Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Warna Gelap pada Kulit Ketiak

Loading...

Mengatasi Warna Gelap Pada KetiakWarna gelap pada kulit ketiak adalah masalah yang sangat umum, alami dan sering dihadapi oleh beberapa orang saat ini.

Kulit ketiak biasanya akan lebih gelap dibandingkan dengan kulit lainnya pada seluruh tubuh. Warna gelap di kulit tersebut bisa terjadi karena dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Kebanyakan orang terus mencari cara yang tepat untuk menyingkirkan ketiak gelap, karena hal ini tentunya akan cukup memalukan jika terlihat oleh orang lain. Dengan warna ketiak yang gelap, Anda tidak mungkin bebas mengenakan pakaian tanpa lengan yang Anda sukai.

Penyebab Ketiak Gelap

Beberapa penyebab umum ketiak gelap yaitu karena keringat berlebih di area ketiak dan juga infeksi yang timbul dari kondisi yang tidak higienis.

Selain itu beberapa penyebab lainnya seperti gangguan kulit, penumpukan sel kulit mati di daerah ketiak, penggunaan deodoran secara berlebihan atau juga akibat penggunaan cream hair removal yang dapat memberi efek berbahaya.

Untuk mengobati kulit ketiak gelap Anda, terlebih dahulu Anda perlu memahami hal-hal yang menjadi penyebab ketiak gelap dan menghindari hal tersebut. Sebenarnya Anda bisa dengan mudah menggunakan jasa perusahaan-perusahaan kecantikan yang menawarkan perawatan dan jasa untuk meringankan corak kulit pada ketiak.

READ:  7 Cara Alami Memutihkan Ketiak Hitam

Namun, hal tersebut tentunya akan sangat mahal sehingga kurang terjangkau bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, sebaiknya Anda beralih pada solusi alami untuk mengatasi ketiak gelap, selain karena efektivitasnya, cara alami juga dapat dijangkau oleh seluruh lapisan masyarakat.

Solusi Mengatasi Ketiak Gelap

Dibawah ini adalah beberapa solusi alami untuk mengatasi ketiak gelap yang akan membantu Anda menghilangkan rasa malu:

  • Hindari menggunakan deodoran secara terus menerus, sepanjang hari. Kurangi pemakaian deodoran Anda paling tidak satu kali dalam sehari, dan gunakan bubuk anti-jamur atau bubuk tawas pada ketiak sebagai pengganti deodoran.
  • Oleskan beberapa baking soda pada ketiak setelah Anda mandi, baking soda sangat efektif untuk meringankan dan mencerahkan warna kulit.
  • Kentang adalah salah satu bahan yang paling efektif, karena mengandung zat pemutih alami dan tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya. Parutlah kentang secukupnya, bersama dengan kulitnya dan terapkan langsung ke kulit ketiak Anda. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, setelah itu bilas ketiak Anda dengan air dingin.
  • Vitamin E telah dikenal berkhasiat untuk mencerahkan kulit, tanpa menyebabkan efek samping yang buruk untuk kesehatan. Terapkan beberapa minyak atau krim yang mengandung vitamin E, langsung ke kulit ketiak.
  • Singkirkan kulit mati di ketiak Anda, gunakan spons untuk melakukan pengelupasan dengan lembut.
  • Ambil cairan lemon dari lemon segar, lalu campurkan dengan mentimun parut, kemudian tambahkan dengan parutan kunyit. Setelah itu, oleskan campuran tersebut ke kulit ketiak Anda yang berwarna gelap, diamkan selama 20 hingga 30 menit. Kemudian cuci dan bilas dengan air hangat. Sebaiknya lakukan perawatan ini secara teratur, agar warna gelap di ketiak akan sedikit berkurang atau bahkan hilang sama sekali.
  • Campurkan air kapur sirih dengan cairan lemon, lalu oleskan di ketiak Anda setiap selesai mandi, lakukan berulang-ulang.
  • Campuran rumput laut dan bengkuang, dapat mengatasi kulit ketiak yang gelap. Caranya, ambillah rumput laut yang telah kering kemudian haluskan sampai hancur. Parut bengkuang dan redam untuk satu malam kemudian dikeringkan untuk menghasilkan tepung yang lembut. Keesokan harinya, ambil masing-masing dua sendok makan ekstrak rumput laut dan bengkuang. Campurkan dengan air melati, lalu oleskan secara merata pada kulit ketiak yang gelap, biarkan selam 20 menit.
READ:  Langkah Mudah Make Up Minimalis

Warna kulit ketiak yang gelap tentu saja akan membuat Anda kehilangan kepercayaan diri. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan beberapa tips alami mencerahkan ketiak di atas untuk mengatasi hal tersebut sehingga membuat kulit ketiak gelap Anda menjadi lebih cerah.

(foto: myhealthylivingcoach.com)