8 Superfood Berkhasiat untuk Diet Anda

Loading...

superfoodsSebagaimana dilansir dalam livestrong.com, disebutkan bahwa meskipun tidak ada definisi yang benar-benar terbentuk untuk “superfoods,” University of California Davis College of Agricultural and Environmental Sciences mengutarakan bahwa istilah superfood tersebut digunakan untuk mendefinisikan makanan dengan manfaat kesehatan yang melampaui nutrisi dasar.

Sebagai contoh, banyak superfood umumnya mengandung konsentrasi besar vitamin, mineral dan antioksidan yang dapat membantu melawan kanker atau mengurangi risiko penyakit jantung.

Dan jika saat ini Anda sedang melakukan diet, Anda mungkin akan membutuhkan makanan yang rendah kalori. Anda mungkin perlu tahu manfaat kesehatan apa yang dapat superfood berikan dalam mendukung upaya penurunan berat badan Anda.

Berikut ini 8 superfood yang bermanfaat untuk diet anda sebagaimana dilansir livestrong.com:

Kacang-kacangan

Dr Jonny Bowden, PhD, seorang spesialis klinik nutrisi menjelaskan bahwa meskipun kacang tinggi akan kalori, akan tetapi kacang juga memiliki kandungan lemak tak jenuh serta sehat yang sangat tinggi,  yang dapat mencegah penyakit jantung dan menurunkan kolesterol Anda.

Almond, walnut, pecan, kacang tanah dan kacang macadamia adalah pilihan yang baik. Nikmati kacang-kacangan dalam jumlah yang tidak berlebihan, 5 ons  kacang seminggu adalah jumlah yang wajar.

READ:  10 Langkah Untuk Mempercepat Penurunan Berat Badan

Jambu biji

Jambu biji adalah buah tropis yang lezat serta dapat mendukung tujuan penurunan berat badan Anda. Jambu biji merupakan superfood yang mengandung lebih banyak kandungan lycopene apabila dibandingkan dengan makanan ataupun buah lainnya.

Lycopene adalah antioksidan antikanker yang kuat. Secangkir jambu biji memiliki 8 g serat yang akan membantu menjaga kestabilan gula darah dan membantu tubuh Anda melepaskan insulin yang dapat menyimpan lemak.

Blueberry

The American Council on Exercise merekomendasikan blueberry karena kandungan kalorinya yang rendah, 50 buah blueberry memiliki sekitar 40 kalori. Blueberry mengandung berbagai antioksidan dan dapat sangat membantu dalam mencegah penurunan kognitif dari penyakit seperti Alzheimer dan Parkinson menurut “The 150 Healthiest Foods on Earth” oleh Dr Jonny Bowden.

Bayam

Bayam dapat dianggap sebagai superfood karena kandungan kalorinya yang juga rendah – 7 kalori per cangkir – dan dilengkapi dengan vitamin seperti vitamin A, C dan K. Bayam juga merupakan sumber kalsium yang baik, zat besi dan senyawa antioksidan yang dimiliki seperti neoxanthin, dpat menyebabkan sel-sel kanker prostat untuk merusak diri sendiri, menurut Dr Bowden.

READ:  9 Pasangan Makanan Terbaik Melawan Penyakit

Kangkung

Kangkung adalah sayuran berdaun hijau yang kurang dihargai.Bagaimanapun, kangkung adalah pembangkit gizi dan memiliki kandungan “ kapasitas penyerapan radikal”  yang lebih dari makanan lain menurut “The 150 Healthiest Foods.” Dengan kata lain, kangkung adalah makanan yang paling efektif untuk menghancurkan radikal bebas yang dapat merusak DNA dan menyebabkan stres oksidatif.

Telur

Dr Bowden merekomendasikan Anda makan telur jika Anda mencoba untuk menurunkan berat badan. Bukan saja telur merupakan sumber protein yang baik tetapi juga mengandung lutein dalam jumlah tinggi, yang mendukung kesehatan mata Anda, dan kolin, yang mendukung fungsi kognitif Anda.

Putih telur adalah makanan diet yang sangat baik, namun sebagian besar vitamin dan mineral seperti vitamin D, zat besi, dan folat ditemukan dalam kuning telur, bukan putih.

Kacang Merah

Kacang merah, adalah superfood yang akan mendukung rencana diet Anda. Kacang mengandung serat, yang akan membantu mengurangi nafsu makan dan menjaga kadar glukosa darah Anda agar tetap stabil. Menurut Dr Bowden, kacang merah sarat dengan phytochemical seperti diosgenin yang dapat mencegah kanker dengan menghambat sel-sel kanker sebelum mereka berkembang biak.

READ:  Waspadai Ancaman Bakteri Listeria pada Makanan Anda

Sarden

Semua jenis ikan sebenarnya bersahabat dengan diet tapi Dr Jonny Bowden merekomendasikan sarden sebagai makanan super untuk diet. Sarden yang sarat dengan omega-3 asam lemak, yang dapat menurunkan kolesterol dan faktor risiko lain untuk penyakit jantung.

Satu kaleng sarden menyediakan Anda dengan lebih dari 150 persen nilai harian Anda untuk vitamin B-12. Dr Bowden menjelaskan bahwa sarden tidak membawa risiko kontaminasi merkuri.

(Foto : leonorbodyplan.com)