Kendalikan Sakit Kronis dengan Terapi Magnetik

Loading...

terapi magnetApakah magnet dapat menyembuhkan?

Praktisi alternatif telah lama mengatakan YA, dan studi baru menunjukkan bahwa mereka mungkin benar.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Archives of Physical Medicine and Rehabilitation, peneliti dari Baylor College of Medicine di Houston menemukan bahwa magnet lebih efektif daripada sham magnet dalam memblokir rasa sakit yang disebabkan oleh sindrom pasca-polio.

Sindrom ini ditandai dengan nyeri kaki, mempengaruhi hingga 20% penderita polio di kemudian hari.

Dalam studi terkontrol, 76% dari pasien yang diobati dengan magnet merasakan nyeri lebih ringan. Hanya 18% yang diobati dengan sham magnet yang mendapat bantuan.

Bukti menunjukkan terapi magnet bekerja

Dilansir dari Healing.about.com, dalam studi lainnya, manfaat terapi magnet telah terbukti efektif terhadap:

– Fibromyalgia – Para peneliti di Tufts University School of Medicine di Boston menunjukkan bahwa magnet membantu meredakan nyeri otot yang disebabkan oleh kondisi misterius ini.

Dalam studi tersebut, pasien yang tidur di kasur magnetik mengalami nyeri lebih ringan dibandingkan pasien yang tidur di kasur biasa.

– Neuropati diabetik – Dalam penelitian yang dilakukan di New Your Medical College di Valhalla, bantalan kaki magnetik lebih efektif daripada bantalan kaki bukan magnetik dalam meredakan mati rasa, kesemutan dan nyeri yang terkait dengan masalah terkait diabetes.

READ:  Terapi Baru Menjanjikan Untuk Multiple Sclerosis

Bukti menunjukkan bahwa sekitar 80% dari penderita sakit kronis memperoleh manfaat dari terapi magnetik. Benar untuk hampir semua bentuk rasa sakit.

Bagaimana magnet meringankan nyeri

Ketika dihadapkan pada kulit, magnet merilekskan dinding kapiler, sehingga meningkatkan aliran darah ke daerah yang nyeri.

Magnet juga membantu mencegah kejang otot yang mendasari banyak bentuk nyeri – rupanya dengan mengganggu kontraksi otot. Dan magnet juga mengganggu reaksi elektrokimia yang terjadi dalam sel-sel saraf, menghambat kemampuan untuk mengirimkan pesan rasa sakit ke otak.

Tentu saja, sakit kronis dapat dikontrol dengan aspirin dan obat penghilang rasa sakit dengan atau tanpa resep lainnya. Tapi tidak seperti obat nyeri, magnet tidak membawa resiko efek samping.

Memilih magnet medis

Magnet medis datang dalam berbagai bentuk, ukuran dan kekuatan. Kisaran harganya dari sekitar $5 sampai ke $900.

Paling baik untuk memulai dengan satu atau lebih magnet berbentuk koin yang terbuat dari logam bumi langka neodymium – boron. Untuk sebagian besar aplikasi, “neo” magnet ini bekerja sama baiknya – dengan biaya lebih sedikit – dari magnet lain.

READ:  7 Mitos Tentang Minum Kopi

Magnetisme diukur dalam gauss. Magnet sejenis magnet kulkas sekitar 10 gauss. Itu terlalu lemah untuk menembus kulit dan tidak mungkin membantu untuk sesuatu yang lebih dari memar kecil.

Rentang kekuatan magnet medis dari 450 gauss hingga 10.000 gauss. Semakin tinggi gauss-nya, semakin baik ia dalam meredakan nyeri.

Agar magnet dapat bekerja

Magnet harus ditempelkan langsung di atas kulit pada daerah yang sakit. Beberapa orang menggunakan perban perekat biasa untuk membubuhkan magnet.

Jika magnet gagal untuk memberikan bantuan dalam beberapa hari, ubah posisi magnet di atas titik akupunktur terdekat. Untuk mencari titik-titik pada tubuh, bacalah buku mengenai akupunktur.

Jika reposisi magnet gagal memberikan bantuan dalam waktu 30 hari, kemungkinan besar itu tidak akan bekerja. Beralihlah ke magnet jenis lain atau berbicara dengan dokter tentang penggunaan obat pembunuh rasa sakit atau pendekatan konvensional lain.

1. Nyeri Kaki – sol magnetik bisa meredakan rasa nyeri dan pegal di kaki setelah Anda berdiri sepanjang hari.

READ:  Inilah 6 Alasan Mengapa Diet Seringkali Gagal

2. Arthritis – Jika rasa sakit terbatas pada jari-jari Anda, tempelkan magnet neo ke sendi yang sakit. Atau, Anda bisa memakai gelang magnet.

3. Back Pain – Tempatkan empat magnet sekitar 1,5″ di kedua sisi tulang belakang, dua per sisi. Jika menerapkan dan mengangkat beberapa magnet terbukti merepotkan, gunakan strip magnet keramik tiga sampai empat atau penjepit magnet.

4. Sakit kepala – Plester magnet pada bagian belakang kepala Anda, tepat di atas leher. Atau gunakan ikat kepala magnetik.

5. Tennis elbow – Gunakan pita magnet di sekitar siku. Pita yang sama juga mengurangi nyeri pada lengan tangan yang disebabkan oleh cedera regangan berulang.

(foto: assisianimalhealth.com)