10 Cara Sederhana untuk Mengatasi Rambut Kering dan Rontok

Loading...

mengatasi rambut keringRambut kering adalah salah satu masalah utama yang dialami siapa saja. Berbagai macam pengobatan dan jenis produk perawatan tetap saja tidak mampu mengenyahkan masalah ini.

Rambut kering akan terus berkembang karena alasan alam seperti polusi dan penggunaan air keras, maka dari itu Anda perlu melakukan perawatan tambahan untuk rambut Anda.

Perawatan untuk rambut kering tentunya sangat penting untuk dilakukan agar tidak menyebabkan rambut rontok, pecah atau bercabang. Dalam beberapa kasus, rambut kering bahkan bisa membuat rambut menjadi lebih tipis.

Bila Anda memiliki rambut yang kering, menerapkan minyak rambut alami adalah trik untuk membuat rambut Anda menjadi lebih lentur dan halus. Selain itu, jenis shampoo dengan bahan alami harus Anda gunakan untuk menenangkan akar rambut Anda.

Berikut ini terdapat 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rambut kering dengan cara yang paling alami:

Shampoo dengan bahan alami

Anda perlu menggunakan shampoo alami untuk mengatasi rambut kering. Anda bisa membuat shampoo dengan menggunakan bahan alami seperti Shikakai. Shikakai atau Acacia ini merupakan ramuan alami yang terbaik karena dapat mengubah tekstur rambut Anda. Secara tradisional sering digunakan sebagai shampoo alami untuk membuat rambut lebih indah berkilau.

READ:  Cara Membuat Sayur Krecek Dan Sayur Asem Goreng

Kondisioner alami

Salah satu cara untuk merawat rambut kering adalah dengan menggunakan kondisioner alami setelah mencuci rambut. Bahan alami terbaik yang dapat Anda gunakan adalah mayonaise karena mayonaise dapat membuat rambut menjadi lembut dan halus.

Ambillah satu sendok mayonaise kemudian oleskan pada rambut Anda sambil memberikan pijatan halus pada kepala. Diamkan selama 10 menit, setelah itu bilas rambut Anda dengan air dingin.

Perawatan akar rambut secara alami

Untuk mengatasi rambut kering, Anda perlu memberi perhatian lebih pada akar rambut Anda. Ambillah beberapa siung bawang kemudian hancurkan hingga halus. Oleskan bawang tersebut pada kulit kepala Anda, bawang akan membantu membuat rambut baru Anda tumbuh lebih kuat, sehingga menghindari kerontokan.

Rambut kering bercabang

Rambut bercabang merupakan salah satu tanda bahwa Anda memiliki rambut kering. Oleh karena itu Anda harus memberi perhatian bagi masalah ini. Anda harus menghindari menyisir rambut saat basah, sebaiknya tunggu sampai rambut benar-benar kering. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk merawat rambut kering Anda dan menghindari rambut bercabang.

READ:  5 Cara Tradisional untuk Mencegah Rambut Rontok

Rambut kasar

Rambut kasar dikembangkan karena keadaan rambut Anda yang kering. Untuk membuat rambut kasar Anda menjadi lebih halus, oleskan jus tomat pada rambut dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu untuk membuat rambut kasar Anda menjadi halus dan lembut.

Kelembaban alami rambut

Pelembab rambut alami adalah cara terbaik untuk merawat rambut yang kering. Pelembab alami seperti jojoba dan shea butter adalah pilihan terbaik yang bisa Anda coba. Lembabkanlah rambut kering Anda selama setengah jam sebelum Anda membilasnya dengan air dingin.

Masker rambut dengan buah-buahan

Masker rambut sangat sehat bagi rambut Anda. Anda dapat mencoba masker rambut dari buah-buahan seperti stroberi atau kelopak mawar. Kedua pilihan ini pastinya aman untuk Anda gunakan.

Rambut kusam akibat kerkeringan

Anda perlu menambahkan sedikit kilau pada rambut kusam Anda. Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat melakukan perawatan rambut dengan membuat pasta almond. Almond akan membuat rambut Anda tampak lebih bersinar dan terlihat halus.

Menyelimuti rambut dengan handuk hangat

Membungkus atau menyelimuti rambut Anda dengan handuk hangat akan membuat rambut kering menjadi lebih lentur. Rendamlah handuk dalam air hangat, setelah itu peras kemudian bungkus seluruh helai rambut Anda dengan handuk tersebut dan diamkan selama 10 menit. Lakukan perawatan rambut ini paling tidak sekali dalam seminggu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

READ:  4 Tips Menyamarkan Bekas Luka

Cuci rambut dengan susu

Cuciah rambut Anda dengan susu yang telah dipasteurisasi untuk membuat rambut kering Anda menjadi halus. Membilas rambut Anda dengan satu cangkir susu sekali dalam seminggu akan sangat efektif untuk mengatasi rambut kering.

**

Itulah 10 cara untuk merawat rambut kering Anda. Perawatan rambut kering secara alami tidak akan memakan waktu yang terlalu lama. Jika Anda mengikuti cara-cara sederhana diatas, secara perlahan-lahan Anda akan melihat perubahan besar.