Daun Kemangi, Lalapan yang Memiliki Beragam Khasiat Kesehatan

Loading...

khasiat daun kemangiBicara mengenai daun kemangi, mungkin kita sudah sangat hafal dengan tumbuhan yang satu ini. Dengan bentuk daun yang kecil serta memilik aroma yang khas dibanding dengan daun yang lain.

Daun kemangi dapat langsung dikonsumsi dan biasanya digunakan sebagai lalapan dalam hidangan di meja makan.

Di Indonesia sendiri, daun kemangi sangat mudah kita dapatkan keberadaannya. Kebanyakan warga sengaja menanam tumbuhan tersebut di kebun dan di pekarangan rumah bahkan di dalam pot yang ditaruh di teras.

Nah, yang menarik ternyata manfaat daun kemangi bukan hanya sebagai lalapan saja sebagai lalapan saja. Terdapat banyak kandungan gizi dan khasiat yang terdapat pada daun kemangi ini. Silahkan simak mengenai ulasan manfaat dan khasiat dari daun kemangi.

1. Mengatasi Demam bagi Balita

Kandungan vitamin dan zat-zat bermanfaat di dalam daun kemangi tanpa Anda ketahui ternyata bisa digunakan untuk mengatasi demam pada balita Anda. Caranya juga sangat mudah.

Ambillah beberapa helai daun kemangi kemudian remas hingga halus dan campurkan dengan bawang merah dan minyak kelapa. Setelah itu oleskan campuran tadi ke bagian perut, dada, dan punggung balita Anda. Karena khasiat daun kemangi tersebut bisa membantu mengeluarkan angin pada tubuh balita serta bisa menurunkan panas.

2. Melancarkan ASI bagi Ibu Menyusui

Dengan adanya kandungan protein dan vitamin A, B, C, maka daun kemangi bisa melancarkan ASI bagi Ibu yang sedang menyusui. Cara mendapatkan manfaatnya juga mudah, yakni sering-seringlah mengonsumsi daun kemangi yang bisa Anda gunakan sebagai lalapan ketika Anda sedang makan.

3. Digunakan Sebagai Anti Peradangan 

Dan ternyata bukan hanya itu saja khasiat yang bisa kita dapatkan dari daun kemangi. Berdasarkan penelitian, terdapat kandungan myrcene dan eugenol yang berfungsi sebagai antibiotik dan juga sebagai anti peradangan.

4. Menunda Menopause

Bagi para wanita, sering-sering dan perbanyaklah mengonsumsi daun kemangi, karena kandungan zat triptofan yang ada di dalamnya bisa menunda proses menopause pada wanita.

5. Membantu Pematangan Sel Telur pada wanita

Bagi wanita yang sering mengonsumsi daun kemangi ini, maka secara tidak disadarinya ternyata kandungan zat stigmaasterol dalam daun kemangi ternyata dapat merangsang pematangan sel telur atau ovulasi dalam dirinya.

6. Meningkatkan Fungsi pembuluh darah

Khusus pada pasien stroke, mengonsumsi banyak daun kemangi juga bermanfaat positif untuk dirinya. Kandungan isoflavon pada daun kemangi akan membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah pasien stroke tersebut.

7. Membunuh Jamur saat Keputihan

Kita tahu bahwa keputihan biasanya disebabkan karena adanya jamur di daerah organ intim wanita. Dan sangat dianjurkan bagi Anda yang mengalami keputihan untuk mengkonsumsi daun kemangi secara rutin karena kandungan senyawa eugenolnya dapat membunuh jamur yang menyebabkan keputihan.

8. Dapat memelihara Kesehatan Jantung

Ternyata sangat dianjurkan untuk mengonsumsi daun kemangi sesering mungkin jika Anda menginginkan jantung sehat. Kandungan betakaroten dan magnesium pada daun kemangi memiliki fungsi menjaga jantung Anda agar tetap sehat dan jauh dari penyakit.

**

Demikian ulasan mengenai manfaat sehat dari daun kemangi. Mudah-mudahan bisa Anda gunakan sebagai bahan pengetahuan dan pembelajaran mengenai banyaknya manfaat yang tersimpan dalam daun kemangi.

(foto: ginger-and-garlic.blogspot.com)

READ:  Rekomendasi Makanan Bagi Penderita ADHD