5 Khasiat Daun Kelor dan Kandungan Nutrisi Menakjubkan

Loading...

Manfaat kelorKelor (Moringa oleifera) adalah salah satu dari beberapa “super food” yang dirasa benar-benar pantas menyandang gelar yang diberikan tersebut.

Moringa memiliki banyak manfaat kesehatan dan dapat digunakan dalam beragam cara untuk berbagai macam khasiat yang ingin diraih.

Moringa oleifera dapat digunakan untuk pertumbuhan otot, kesehatan kulit, untuk meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh, untuk menurunkan berat badan, dan sebagai sumber alami nutrisi.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

Bagian yang memiliki kandungan gizi paling besar pada tanaman kelor adalah daun kelor itu sendiri, Beberapa kandungan gizi penting yang dimilikinya diantaranya yaitu: provitamin A yang berfungsi sebagai beta-karoten, vitamin B6, vitamin C, magnesium, kalsium, juga kalium dan protein sebagaimana telah diteliti di lab oleh USDA.

Kandungan gizi dan nutrisi yang dimilikinya akan terlihat mencolok apabila dibandingkan dengan makanan bergizi lainnya. Jumlah nutrisi yang terdapat pada kelor sangatlah mengejutkan.

Hal ini terlihat dari perbandingan kandungan antara daun kelor dengan makanan lainnya per 100mg (treesforlife.org):

  • Vitamin A yang terkandung dalam daun kelor adalah sebanyak 6.8 mg atau setara hampir 4x lipat dari kandungan vitamin A pada wortel yakni sebanyak 1.8 mg.
  • Kandungan kalsium yang dimiliki daun kelor juga termasuk tinggi yakni sebesar 440 mg atau 3x lipat lebih dari susu sapi yang sering dianggap sebagai sumber kalsium tertinggi yang hanya memiliki kandungan kalsium sebesar 120 mg.
  • Daun kelor juga kaya akan kalium. Hal ini terbukti dengan kandungan yang dimilikinya yakni sebesar 259 mg atau setara hampir 3x lipat dari kandungan kalium yang dimiliki pisang sebesar 88 mg.
  • Susu sapi yang juga dikenal kaya akan protein pun juga kalah mentereng apabila dibandingkan dengan daun kelor. Susu memiliki kandungan protein sebesar 3.1 g sedangkan daun kelor memiliki kandungan protein sebanyak 6.7 g atau 2x lipat dari susu.
  • Sedangkan kandungan vitamin C yang dimilikinya juga tidak kalah menakjubkan. Jeruk yang kita kenal sebagai sumber vitamin C hanya memiliki kandungan sebesar 30 mg. Bandingkan dengan daun kelor yang memiliki kandungan sebanyak 220 mg atau lebih dari 7x lipat kandungan vitamin C pada jeruk.
READ:  Cara Kerja dan Efek Samping Acetaminophen

Khasiat Daun Kelor

Daun Kelor memiliki banyak sekali khasiat yang bermanfaat bagi tubuh dan beberapa khasiat daun kelor sebagaimana dikutip dari moringabenefits.net, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Tekanan darah tinggi

Jika anda menderita tekanan darah tinggi, daun kelor ini berisi empat senyawa penting yang tubuh anda butuhkan untuk tekanan darah yang sehat yaitu: Niasin A1 dan A5, dan vitamin B3 dan B10.

Kelor memiliki kandungan nutrisi yang diperlukan untuk mendukung produksi nitric oxide pada tubuh anda. Ini termasuk magnesium, seng, kalium, kalsium dan vitamin E. Ketika kadar nitric oxide anda sehat, darah akan mengalir dengan baik melalui pembuluh darah anda, sehingga mengurangi tekanan darah Anda.

2. Kanker

Kanker adalah hasil dari radikal bebas yang mengambil kendali jaringan dan aliran darah, merusak sel-sel anda dan menyebabkan pertumbuhan kanker. Anti-oksidan dalam daun kelor (moringa oleifera) mengurangi efek dari semua radikal bebas yang dapat meningkatkan risiko jenis penyakit mematikan ini.

3. Ulkus Lambung

Ulkus lambung tidak hanya menyakitkan, tapi dapat menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani dengan baik. Beberapa penelitian medis telah dilakukan yang mengidentifikasi efek positif dari daun kelor untuk tidak hanya menghilangkan gejala-gejala dari kondisi ini, tetapi juga untuk memperbaikinya. Dokter percaya bahwa anti-inflamasi mengurangi peradangan pada kapiler, sedangkan anti-oksidan menghilangkan radikal bebas, memungkinkan sel-sel sehat untuk bergerak masuk dan mengambil alih.

READ:  Memahami Gejala dan Tanda-Tanda Kanker Payudara

4. Anti Penuaan

Semakin tua usia anda, semakin sedikit sel-sel anda yang dapat beregenerasi. Anda juga menghasilkan lebih sedikit kolagen dan elastin, dua elemen yang paling penting dari pembentukan kulit.

Anti-oksidan dalam daun kelor menghentikan radikal bebas, sementara banyak protein yang dikandungnya membantu mempercepat pertumbuhan kembali sel-sel baru. Selain itu, vitamin A yang dikandung membantu dalam produksi kolagen dan elastin, membantu membentuk kulit anda dan menghilangkan keriput.

5. Menurunkan Berat Badan

Daun kelor akan membantu anda dalam menurunkan berat badan dengan banyak cara. Pertama, menekan nafsu makan anda. Tentunya jika anda tidak lapar, anda tidak akan makan berlebihan. Ini adalah aturan praktis dalam menurunkan berat badan. Selanjutnya, meningkatkan tingkat energi anda, semakin banyak energi yang anda miliki, semakin banyak kalori yang anda bakar.

Daun kelor membantu memperbaiki mood anda, dan menjadikan kemungkinan bagi anda untuk tidak makan ketika tidak lapar semakin tinggi. Karena beberapa pemakan emosional akan makan entah karena lapar ataupun tidak. Anda tidak perlu khawatir jika stres tidak bertumpu pada bahu anda.

READ:  Tips Pencegahan Alergi Pada Bayi, Coba ini!

(foto by Ahmad Fuad Morad – flickr.com)