15 Tips Memijat Bayi Dengan Benar

Loading...

Memijat bayiMemijat bayi

Pijat bayi belakangan ini semakin populer. Penelitian medis telah membuktikan bahwa pijat sangat bermanfaat bagi si kecil. Pijat memiliki manfaat untuk merangsang syaraf motorik pada bayi, memperbaiki pola tidur dan masih banyak lagi. Simak artikel berikut ini untuk mengetahui tips bagaimana memijat bayi dengan benar.

1. Siapkan seluruh peralatan yang dibutuhkan supaya Anda tidak repot. Baby oil, tissue, popok dan baju ganti.

2. Kulit bayi sangat lembut dan sensitif. Maka dari itu ketika Anda akan memijat bayi lepaskan semua aksesoris yang ada di tubuh Anda. Misalnya cincin atau gelang. Selain dapat menggores kulit bayi, cincin dan gelang bisa saja mengiritasi kulit bayi.

3. Letakkan (tidurkan) bayi di atas kain atau handuk yang lembut dengan wajah menghadap ke ibu.

4. Tuangkan sedikit baby oil ke telapak tangan Anda lalu gosok kedua telapak tangan agar minyak merata sebelum di gosokkan ke bayi. Tambahkan minyak bila merasa kurang.

5. Pastikan bahwa telapak tangan Anda hangat.

READ:  Menguraikan dan Mengenal Feses Bayi Berdasarkan Warnanya

6. Gosok perlahan tubuh bayi dengan telapak tangan. Gerakkan secara melingkar di daerah perut dan dada. Lanjutkan ke daerah bahu, lengan dan kaki. Pijat perlahan agar bayi merasa nyaman.

7. Balikkan tubuh bayi (posisi tengkurap). Bila bayi belum mampu tengkurap sendiri, gunakan tangan Anda sebagai penopang tubuh bayi. Tuangkan minyak sedikit ke telapak tangan, ratakan lalu usapkan perlahan ke punggung bayi. Gerakkan secara memutar seperti pada bagian perut dan dada.

8. Jangan pijat bayi terlalu keras. Tubuh bayi masih sangat rapuh. Pijat perlahan terutama bagian dada dan punggung.

9. Ajak bayi bernyanyi atau berbicara selama pemijatan agar bayi merasa senang dan tak banyak bergerak.

10. Letakkan botol baby oil jauh dari jangkauan bayi agar tidak bisa digapai. Bayi biasanya akan memasukkan segala macam benda yang bisa dia raih, hal ini lumrah. Namun, bila botol baby oil masuk ke mulut bayi bisa menyebabkan bayi tersedak dan bisa saja minyak tersebut tumpah di dalam mulutnya. Jangan mengoleskan minyak ke tangan bayi agar bayi tidak memasukkan tangannya ke mulut.

READ:  Manfaat Berenang Untuk Bayi

11. Hindari melakukan pijatan di daerah kulit bayi yang sedang ruam (iritasi) atau bekas vaksin karena bisa membuat bayi merasa sakit (perih).

12. Bungkus bayi dengan handuk bersih setelah di pijat dan peluk bayi segera agar mereka merasa nyaman.

13. Jangan pijat bayi setelah makan atau pada saat sakit. Itu akan membuat bayi merasa mual dan muntah.

14. Jangan bangunkan bayi bila sedang tidur hanya untuk di pijat. Hal itu akan membuat bayi merasa kesal karena tidurnya terganggu dan akan menangis.

15. Pijatlah bayi Anda secara teratur. Karena manfaat dari pijat bayi sangat banyak.

(photo: couriermail.com.au)