Panduan untuk Mendapatkan Kulit Sempurna dan Sehat Terawat

Loading...

tips kulit sehatMungkin Anda berada di usia 20-an atau awal 30-an dan Anda pikir Anda belum mengalami penuaan kulit. Well, Anda salah.

‘Kemudaan’ kulit Anda tidak begitu terkait dengan usia, tapi perawatannya. Jika terkena sinar matahari, asap dan stres yang berlebihan, kulit Anda bisa mulai menua, kehilangan kolagen, cahaya dan elastisitas. Garis prematur dapat berkembang dan kulit Anda mungkin terlihat kusam.

Lebih mudah mencegah kerusakan daripada memperbaikinya. Kabar baiknya, Anda bisa mengendalikan penuaan dini dan mendapatkan kulit Anda kembali dalam kondisi prima dengan 9 tips dan trik berikut, dilansir dari Beauty.about.com:

1. Berhenti Merokok

Merokok adalah penyebab kedua terbesar kerusakan kulit setelah paparan sinar matahari. Kenapa? Nikotin menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi aliran oksigen ke kulit. Bukan hal yang baik.

2. Gunakan retinoid setiap hari atau setiap beberapa hari

Aplikasi lotion retinoid sehari-hari (seperti Retin-A atau Tazorac) dapat menghapus beberapa tahun dari wajah Anda. Bahkan, dermatologist mengklaim bahwa retinoid adalah salah satu produk anti-penuaan yang benar-benar bekerja.

READ:  Membersihkan Wajah dengan Minyak

AHA jika digunakan dengan benar, tidak hanya mengangkat kulit mati, tetapi mengurangi garis-garis halus sehingga Anda tampak lebih muda.

Ekstra tip: Anda harus menjauh dari matahari jika Anda menggunakan retinoid. Anda ekstra-rentan terbakar sinar matahari.

3. Lakukan facial seminggu sekali

Bersihkan wajah, eksfoliasi dengan scrub wajah, lakukan hidrasi dengan masker, dan gunakan pelembab.

4. Pakai tabir surya setiap hari, saat hujan ataupun cerah

Bahkan di saat musim dingin, paparan sinar matahari selama 20 menit tanpa perlindungan dapat merusak kulit.

Dilansir dari O Magazine, Katie Rodan, MD, seorang profesor dermatologi di Stanford University School of Medicine, mengatakan bahwa studi menunjukkan kita hanya mendapatkan 23% dari total paparan UV pada usia 18 tahun. Tentu saja semakin buruk seiring dengan bertambahnya usia. Jadi Anda bisa mencegah timbulnya penuaan akibat matahari dengan memakai tabir surya.

5. Jangan menarik dan menggosok kulit Anda

Penuaan kulit akibat serangan sinar UV, stres dan karbon monoksida, jangan menambah stres dengan menariknya.

READ:  Jangan Abaikan 5 Produk Perawatan Kulit Sehari-hari ini

6. Jangan lup melembabkan kulit.

Keriput disebabkan oleh kulit kering merupakan mitos, pelembab dapat memperbaiki munculnya garis. Juga pertimbangkan krim mata yang baik.

Ekstra tip: Pelembab paling baik digunakan pada kulit basah. Ia mengunci kelembaban yang masuk.

7. Jangan abaikan leher dan dada

Leher dan dada adalah yang pertama menunjukkan tanda-tanda penuaan karena memiliki kelenjar minyak lebih sedikit daripada bagian tubuh yang lain, namun sebagian besar dari kita mengabaikannya. Carilah pelembab yang memiliki bahan-bahan yang dapat melawan penuaan seperti vitamin A (retinol), kinetin, tembaga atau vitamin C.

8. Jangan lakukan tanning

Bahkan jika keriput belum muncul, Anda perlu berhenti melakukan tanning. Setelah tanda-tanda penuaan muncul, Anda akan menghabiskan banyak uang untuk membalikkan keadaan.

Jika Anda memiliki kerusakan akibat sinar matahari, lakukan photorejuvenation. Banyak spa dan dermatologist yang menyediakannya. Jika Anda memiliki bintik-bintik coklat, perlakukan dengan jus lemon yang diencerkan dengan air, menurut dermatolog Jessica Krant di Harper Bazaar.

9. Jangan sporadis merawat kulit Anda

Sangat penting untuk membersihkan wajah Anda setiap malam, tidak hanya untuk menghindari pori-pori tersumbat, tetapi juga untuk membilas semua polusi yang rentan terhadap kulit.

READ:  Waspadai Efek Samping Facial Wajah

(foto: berryripe.com)