Cara Mudah Menggunakan Blackberry sebagai Wifi Router

Loading...

Blackberry sebagai Wifi RouterPengguna Blackberry mungkin belum tahu sepenuhnya bahwa ponsel miliknya bisa digunakan sebagai  Wifi Router atau istilah sederhananya adalah difungsikan sebagai modem.

Memanfaatkan konektifitas yang sudah dari sekedar chatting dan browsing menjadi maksimal adalah tujuan penggunaan BB sebagai Wifi Router.

Router

Router merupakan istilah bagi sebuah alat jaringan komputer yang berfungsi untuk mengirimkan paket data melalui jaringan internet ke tempat yang dituju. Proses ini dikenal dengan sebutan routing.

Routing

Proses routing harus melewati 3 lapisan yang berbeda. Router memiliki fungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan agar data bisa diteruskan dari satu jaringan ke jaringan lainnya, namun sangat berbeda dengan switch yang berfungsi menghubungkan beberapa alat untuk membentuk suatu LAN.

Jika Anda ingin mengetahui cara menggunakan Blackberry sebagai Wifi Router, maka Anda harus menyediakan jaringan internet yang memadai. Anda harus memastikan untuk menggunakan paket unlimited jika ingin memaksimalkan BB Anda sebagai Wifi Router.

Blackberry sebagai Wifi Router

Mengetahui cara menggunakan Blackberry sebagai Wifi Router bisa memberikan keuntungan ganda bagi Anda.

READ:  Cara Tingkatkan Performa Sinyal Wi-Fi Hanya Dalam 5 Menit

Mengubah penggunaan BB menjadi wifi router akan memberikan Anda kebebasan memperoleh manfaat dari satu tagihan internet bulanan untuk bermacam-macam manfaat.  Namun Anda harus menghindari memilih paket internet berkuota karena tagihan internet dapat melonjak tinggi jika menfungsikan BB sebagai modem.

Perhatikan juga bagaimana dua menghubungkan Blackberry ke laptop, karena ada dua cara yang bisa diterapkan.

Jika memilih cara manual, Anda menginstall BB handheld manager terlebih dahulu pada laptop baru dapat menghubungkan kabel USB. Pastikan juga spesifikasi Blackberry sesuai untuk digunakan sebagai modem.

Jika Blackberry yang Anda gunakan tidak memiliki driver modem, Anda dapat mendownloadnya. Sekali lagi pastikan modem driver yang ada dapat berfungsi dengan baik.

Aplikasi Tether

Untuk memudahkan pengguna BB yang ingin memaksimalkan konektivitasnya, Blackberry app world menyediakan aplikasi khusus yang dapat Anda gunakan agar proses mengubah fungsi BB menjadi router dapat dilakukan dengan lebih mudah.

Dapatkan aplikasi dengan nama Tether tersebut di situs tether.com  yang bisa langsung diinstal menggunakan koneksi melalui kabel USB atau bluetooth dari BlackBerry ke laptop, lengkap dengan panduannya dari awal hingga akhir cukup dalam waktu lima menit saja.

READ:  Blackberry ‘Kalah’ Dari Samsung dan LG Di Korea

Anda yang akan menggunakan aplikasi Wifi Router harus menyediakan budget sekitar Rp. 270,000. Hampir sama dengan harga awal modem (seperti Telkom Flazz). Namun, jika dipikir-pikir menggunakan BB sebagai modem akan lebih hemat karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk paket intenet bagi modem Anda.

Budget biaya yang harus Anda sediakan di atas sudah mencakup biaya konektifitas yang jika cukup kuat bisa untuk streaming musik dan video. Penawaran yang sangat menarik plus hemat dari aplikasi Wifi Router.

(foto: blog.netoneshop.com)