Pole Dancing, Perpaduan Tarian dan Fitnes untuk Kebugaran Tubuh

Loading...

manfaat pole dancingAnda mungkin pernah mendengar pole dancing. Pole dancing merupakan bentuk seni pertunjukan secara tradisional yang dikategorikan dengan klub strip, tetapi lebih menggabungkan tari dan akrobat yang menggunakan tiang sebagai alat.

Anda dapat melakukan pole dancing di berbagai pusat kebugaran dan kecantikan saat ini. Pole dancing juga telah banyak dijadikan sebagai ajang kompetisi amatir dan profesional yang diadakan di banyak negara di seluruh dunia.

Pole dancing sendiri memusatkan kekuatan kaki dan tangan pada sebuah tiang. Selain menghibur, pole dancing juga memberikan manfaat untuk kebugaran tubuh.

Mau tahu manfaat apa saja yang dapat Anda rasakan bila rutin melakukan pole dancing? Berikut kami bagikan.

1. Baik Untuk Jantung

Saat melakukan pole dancing secara tidak langsung memberikan manfaat untuk jantung dan pembuluh darah. Selain itu Anda dapat dengan mudah membakar sekitar 250 kalori saat melakukan pole dancing. Jadi , jika Anda berencana untuk mengurangi berat badan, maka ini adalah salah satu olah raga yang dapat Anda lakukan.

READ:  6 Tips Olahraga di Rumah

2. Meningkatkan Fleksibilitas

Disamping memberi manfaat kebugaran,pole dancing juga dapat meningkatkan fleksibilitas tubuh. Tingkat kesulitan dari pole dancing sendiri cukup besar, karena itu akan dilakukan secara bertahap. Tahap demi tahap inilah yang akan membuat beberapa bagian tubuh Anda menjadi lebih fleksibel sehingga nantinya akan lebih mudah untuk Anda melakukan tahapan selanjutnya dari pole dancing.

3. Meningkatkan Kekuatan dan Otot

Pole dancing diketahui sebagai salah satu kegiatan yang menantang secara fisik karena secara tidak langsung memerlukan kekuatan otot. Anda dapat mengandalkan salah satu otot pada tubuh sebagai langkah awal sehingga akan membantu dalam meningkatkan kekuatan Anda secara keseluruhan.

Semakin sering menggunakan otot, Anda akan merasa semakin kuat sehingga nantinya akan mampu menanggung berat badan pada tiang tanpa harus menggunakan dukungan eksternal untuk jangka waktu yang panjang .

4. Baik untuk Postur Tubuh

Jika Anda melakukan pole dancing secara teratur, maka akan membantu dalam pembentukan postur tubuh secara tidak langsung. Pole dancing juga baik untuk mengencangkan beberapa otot.

READ:  Kandungan Nutrisi Dan Manfaat Daun Pepaya

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Pole dancing juga dapat dijadikan sebagai salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri. Selain itu, pole dancing juga dapat mengatasi rasa stress dan penat yang dirasakan karena pole dancing lebih bertujuan untuk kesenangan dan hiburan. Karena itu, ada manfaat ganda yang akan dirasakan secara bersamaan saat melakukan pole dancing.

6. Menyenangkan

Pole dancing berbeda dengan beberapa jenis olahraga kebugaran. Pole dancing lebih mengarah kepada rasa senang dan menghibur yang akan dirasakan saat melakukannya. Anda juga dapat lebih berekspresi seperti menggunakan pole dancing dengan musik yang Anda suka, menggunakan stiletto, menggunakan pakaian seksi bahkan Anda dapat lakukan pole dancing tanpa batasan waktu

**

Demikian beberapa manfaat pole dancing. Pole dancing sebenarnya lebih diperuntukkan untuk pria karena memerlukan kekuatan otot, namun seiring dengan perkembangan saat ini pole dancing juga dapat dinikmati oleh para wanita.

Untuk pemula sebaiknya melakukannya di bawah pengawasan instruktur atau pelatih pole dancing untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Selain itu, saat melakukan pole dancing gunakan beberapa jenis pelindung untuk menghindari terjadinya lecet pada beberapa bagian tubuh seperti tangan, siku, atau kaki. Semoga bermanfaat.

READ:  5 Makanan Pencegah Kanker Payudara

(foto: sheknows.com)