13 Herbal untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Loading...

pengobatan herbal untuk masalah pencernaanAda lebih dari satu juta orang yang menderita masalah perut, di hampir setiap hari. Beberapa kasus fatal bahkan seringkali dialami akibat masalah pencernaan yang tidak terkendali.

Ketika Anda mengikuti diet dengan asupan makanan yang kaya akan protein dan nutrisi, Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan untuk membuat Anda tetap aktif dan sehat.

Gangguan pencernaan dan perut kembung memang menjadi salah satu masalah paling umum yang seringkali dialami siapa saja. Menurut para ahli, pentingnya pencernaan yang baik tergantung pada jenis makanan yang Anda konsumsi.

Jika Anda makan makanan yang mengandung banyak minyak dan lemak, maka sistem tubuh Anda akan memakan waktu lama untuk mencerna dan kemudian akan menyebabkan perut Anda bergemuruh dengan gas.

Di satu sisi ada beberapa orang yang memiliki kapasitas pencernaan yang sangat baik dan dapat dengan mudah mencerna apa pun yang mereka makan tanpa adanya kesulitan.

Tetapi jika Anda termasuk golongan orang yang seringkali mengalami masalah pencernaan, berikut ada beberapa herbal yang baik untuk menyembuhkan masalah pencernaan tersebut:

READ:  Kenali Dehidrasi Pada Orang Dewasa

Kayu Manis

Jika Anda mengalami masalah pencernaan, cobalah untuk menggunakan kayu manis. Herbal ini sangat efektif untuk mengatasi masalah perut kembung.

Jahe

Gunakan jahe untuk memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh karena akan memberikan hasil yang baik. Dengan mengkonsumsi sepotong kecil jahe, dapat membantu untuk meningkatkan sistem pencernaan Anda.

Jahe juga akan membantu untuk merangsang dan menyerap nutrisi, gas serta akan melepaskan racun buruk dari dalam tubuh Anda.

Biji Adas

Jika Anda memiliki masalah dengan pencernaan, Anda dapat menemukan solusi dengan menggunakan biji adas. Benih ini dapat membantu untuk menyingkirkan kram perut dan kembung berlebihan.

Peterseli

Ini adalah ramuan yang baik untuk pencernaan karena merupakan sumber yang kaya akan fitoestrogen. Tanaman ini kaya akan kandungan vitamin C yang membantu Anda untuk mencerna makanan lebih cepat.

Kulit Lemon

Dengan kulit lemon, Anda bisa mengatasi masalah pencernaan dengan baik dan alami. Kulit lemon digunakan untuk mengatasi perut kembung, mual dan kurang nafsu makan.

Merica

Umumnya penggunaan ramuan ini adalah untuk detoksifikasi darah. Namun, jika Anda memiliki masalah pencernaan, Anda bisa mengunyah dua bola merica untuk mengatasi masalah tersebut.

READ:  Memanfaatkan Biji Alpukat Sebagai Obat Herbal dan Pewarna Makanan

Kemangi

Kemangi merupakan salah satu ramuan terbaik untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Kemangi adalah herbal yang dapat membantu untuk memperlancar pencernaan dan mengurangi gas dalam perut.

Daun Alfalfa

Ramuan dari daun ini merupakan obat ringan yang merupakan salah satu solusi untuk menyembuhkan masalah pencernaan. Daun Alfalfa terasa pahit jika dikonsumsi, itulah mengapa sebaiknya Anda mencampurkannya dengan sedikit susu untuk menambah rasa manis pada ramuan ini.

Dandelion

Jika Anda menambahkan ramuan ini dalam diet harian Anda, maka itu berarti bahwa Anda telah menemukan solusi untuk mengatasi masalah pencernaan Anda. Ramuan ini digunakan untuk menyembuhkan pencernaan dan harus dikonsumsi sebelum makan.

Akar Gentian

Ketika Anda mengkonsumsi makanan berat, sulit bagi Anda untuk mencerna makanan dengan mudah. Oleh karena itu setangkai akar gentian akan membantu untuk merangsang sekresi cairan pencernaan dan meningkatkan fungsi kandung empedu.

Peppermint

Salah satu herbal terbaik untuk menyembuhkan masalah pencernaan adalah peppermint. Mengkonsumsi sepotong peppermint dapat menenangkan kejang pencernaan, membantu dalam mengurangi gas dan mengurangi rasa sakit serta ketidaknyamanan pada perut.

READ:  Ini dia Sayuran yang dapat Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Kunyit

Jika Anda menderita masalah pencernaan, kunyit dapat digunakan untuk membuat Anda merasa lebih baik. Kunyit membantu untuk menyingkirkan gangguan pencernaan dan gas dalam perut Anda.

Biji Rami

Ramuan terbaik untuk menyembuhkan gangguan pencernaan adalah biji rami. Setelah makan, konsumsilah segenggam biji rami untuk memperlancar pencernaan Anda.

(foto: health.howstuffworks.com)