6 Legenda dan Peradaban Kuno yang Terlupakan

Loading...

Legenda dan Peradaban Kuno yang TerlupakanSejarah akan tetap menjadi saksi akan begitu banyaknya peradaban yang pernah ada. Ada jutaan peradaban yang telah berkembang sejak zaman dahulu dan kemudian seakan menghilang ditelan waktu.

Anda tentu saja tahu tentang beberapa peradaban yang mencapai puncaknya dalam hal seni, budaya, administrasi dan lain sebagainya. Bahkan terdapat segelintir peradaban tua yang hilang dan hingga saat ini masih menjadi rahasia dalam reruntuhan.

Beberapa peradaban yang terlupakan adalah kerajaan perkasa pada zaman dahulu. Bagi kebanyakan orang, Mesir, Roma dan Yunani merupakan tanda dari peradaban kuno.

Akan tetapi sebenarnya masih ada beberapa kerajaan kuat lainnya yang sayangnya telah terlupakan oleh zaman dan hilang ditelan waktu. Sangat sedikit dari kita yang benar-benar tahu mengenai peradaban perkasa yang kini hanya dianggap suatu reruntuhan yang tersisa.

The Kingdom of Aksum

Kerajaan modern yang terletak di Ethiopia ini telah menjadi pusat dari legenda yang tak terhitung jumlahnya. Terkenal sebagai kerajaan yang hilang dari Ratu Sheba dan tempat peristirahatan terakhir dari Perjanjian Tabut, Aksum merupakan sebuah kekuatan perdagangan internasional. Dengan kenaikan dan perluasan Islam, kekaisaran Aksumite berangsur-angsur hilang ditelan waktu.

READ:  Penyebab Caligynephobia dan Terapi Untuk Mengatasinya

The Kingdom of Kush

Kerajaan kuno ini dikenal karena kelimpahan emas dan sumber daya alamnya. Kerajaan Kush membanggakan masyarakat yang sangat bertingkat dan perkotaan didukung oleh pertanian skala besar. Fakta yang menarik tentang peradaban ini adalah bahwa penguasa Kush menaklukkan Mesir pada 750 SM dan memerintah selama lebih dari satu abad.

The Kingdom of Yam

Kerajaan Yam dikatakan sebagai sebuah tanah yang terletak di samping Mesir kuno dan kemungkinan merupakan tanah leluhur dari asal muasal Mesir. Menurut deskripsi dari Mesir explorer Harkhuf, Yam adalah kerajaan yang kaya akan tanah dupa, kayu eboni, kulit macan tutul, gading gajah dan bumerang.

Ini jelas menunjukkan bahwa Yam adalah sebuah kerajaan yang makmur. Hieroglif menunjukkan bahwa Yam ada sekitar 700 kilometer di barat selatan Mesir. Ini berarti bahwa orang Mesir harus menyeberangi beberapa ratus mil untuk membangun hubungan perdagangan dengan Yam.

The Kingdom of Mitanni

Negara Mitanni ada pada sekitar 1500-1200 SM. Kerajaan ini terdiri dari daerah sekitar Suriah yang modern dan sekitar utara Irak. Dikatakan bahwa ratu Mesir Nefertiti yang terkenal, lahir sebagai seorang Mitannian dan menikah dengan Firaun Mesir.

READ:  Tradisi Malam Tahun Baru Paling Aneh di Dunia

Menariknya budaya Mitannian menunjukkan pengaruh India kuno. Mereka percaya pada konsep Karma, reinkarnasi dan kremasi. Hal ini membuat hubungan antara Mitanni dan Mesir menjadi lebih menarik.

The Kingdom of Tuwana

Kerajaan Tuwana berkembang di wilayah Turki. Kerjaan ini memiliki jumlah yang signifikan akan kekayaan budaya yang besar. Kerajaan Tuwana menggunakan bahasa hieroglif yang dikenal sebagai Luwian namun kemudian diadopsi ke dalam naskah abjad Fenisia. Ada kemungkinan bahwa Kerajaan Tuwana merupakan asal muasal abjad Yunani.

Maurya Empire

Chandragupta Maurya adalah nama terkenal dalam sejarah. Tidak salah jika dikatakan bahwa dia adalah Alexander dari India. Kekaisaran Maurya dibawah kepemimpinan Chandragupta memiliki pemerintahan birokrasi yang terencana.

Chandragupta telah mengalahkan banyak jenderal Macedonia seperti Nicator Seleucus. Setelah kematiannya, kerajaan berangsur-angsur menjadi lemah dan akhirnya terlupakan. Kematian cucu kesayangan Chandragupta, Ashoka Maurya adalah pukulan terakhir bagi kerajaan besar ini.

(foto: britannica.com)