7 Ide Makan Siang Sehat untuk Anak

Loading...

makan siang sehat untuk anakApakah Anda masih sering bingung harus menyiapkan apa untuk makan siang anak Anda? Makanan yang disediakan di kantin sekolah tentu tidak menjamin kebersihan dan kesehatannya.

Selain itu, anak sedang dalam masa pertumbuhan dan sedang aktif-aktifnya bergerak, tentu membutuhkan nutrisi cukup untuk tumbuh kembang anak.

Nah, berikut adalah 7 ide makan siang sehat untuk anak, dilansir dari Healthline.com:

1. Jadikan sebagai usaha tim

Dari pizza hingga hot dog (dan bahkan dessert!), tersedia banyak ide makan siang sederhana dan sehat yang pasti disukai anak-anak.

Tapi sebelum Anda membuka lemari es, langkah pertama agar berhasil adalah melibatkan anak-anak Anda untuk membuat keputusan mereka akan makan siang apa kali ini. Langkah kedua adalah membantu mereka membuat makanan mereka.

Tawarkanlah dua atau tiga pilihan sehat setiap harinya. Ketika anak Anda memilih salah satu, bekerjasamalah untuk membuat dan membungkus makan siang mereka. Apakah itu memasukkan bumbu, menggulung tortilla, atau mengisi kotak makan, usaha anak Anda akan memberikan mereka rasa bangga saat mendidik mereka untuk makan sehat!

2. Pesta Pizza Sehat

Apakah pizza dingin bisa tergolong makan siang sehat? Dengan versi ini, jawabannya adalah “ya.” Ditambah lagi, itu adalah cara yang bagus untuk membuat anak-anak Anda rela makan beberapa sayuran.

READ:  Inilah Daftar 10 Makanan Tersehat di Dunia

Resep sederhana: Tambahkan tomat rendah natrium atau saus pizza pada tepung tortilla besar, dan taburi dengan keju parut rendah lemak. Tambahkan pepperoni kalkun cincang atau daging lainnya dan kemudian biarkan anak-anak Anda menambahkan sayuran cincang favorit mereka. Gulung tortilla seperti burrito, potong hingga menjadi beberapa bagian yang sama besar, dan makan siang sehat sudah siap!

3. Hot-Dog yang lebih sehat

Semua anak menyukai hot dog, tapi itu bukan pilihan makan siang yang sehat. Dengan sedikit kreativitas, alternatif yang menyenangkan dan bergizi dapat dengan mudah dikemas dalam kotak makan anak Anda.

Resep sederhana: Bungkus beberapa keju mozzarella dengan satu atau dua irisan kalkun tanpa lemak atau daging lainnya dan tempatkan dalam roti hot dog. Jangan lupa untuk menyertakan saus tomat dan mustar.

4. Smoothie yang ramah bagi anak

Smoothie buah segar adalah cara yang bagus untuk “menyembunyikan” buah kaya vitamin yang Anda ingin anak-anak Anda makan.

Resep sederhana: Masukkan yogurt rendah lemak, plain atau rasa buah, dalam blender bersama dengan buah segar atau beku. Jika Anda menggunakan pisang, tambahkan sedikit selai kacang untuk protein tambahan. Isi termos dengan smoothie, dan beritahu anak Anda untuk mengocoknya terlebih dahulu sebelum diminum.

READ:  5 Snacks Sehat Penambah Energi dan Mood Saat di Kantor

5. Selipkan buah segar

Meskipun Anda berharap anak Anda akan memakan apel atau jeruk yang Anda masukkan ke dalam kotak makan siang mereka, lebih dari mungkin , ia akan melemparnya ke tempat sampah di akhir periode makan siang.

Tips sederhana: Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk membuat anak-anak Anda makan buah jika Anda mengupas atau memotong-motongnya. Tambahkan secangkir kecil selai kacang atau almond untuk mencelupkan buah, dan mereka akan makan dua makanan bergizi sekaligus.

6. Jangan lupa makanan panas

Pada saat-saat tertentu, sandwich dingin bisa benar-benar membosankan, tidak peduli alternatif apa yang Anda lakukan. Tetapi siapa yang mengatakan makan siang sekolah harus dingin? Makan siang panas bisa jadi yang anak Anda butuhkan, utamanya saat musim dingin.

Tersedia penyimpanan makanan dalam berbagai bentuk dan ukuran untuk menjaga sup, semur, dan makanan pembuka panas dan aman hingga waktu makan siang. Toko online seperti Amazon.com biasanya memiliki banyak pilihan.

7. Anak berhak mendapatkan dessert!

Ingat hari-hari lampau? Apa hal pertama yang Anda cari pada makan siang yang ibu atau ayah kemas untuk Anda? Yup, dessert, atau makanan penutup. Makanan manis dengan lemak dan gula minimum adalah tambahan yang bagus untuk bekal makan siang.

READ:  Dahsyatnya Khasiat Lemon bagi Kesehatan dan Kecantikan

Bungkusan makanan ringan berisi 100 kalori adalah cara yang bagus untuk memasukkan sedikit sesuatu yang manis dalam kotak makan, sekaligus membatasi jumlah lemak dan gula. Atau, strawberry berlapis cokelat, apel, atau pir akan memuaskan anak Anda dan memberikan nutrisi yang baik yang orang tua inginkan.