7 Jenis Penyakit yang Sering Disepelekan

Loading...

gejala sakit perutKesehatan mahal harganya. Itu adalah salah satu slogan yang biasanya kita dengar.

Terkadang beberapa jenis penyakit dianggap berbahaya saat benar-benar memberikan efek buruk pada kesehatan Anda.

Sedangkan beberapa jenis penyakit dengan gejala tertentu yang dirasakan, sering dianggap tidak perlu dikhawatirkan bahkan sering dibiarkan.

Namun perlu diketahui bahwa beberapa gejala dari penyakit berikut yang kami bagikan untuk Anda, akan benar-benar dapat berbahaya saat diabaikan.

Apa saja penyakit yang berbahaya bila diabaikan gejalanya?

1. Rasa Lelah yang Berlebihan

Apakah Anda sering merasa lelah meskipun Anda sudah cukup tidur dan istirahat, makan makanan yang tepat, melakukan kebiasaan yang sehat dan mengatur waktu yang cukup saat bekerja?

Kelelahan berlebihan yang Anda rasakan dapat dikatakan sebagai salah satu bentuk ketidakseimbangan hormon, depresi, kekurangan vitamin atau bahkan penyakit jantung. Anda dapat melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui apa saja hal yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

2. Sakit Perut

Nyeri perut yang Anda rasakan biasanya dapat teratasi saat Anda berpikir hanya perlu menggosokkan bagian perut Anda beberapa menit saja dan nyeri nantinya akan mereda dengan sendirinya.

READ:  Tips Perawatan Kulit Alami Secara Menyeluruh

Namun harus diketahui, sakit perut yang Anda alami mungkin saja terdapat beberapa masalah pada beberapa bagian organ dalam tubuh seperti batu empedu, peradangan, sembelit atau bahkan penyakit serius seperti kanker usus besar.

Karena itu, saat Anda merasakan sakit perut yang sering terjadi dalam jangka waktu panjang maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penjelasan secara medis mengenai apa yang sedang Anda alami.

3. Nyeri Dada

Sakit dada adalah salah satu keadaan dimana rasa ketidaknyamanan akan terjadi saat Anda bernafas, namun tidak jarang Anda sering meremehkannya.

Nyeri pada dada bisa saja dikategorikan sebagai salah satu tanda Anda mengidap penyakit jantung. Karena itu sebaiknya lakukan pemeriksaan saat Anda merasakan nyeri pada dada.

4. Kulit Belang atau Tahi Lalat

Saat Anda membersihkan tubuh dan tiba-tiba Anda dikagetkan dengan munculnya sebuah belang pada salah satu bagian tubuh, Anda mungkin akan berpikir bahwa itu hanya sebuah penyakit kulit seperti panu atau jamur sehingga dengan menggunakan beberapa olesan salep atau lotion akan segera menghilangkannya.

READ:  7 Gejala Tubuh Terserang Penyakit

Sama halnya dengan panu, tahi lalat juga biasanya dikatakan sebagai salah satu tanda gangguan kulit yang sering dibiarkan. Padahal munculnya tahi lalat secara tiba-tiba dapat dikatakan sebagai tanda-tanda awal melanoma, yang biasa dikenal dengan kanker kulit.

Jika Anda memiliki tahi lalat sejak lahir, sebaiknya lakukan pengamatan secara berkala. Jika terjadi perubahan dalam segi warna, bentuk dan ukuran maka sebaiknya lakukan pemeriksaan pada dokter kulit.

5. Benjolan di Dada

Setiap wanita harus mewaspadai munculnya benjolan misterius khususnya pada bagian payudara karena ditakutkan sebagai salah satu gejala kanker payudara.

Benjolan biasanya berbentuk seperti kelereng kecil yang berada tepat di bawah ketiak. Anda dapat melakukan pemeriksaan benjolan setelah jadwal menstruasi.

6. Berat Badan

Anda mungkin berpikir bahwa melakukan diet atau penggemukan badan tidak akan menimbulkan efek samping pada kesehatan tubuh.

Namun perlu diketahui bahwa penurunan berat badan yang drastis atau kenaikan berat badan secara tiba-tiba bisa menjadi salah satu gejala gangguan makan, obesitas kronis, gangguan usus atau anoreksia.

READ:  Tips dan Cara Merawat Kulit Kering

7. Nyeri Sendi

Apakah Anda terus-menerus merasa sakit pada beberapa bagian sendi? Atau terjadi sedikit pembekakan pada sendi?

Maka sebaiknya hindari sikap mengabaikan. Lakukan pemeriksaan karena mungkin saja ini salah satu gejala beberapa otot yang robek atau ligamen bengkak.