik.

5. Perasaan puas dan merasa sempurna sebagai seorang wanita jika bisa melahirkan dengan normal.

Tips agar Dapat Melahirkan Secara Normal

Agar mimpi dan keinginan para ibu untuk melahirkan normal dapat tercapai, ada beberapa tips yang bisa di ikuti selama masa kehamilan:

1. Rutin melakukan kontrol, setidaknya sebulan sekali untuk memantau perkembangan kesehatan janin.

2. Jaga kondisi tubuh dan stamina agar tetap fit dengan mengkonsumsi vitamin, asam folat dan kalsium yang cukup bagi ibu hamil, sehingga janin dan ibu selalu dalam kondisi sehat.

3. Pastikan nutrisi yang masuk ke tubuh adalah nutrisi yang aman, sehat dan tidak berefek samping pada kesehatan ibu dan bayi.

4. Jika usia kandungan sudah memasuki trimester ketiga, biasakan melakukan gerakan senam hamil, jalan pagi dan lebih banyak beraktifitas agar janin lebih aktif mencari jalan lahirnya sendiri.

5. Hindari stress. Stress pada ibu hamil dapat memicu naiknya tekanan darah dan ini berbahaya bagi janin, karena bisa terancam keracunan kehamilan seperti pre-eklampsia dan eklampsia.

READ:  7 Tips Mempertajam Daya Ingat

6. Bergabunglah dengan komunitas ibu-ibu yang melahirkan normal sehingga anda bisa berbagi segala informasi tentang kelahiran normal.

Tips Melahirkan Normal tanpa Rasa Sakit

Karena kebanyakan ibu hamil takut akan rasa sakit saat melahirkan normal, berikut beberapa tips agar bisa melahirkan normal tanpa rasa sakit:

1. Pastikan posisi bayi dalam rahim anda sudah tepat, hal ini bisa anda cek ke bidan atau dokter kandungan anda. Posisi yang paling pas bagi janin untuk lahir adalah posisi bayi sedikit miring dengan letak kepala di bawah sehingga lebih mudah untuk keluar.

Cara agar posisi ini didapatkan antara lain si ibu bisa melakukan latihan berlutut di lantai dengan posisi menungging, dengan bokong lebih tinggi dari perut dan dada.

Latihan lain juga bisa dengan posisi bersandar pada bola fitnes, dengan kaki berlutut namun badan condong ke belakang, pastikan lutut lebih rendah dari bokong. Latihan ini akan memicu posisi bayi untuk turun dan berada di jalan lahir.

2. Jaga selalu kesehatan dengan asupan nutrisi yang tepat dan seimbang, jangan sampai berat badan bayi melebihi berat normal karena akan mempersulit proses kelahirannya.

3. Anda juga bisa melakukan pijatan lembut pada daerah perineum (terletak antara vagina dan lubang anus), agar daerah ini lebih lentur dan lebih siap untuk melahirkan normal.

Otot perineum sangat berpengaruh besar pada saat melahirkan. Jika otot ini lebih rileks dan elastis, tentu rasa sakit saat bayi mulai keluar tidak sesakit jika perineum anda kaku. Cukup lakukan pijatan secara rutin setiap hari di bulan terakhir kehamilan anda.

READ:  Waspadai Wasir Paska Melahirkan

4. Jika sudah terjadi kontraksi pastikan agar anda selalu aktif agar jumlah bukaan semakin bertambah, sehingga proses melahirkan dapat segera dilakukan. Jangan malas dan tidak bergerak, usahakan selalu dalam posisi tegak agar bukaan cepat terjadi, kecuali air ketuban anda sudah pecah dan berkurang, anda butuh istirahat agar janin tidak kekeringan.

5. Ambil posisi jongkok dan posisi menungging seperti sujud dalam sholat untuk memicu janin bergerak ke jalan lahir, keluar dari serviks.

6. Jika anda sudah menunggu hari melahirkan, biasakan meminum teh raspberry setiap hari 4 cangkir, karena teh ini baik untuk membantu kelancaran proses melahirkan. Sekarang raspberry juga sudah ada yang di jual dalam bentuk kapsul agar lebih praktis bagi anda.

(foto: lactamilmama.com)