6 Cara Sederhana Meredakan Nyeri pada Leher

Loading...

mengatasi nyeri leherSakit pada leher bisa muncul karena beberapa alasan. Postur tubuh yang buruk, terlalu lama bekerja, stres dan ketegangan atau trauma pada leher sehingga menyebabkan nyeri leher.

Meskipun menggunakan obat kimiawi atau koyo dapat mengurangi sakit leher tetapi ada baiknya untuk Anda tidak terlalu bergantung dengan obat-obatan.

Nah, Anda dapat menggunakan beberapa cara untuk mengurangi dan meredakan rasa nyeri pada leher, yang kami bagikan berikut, tanpa perlu mengonsumsi obat-obatan.

1. Putar Leher

Ini adalah cara yang paling sederhana dari beberapa jenis latihan yang dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa harus menggunakan alat untuk melakukannya.

Jika otot pada leher terasa tegang, Anda hanya perlu memutar kepala dengan cara melingkar dengan perlahan. Cara ini akan membuat rasa nyeri sedikit berkurang. Anda dapat melakukannya dengan satu arah selama beberapa detik lalu lakukan lagi secara berlawanan arah.

Pastikan untuk melakukannya secara perlahan agar menghindari dari keseleo pada otot sekitar pundak Anda.

2. Berenang

Ya, berenang ternyata membantu dalam meredakan rasa nyeri pada leher Anda. Tidak sedikit juga dari mereka menggunakan metode terapi kolam untuk meminimalkan efek peradangan, meredakan nyeri dan melatih pergerakan leher agar lebih baik.

READ:  10 Tips Tetap Sehat di Musim Pancaroba

Anda dapat membuat tubuh dalam posisi jongkok hingga air mencapai dagu kemudian bergerak maju mundur dan dari sisi satu ke sisi lainnya.

3. Cara Duduk

Saat berhadapan dengan komputer, sebaiknya atur posisi duduk Anda untuk menghindari rasa tegang yang akan menyerang leher Anda.

Selain itu, hindari menjepit telepon di leher saat sedang menerima telepon. Hindari meletakkan laptop di pangkuan Anda, karena akan membuat Anda berbungkuk sehingga akan membuat nyeri pada leher.

4. Penggunaan Bantal

Saat tidur kebanyakan dari Anda lebih memilih untuk menggunakan bahan tinggi karena merasa lebih nyaan. Namun, menggunakan bantal yang tersusun akan lebih membuat leher terasa lebih nyeri dan bermasalah.

Disarankan untuk menggunakan bantal tipis saja agar tidak mengganggu leher dan tidak menimbulkan rasa nyeri pada leher serta punggung.

5. Gunakan Telapak Tangan

Ketika stress menyerang maka secara tidak langsung akan mempengaruhi otot sekitar leher sehingga menyebabkan rasa nyeri. Anda dapat mencoba cara ini untuk meredakannya.

Caranya, saat duduk di meja letakkan siku sejajar dengan dada. Setelah itu buat telapak tangan menahan tekanan kepala Anda. Lakukan selama beberapa menit.

READ:  Larangan yang Harus Dipatuhi Ibu Hamil

6. Mengonsumsi Magnesium

Magnesium adalah salah satu mineral yang membantu dalam berkontraksi dan mengendurkan ketegangan otot. Anda dapat melakukan konsultasi dengan ahli gizi mengenai seberapa besar jumlah magnesium yang dapat Anda konsumsi untuk membantu dalam proses peredaan nyeri yang dirasakan.

Magnesium dapat Anda temukan pada buah-buahan, sayuran, produk kedelai, kacang polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu juga magnesium dapat diperoleh dari beberapa suplemen yang dijual di pasaran.

**

Demikian beberapa tips untuk meredakan nyeri pada leher. Saat Anda beraktifitas atau bekerja usahakan untuk menyisipkan sedikit waktu untuk istirahat karena akan membantu Anda menghindari nyeri pada leher. Selain itu pemenuhan magnesium dan air mineral juga sangat baik untuk Anda.

Jangan lupa untuk konsultasi kepada ahli kesehatan, karena bisa saja nyeri pada leher Anda merupakan indikasi dari sebuah penyakit serius yang membutuhkan penanganan segera. Semoga bermanfaat.