6 Tips Meminimalisasi Ancaman Radiasi Ponsel

Loading...

menghindari-radiasi-ponselPara ilmuwan di World Health Organization (WHO) mengumumkan bahwa badan tersebut telah memasukkan penggunaan ponsel dalam kategori “carcinogenic hazard,” sama seperti timbal, mesin knalpot dan kloroform.

Belum cukup banyak studi jangka panjang untuk membuat kesimpulan yang jelas apakah radiasi dari ponsel aman, tapi ada cukup data untuk kemungkinan kaitan.

Ponsel menggunakan radiasi non-ionisasi, yang tidak merusak DNA seperti cara radiasi pengion. Radiasi ponsel lebih beroperasi seperti daya microwave yang sangat rendah.

Jika pemberian label WHO pada penggunaan ponsel sebagai “kemungkinan karsinogenik bagi manusia” telah membuat Anda khawatir, berikut adalah beberapa tips dasar cepat untuk membatasi paparan radiasi ponsel, dilansir dari CNN.

Gunakan kabel

Bukan kebetulan bahwa kebanyakan ponsel diciptakan dengan sepotong kabel untuk telinga. Headset kabel secara otomatis akan mengurangi paparan radiasi Anda karena ponsel berjauhan dengan badan. Setiap inci jarak yang Anda buat dapat mengurangi jumlah radiasi yang Anda serap.

Headset kabel mungkin masih mengirimkan radiasi melalui kabel – tapi itu adalah tingkat yang sangat rendah. Jika masih mengkhawatirkan, Anda dapat membeli manik ferit untuk hanya beberapa rupiah di toko-toko elektronik yang akan menempel ke kawat dan menyerap radiasi yang melalui kawat, mengurangi radiasi memasuki tubuh Anda.

READ:  Radiasi Ponsel

Kepala koresponden medis CNN, Dr. Sanjay Gupta mengatakan ia menggunakannya karena lehernya tidak begitu sakit setelah melakukan panggilan telepon yang panjang.

Gunakan speakerphone

Hal ini bisa sangat mengganggu, jika Anda berada di tempat umum. Tetapi para ahli mengatakan bahwa menggunakan fungsi speakerphone sangat membantu karena menjaga ponsel jauh dari otak Anda. Setiap inci Anda menjauhkan ponsel dari tubuh Anda mengurangi radiasi.

Misalnya, mengulurkan ponsel dua inci dapat menurunkan radiasi hingga empat faktor, Magda Havas, seorang profesor dari Institute for Health Studies di Trent University di Ontario, Kanada, mengatakan kepada CNN.

Meskipun begitu, perhatikan situasi dan kondisi, pastikan percakapan telepon Anda tidak menjadi konsumsi umum.

Jangan menggunakan Bluetooth sepanjang waktu

Earphone nirkabel bluetooth akan memaparkan Anda pada beberapa radiasi. Namun, akan menjadi jauh lebih sedikit dibandingkan radiasi ponsel. Masalahnya adalah bahwa kebanyakan orang memakai bluetooth sepanjang waktu. Dan ini tidak baik bagi siapa pun.

Jika Anda menggunakan perangkat bluetooth, alihkan dari satu telinga ke telinga sehingga Anda tidak memiliki terlalu banyak paparan pada satu sisi. Lepaskan dari telinga Anda ketika Anda tidak melakukan panggilan.

READ:  Teknik Menyikat dan Detoksifikasi Kulit

Hot spot radiasi

Ponsel tidak selalu memancarkan radiasi pada tingkat yang sama. Misalnya, ponsel akan memancarkan radiasi yang paling besar saat menghubungkan ke menara seluler.

Tapi telepon bergerak (seperti jika Anda melakukan panggilan saat mengemudi) akan terus terhubung ke menara yang masuk dan keluar dari jangkauan – dan ini otomatis mendongkrak daya maksimum karena telepon berulang kali mencoba menyambung ke antena baru.

Sinyal lemah juga akan menyebabkan ponsel Anda bekerja lebih keras, memberikan lebih banyak radiasi. Jadi hindari menggunakan ponsel di area lift, bangunan dan pedesaan. Penelitian menunjukkan perangkat memancarkan radiasi lebih besar ketika transmisi dibanding saat menerima.

Baca panduan

Sebagian besar dari kita mengabaikan buku panduan manual mengenai gadget kita. Kebanyakan manual keamanan ponsel memberitahu konsumen untuk tidak menyimpan ponsel di samping kepala, atau bahkan di saku. IPhone Apple 4 mengatakan 5/8 inci dari tubuh saat transmisi. Dan BlackBerry Bold mengatakan untuk paling tidak 0,98 inci dari tubuh bila sedang menggunakan perangkat BlackBerry.

READ:  5 Keuntungan Ibu Melahirkan Secara Normal

Jika Anda menyimpannya di samping tubuh Anda, produsen tidak dapat menjamin jumlah radiasi yang Anda serap masih berada dalam tingkat yang aman.

Jangan melakukan panggilan, gunakan pesan teks

Jika Anda tidak ingin memegang telepon di samping wajah Anda sepanjang waktu, kirim pesan teks atau email atau layanan pesan jika Anda memiliki smartphone. Dengan cara ini Anda menghindari penggunaan telepon ke kepala Anda sepenuhnya.

Dan rekan dari CNN Tech mengatakan tentang aturan umum, bahwa semakin cerdas ponsel Anda, semakin banyak radiasinya.