5 Manfaat Terbaik Jus Daun Pepaya untuk Kulit, Rambut Dan Kesehatan Tubuh

Loading...

manfaat jus daun pepayaSebagaimana dilansir stylecraze.com  jus daun pepaya adalah jus yang diekstrak dari daun pepaya. Kita semua menyadari manfaat kesehatan dari makan buah pepaya.

Namun baru-baru ini, ekstrak daun pepaya telah mendapatkan popularitasnya tersendiri karena fungsi pengobatan yang dimilikinya dapat memberikan bantuan terhadap beberapa penyakit mematikan seperti demam berdarah dan kanker.

Dengan peningkatan wabah demam berdarah, telah ada kebutuhan yang meningkat untuk perawatan yang sederhana dan murah. Dan jus daun pepaya adalah jawabannya.

Tidak hanya terbukti efektif dalam memerangi gejala demam berdarah, tetapi juga dalam menyembuhkannya. Selain itu, jus ini juga memiliki sifat anti-kanker serta manfaat kesehatan lainnya.

Cara Membuat Jus Daun Pepaya

Jus daun pepaya memiliki rasa yang cukup pahit, oleh sebab itu dapat dikombinasikan dengan jus buah lainnya.

Anda dapat membuat jus daun pepaya di rumah dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Ambil beberapa daun pepaya berukuran sedang dalam keadaan setengah kering kemudian anda cuci. Potong dan masukkan dalam panci berisi 2 liter air.
  • Rebus air dan daun, dan didihkan tanpa tutup sampai air berkurang setengah.
  • Saring cairan dan simpan dalam wadah kaca. Cairan dapat didinginkan dan disimpan selama 3 sampai 4 hari. Tapi jus segar selalu lebih baik.
  • Jus harus dibuang jika telah berubah menjadi keruh.
  • Atau, jus dapat diperas dengan menghancurkan daun pepaya setelah mengeluarkan batang dan bagian berserat lainnya.
READ:  5 Manfaat Kesehatan Dibalik Rasa Pahit Daun Pepaya

Meskipun jus ini sangat bermanfaat, namun jus ini termasuk makanan yang tidak baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Selain itu, tidak boleh dikonsumsi dengan stimulator tiroid atau Co-enzim Q10.

Manfaat dan Khasiat Jus Daun Pepaya

Jus daun pepaya telah terbukti efektif dalam menyembuhkan demam berdarah. Jus ini juga menawarkan sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Beberapa manfaat kesehatan dari jus daun pepaya adalah sebagai berikut:

1. Daun pepaya mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B1, C dan E, kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi dan air. Jus daun pepaya memiliki enzim penting yang disebut papain yang membantu pencernaan dengan memecah protein alami.

2. Sifat anti kanker terbesar pepaya terkonsentrasi di ekstrak daunnya. Menurut penelitian yang dilakukan oleh jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang secara dramatis memiliki sifat melawan kanker juga terhadap berbagai tumor seperti kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker pankreas, tanpa menimbulkan efek toksik pada tubuh.

READ:  Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Akibatnya, ekstrak daun pepaya sering direkomendasikan sebagai bagian dari kemoterapi di beberapa bagian dunia. Dengan mengatur sel-T, ekstrak daun pepaya meningkatkan respon sistem kekebalan tubuh terhadap kanker.

3. Jus daun pepaya mengandung lebih dari 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri serta berbagai bentuk sel kanker.

Hal ini sering digunakan dalam obat-obatan herbal untuk menghilangkan cacing usus karena mengandung tanin yang melindungi usus dari infeksi ulang dari tanning protein pada lapisan dinding usus.

Dengan cara ini cacing tidak dapat menyematkan diri ke dinding usus. Dengan demikian, jus ini efektif dalam menekan penyebab tifus.

4. Jus daun pepaya bertindak sebagai agen pembersih kulit. Hal ini dapat dikaitkan dengan adanya senyawa karpain yang menghambat mikroorganisme dan racun lainnya, sehingga memberikan kulit yang cerah dan memberikan perlindungan terhadap masalah kulit seperti jerawat, bintik-bintik dan noda.

5. Ekstrak daun pepaya terutama digunakan sebagai bahan dalam shampo anti ketombe dimaksudkan untuk mencegah ketombe. Karena keberadaan senyawa karpain, ia efektif dalam menghilangkan kotoran dan minyak dari rambut tanpa efek samping.

READ:  Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daun Pepaya

(foto by Rosa Say – flickr.com)