Panduan K-Pop untuk Pemula

Loading...

Panduan KPop untuk PemulaJika PSY dengan “Oppa Gangnam Style“-nya yang pertama kali mengenalkan Anda pada musik Korea (KPop), maka Anda telah membuka kotak Pandora musik. K-pop adalah salah satu genre musik yang paling cepat berkembang di dunia.

Nah, berikut adalah panduan untuk lebih mengenal musik K-Pop, dilansir dari Seoulistic.com.

Idol Singer

Istilah “penyanyi idola” tidak berarti seseorang yang memenangkan kontes pertunjukan musik. Di Korea, itu berarti penyanyi yang telah dilatih di bawah salah satu agen bakat besar Korea. Agensi yang terbesar adalah SM Entertainment, YG Entertainment, dan JYP Entertainment. Idol biasanya bagian dari boy band, girl band, atau penyanyi solo.

Idol Band

Boy band idola adalah pencetak uang riil dalam industri KPop. Mengusung sense boy band tradisional Amerika tahun 1990-an, seperti N’Sync, Backstreet Boys. Merupakan grup yang beranggotakan 2 sampai 12 orang, yang semuanya bernyanyi dan menari dan tampak sempurna. Boy band biasanya akan mengadopsi persona band mereka sendiri.

Pertama, ada boy band cute yang diwakili oleh grup seperti B1A4, FT Island, dan Boyfriend. Lalu ada girl band cute seperti Orange Caramel, APink, dan Kara. Mereka membawakan warna musik pop upbeat dengan dance yang enak dilihat, mengenakan pakaian yang sangat cerah dan aegyo yang manis.

READ:  5 Top Drama Korea Terlaris di Jepang

Lalu ada boy band seksi, seperti Big Bang, 2PM, Infinite, dan MBLAQ. Mereka berjuang untuk bisa tampil hot dan seksi seperti rekan girl band mereka, 2NE1, 4Minute, Sistar, dan Miss A. Musik mereka cenderung lebih berorientasi pada musik klub, dengan ketukan lebih agresif dan lebih gelap, konsep yang lebih seksi.

Ada juga Girl’s Generation, bagian dari girl band idola yang sedang bertransisi. Awalnya membawa image cute, namun perlahan menjadi lebih seksi seiring dengan usia membernya yang semakin dewasa. Grup serupa termasuk Be2st, Wonder Girls, After School, dan SHINee.

Idol Solo Act

Dunia penyanyi solo sangat cepat berubah dalam KPop. Sebelumnya penyanyi balada mendominasi, saat ini penyanyi rap dan R&B yang mendapatkan popularitas.

Bicara tentang penyanyi solo, ratu solo yang saat ini digemari adalah IU yang sangat manis dan berbakat. Penyanyi balada lainnya termasuk artis seperti Wheesung, Kim Bum Soo, BoA, dan Ailee. Musik mereka sangat soulful dan tulus dan tidak ada musik yang lebih cocok untuk dinikmati di kafe sambil membayangkan seseorang yang Anda cintai dibandingkan musik ini.

READ:  Etiket Makan Tradisional Korea

Gelombang musik R&B dipimpin oleh kepala JYP Entertainment, Jin Young Park sendiri. Dia bukan hanya seorang produser yang luar biasa, tetapi juga seorang performer yang dikagumi banyak orang. Dia menginspirasi seniman berbakat seperti Se7en, G.Na, dan Wooyoung. Namun, tidak ada penyanyi solo KPop yang bisa menyaingi pesona Rain yang karismatik.

Hampir semua lagu grup KPop memiliki bagian rap dan dalam dua tahun terakhir.

Non-Idol Singer

Sebagian besar grup bukan idola ditemukan dalam audisi acara. Selama dua tahun terakhir, band Busker Busker mendapatkan banyak perhatian, meskipun mereka tidak memenangkan acara audisi di mana mereka ditemukan. Lee Hi juga sedang naik daun. Sekarang di Seoul Anda tidak bisa berjalan menyusuri jalan tanpa melihat atau mendengar duet Akdong Musician.

Ada juga band indie yang berkembang dengan pesat di Korea. Yang paling populer, tak diragukan lagi adalah 10cm, yang mengisi soundtrack untuk setiap kafe di Seoul. Ada juga band lain seperti Nell, 404, 9 and the Numbers, dan 3rd Line Butterfly.

READ:  5 Bagian Tubuh Artis Korea yang Paling Diminati

Jika hardcore underground rap merupakan style Anda, maka jangan takut. Seniman di Korea mengeksplorasi segala sesuatu dari musik rap tempo dulu (Noise MOB and Verbal Jint), rap era 90-an (Deepflow, Paloalto, dan The Quiett), spitter, hingga yang lebih modern (Swings, Simon D, dan Dynamic Duo).

(foto: an-iroc.deviantart.com)