15 Jenis Makanan Super Sehat untuk Balita dan Anak-Anak

Loading...

buah super untuk anakAnda tentunya tidak ingin salah memberikan asupan gizi pada anak. Karena apa yang Anda berikan pada anak menentukan perkembangan dan masa depannya. Dalam soal makanan, ini sangat vital.

Balita dan anak-anak memerlukan makanan sehat untuk menunjang perkembangan otak dan tubuhnya. Berenergi dan mampu merangsang pertumbuhan sel tubuh maupun otak adalah kriteria makanan yang tepat untuk anak. Selain itu, harus kaya warna dan lezat agar anak-anak suka.

Ternyata, ada jenis-jenis makan yang istimewa bahkan terbilang makanan super karena jenis makanan ini memiliki efek yang lebih kuat dalam merangsang pertumbuhan tubuh dan kecerdasan buah hati ketimbang jenis makanan lainnya. Sehingga harus sering-sering dimasukkan ke dalam menu makanan sehari-hari.

Berikut jenis-jenis makanan super sehat untuk buah hati tercinta:

1. Telur

Telur mengandung protein, dan merupakan salah satu dari sedikit makanan yang secara alami mengandung vitamin D yang membuat tubuh dapat menyerap kalsium dengan baik. Protein sangat penting untuk pembentukan sel-sel otak.

Buatlah omelet dengan campuran sayuran dan kemangi untuk buah hati Anda.

2. Harvemut

Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang makan terbuat dari gandum seperti oatmeal, lebih mampu berkonsentrasi dan fokus pada pelajaran di sekolah. Sebagai makanan berserat, oatmeal adalah makanan mengenyangkan dan dicerna lebih lambat oleh tubuh serta menghasilkan energi.

3. Buah

Segala jenis buah sangat menyehatkan anak Anda. Itu karena buah memberikan vitamin esensial dan mineral pembangun tubuh. Buah juga mengandung serat yang menjaga pencernaan tetap sehat. Fruktosa alaminya memberikan energi instan ke seluruh tubuh dan otak anak. Rasanya yang manis sangat disukai oleh anak-anak.

Biasakan anak Anda untuk mengonsumsi buah-buahan, seperti melon, kiwi, apel dan jeruk. Hal ini juga akan membantu mengontrol kebiasaan anak untuk jajan di luar.

READ:  Minyak Almond, Rahasia Rambut dan Kulit Indah

Buah-buahan sangat baik dikonsumsi pada pagi hari ketika enzim pencernaan belum aktif, karena buah bisa langsung dicerna dengan mudah oleh tubuh. Namun, ada pula pandangan yang mengatakan mengonsumsi buah pada pagi hari tidak baik bagi pencernaan. Memang, buah membuat tubuh lebih cepat lapar karena begitu mudah dicerna oleh tubuh.

Untuk itu, buah harus dimakan dalam jumlah cukup untuk mengenyangkan dan beberapa kali (biasanya 3-4 kali) hingga jam makan siang tiba.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya dengan lemak sehat yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan, serta merawat kesehatan jantung sang buah hati. Lemak “baik” pada kacang mampu memberikan anak Anda energi untuk aktivitasnya seharian.

5. Susu

Protein dan kalsium susu menyediakan bahan bakar untuk otak dan tubuh. Protein membantu membangun jaringan otak, sementara kalsium menguatkan tulang dan gigi.

6. Blueberry

Salah satu buah yang tersehat yang pernah ada. Dikenal sebagai antioksidan yang benar-benar ampuh. Banyak penelitian yang menunjukkan Blueberry tidak hanya melindungi tubuh dari penyakit jantung dan diabetes, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan otak. Bahkan buah hebat ini bisa mengurangi lemak perut penyebab obesitas dan sindrom metabolik.

Melihat anak montok memang menggemaskan, tapi Anda tentunya tak mau melihat buah hati Anda menderita kelebihan berat badan.

Lengkapi nutrisi harian anak dengan Blueberry yang bisa dicampurkan di susu, salad, atau oatmeal. Cobalah membuat minuman dingin dengan campuran blueberry, yoghurt dan beberapa tetes madu. Resep minuman ini cocok untuk anak di atas usia satu tahun.

7. Tahu

Seluruh makanan dari bahan dasar kedelai adalah sumber protein yang sangat baik dan memiliki manfaat anti kanker yang kuat. Tahu terutama sangat cocok untuk anak gadis yang beranjak remaja, karena memiliki efek perlindungan terhadap tubuh dan jaringan payudara yang baru berkembang.

READ:  6 Tradisi yang Dilakukan saat Natal

Jika membuat sup atau tumisan sayur, coba campurkan dengan tahu. Tahu juga bisa dibuat smoothies dengan campuran yoghurt.

8. Tomat

Tomat kaya akan lycopene, yakni zat yang memberikan perlindungan dari kanker. Tomat yang dimasak mengandung lebih banyak lycopene, karena terlepas saat dipanaskan.

Mengolah tomat menjadi sup tentu sangat nikmat. Atau, tomat bisa dijadikan sambal untuk tahu, kombinasi makanan yang super sehat.

9. Yoghurt Yunani

Yoghurt jenis ini dikenal rendah lemak serta mengandung bakteri baik yang meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu pencernaan. Yoghurt Yunani memiliki dua sampai tiga kali lipat kandungan protein, sementara kadar gulanya lebih rendah daripada yoghurt biasa.

Campurkan yoghurt dengan sedikit pemanis dengan indeks glikemik rendah, seperti madu. Indeks glikemik rendah berarti pemanis yang melepaskan kadar gula dengan lambat ke darah sehingga tidak terjadi lonjakan kadar gula di dalam darah. Selain madu, buah-buahan juga memiliki indeks glikemik rendah.

10. Kubis

Rasanya yang ringan dan crunchy cenderung disukai oleh anak-anak. Sayuran seperti kubis, brokoli dan kale mengandung fitonutrien yang dikenal menurunkan resiko berbagai jenis penyakit kanker, serta meningkatkan kemampuan organ pencernaan.

11. Salmon

Ikan salmon mengandung omega-3 yang berguna menjaga kesehatan jantung. Juga dikenal sebagai makanan yang meningkatkan kemampuan dan perkembang otak, menangkis depresi serta bersifat anti inflamasi (radang).

Pastikan salmon yang Anda pilih adalah jenis liar yang berasal dari laut dalam, karena bebas merkuri dan kadar omega-3nya lebih tinggi. Memilih ikan dari laut memang harus ekstra hati-hati karena maraknya pencemaran air laut oleh timbal.

Padukan salmon dengan bahan makanan yang disukai, seperti saus tomat, perasan lemon, saus teriyaki atau kubis.

12. Kakao

Ini bukan cokelat biasa, tapi bubuk kakao yang dikenal mengandung konsentrat flavonoid dalam jumlah besar. Flavonoid merupakan senyawa yang mampu menjaga tekanan darah, menyehatkan jantung dan mulut. Juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

READ:  6 Alasan Mengapa Menjewer Tidak Baik Untuk Perkembangan Anak

Gunakan setidaknya 70 persen kakao murni untuk memastikannya belum diproses dengan alkali. Pemrosesan semacam itu bisa menghilangkan konsentrat flavonoid di dalamnya.

Taburkan bubuk kakao pada pancake, wafel atau roti Prancis. Lelehkan dark chocolate, bentuk sesuai keinginan dan hidangkan bersama strawberry.

13. Kedelai hitam

Kedelai merupakan sumber protein, serat dan kalsium. Kedelai hitam jauh lebih baik daripada kedelai biasa. Semakin gelap warnanya, semakin baik. Kedelai hitam membantu mencegah penyakit jantung dan kolesterol tinggi, tidak hanya pada anak, tapi juga pada orang dewasa.

14. Kemangi

Ternyata kemangi yang wangi ini kaya akan antioksidan, vitamin A, C dan K serta zat besi, kalium dan kalsium yang dapat membantu aktivitas pencernaan. Bahkan dapat meringankan sakit kepala.

Kemangi dapat dijadikan lalapan, atau ditaburkan pada sup dan omelet.

15. Kayu manis

Penelitian menunjukkan bahwa kayu manis dapat membantu mengatur kadar gula darah. Juga bisa meningkatkan energi. Kayu manis mudah disajikan pada anak dengan cara ditaburkan di oatmeal, pancake, sereal, yoghurt, roti atau pop corn.

***

Demikian jenis-jenis makanan yang super menyehatkan untuk buah hati Anda. Semoga Anda sekeluarga sehat dan bahagia.

Foto: