6 Manfaat dan Khasiat Daun Salam untuk Pengobatan Beragam Penyakit

Loading...

manfaat daun salamDaun salam termasuk golongan tanaman rempah yang sangat akrab namanya di telinga kita. Daun yang nama latinnya Syzygium polyanthum ini sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Hampir semua Ibu rumah tangga menggunakan daun salam sebagai bumbu masakan mereka.

Beberapa kalangan mengatakan, daun salam merupakan daun aromatik yang mampu melezatkan masakan. Daun salam ini memiliki aroma khas yang mampu menjadikan rasa masakan semakin memikat.

Pada umumnya, daun salam yang digunakan untuk campuran masakan adalah daun salam yang sudah dikeringkan. Meskipun aroma daun salam kering tak setajam ketika masih dalam keadaan segar, namun dapat disiasati dengan menambahkan daun salam kering dalam jumlah banyak untuk mendapatkan hasil aroma yang maksimal.

Selain bermanfaat sebagai pelezat aroma masakan, apakah Anda tahu jika ternyata daun ini juga memiliki khasiat dan kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh? Daun salam memiliki banyak vitamin dan zat antioksidan serta senyawa yang mampu memberikan manfaat positif bagi tubuh kita.

Kami berbagi 6 manfaat dan khasiat daun salam, berikut ini:

READ:  Konsumsi 10 Makanan Super Ini Sekarang Juga!

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan adanya kandungan vitamin dan antioksidan, ternyata daun salam bisa kita gunakan sebagai penambah tingkat kekebalan pada tubuh kita. Untuk mendapatkan kandungan vitamin dan antioksidan pada daun sama, bisa dengan cara menyeduhnya sebagaimana menyeduh daun teh. Dengan mengonsumsi teh daun salam secara teratur mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.

2. Dapat Digunakan Sebagai Penurun Berat Badan

Dengan mengolah daun salam menjadi teh, ternyata kandungan senyawa yang ada di dalamnya mampu melancarkan sistem pencernaan pada tubuh kita dan bisa digunakan sebagai salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

3. Bisa Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Daun salam ternyata bisa digunakan sebagai ramuan herbal. Dengan kandungan flavonoid yang tinggi, daun salam dapat mengatasi masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Dan untuk cara mengonsumsinya juga sama yakni menjadikan daun salam sebagai teh, dengan cara merebusnya dan kemudian meminum ait rebusan tersebut 1 kali dalam sehari.

4. Mengatasi Penyakit Asam Urat

Banyak sekali kandungan yang bermanfaat di dalam daun salam ini. Selain bisa mengatasi berbagai macam penyakit seperti disebutkan di atas ternyata kandungan vitamin C dan Vitamin B-nya dapat juga mengatasi penyakit asam urat. Caranya adalah dengan meminum air dari rebusan daun salam yang telah dikeringkan.

5. Dapat Mengobati Diare Dan Maag

Ini juga merupakan salah satu khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun salam, dapat mengatasi diare dan maag. Caranya, rebus beberapa helai daun salam ke dalam 2 liter air dan tambahkan garam. Minumlah air rebusan daun salam secara teratur bagi penderita diare atau maag.

6. Meredakan Batuk

Batuk memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-hari, dan dengan menggunakan daun salam Anda bisa menghilangkan batuk yang sedang Anda derita. Adapun caranya adalah dengan merebus beberapa helai daun salam hingga mendidih. Kemudian masukkan air rebusan daun salam yang telah dingin ke dalam gelas lalu campurkan jeruk nipis serta madu ke dalamnya. Minumlah air tersebut secara teratur.

**

Demikianlah 6 manfaat dan khasiat daun salam untuk kesehatan tubuh. Siapa sangka, ternyata di balik manfaatnya sebagai penyedap masakan, daun salam ternyata menyimpan kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.