Bila Ambeien Muncul saat Kehamilan, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Loading...

Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Ambeien dapat membuat Anda merasa gatal, tidak nyaman saat duduk dan meringis kesakitan. Bahkan bisa saja Anda mengalami pendarahan (misalnya saja, Anda mengalami konstipasi saat ambeien).

Pengobatan ambeien dapat dilakukan dari luar maupun dari dalam. Pada beberapa kasus yang sudah kritis, bisa saja Anda harus melakukan operasi kecil untuk menghilangkan derita ambeien Anda.

Penyebab Munculnya Ambeien saat Hamil

1. Tekanan dari rahim Anda yang terus membesar serta tekanan aliran darah yang meningkat semasa hamil dapat membuat pembuluh darah balik pada anus Anda melebar yang menyebabkan daerah disekitar anus membengkak, sakit dan terasa gatal.

2. Sembelit semasa hamil juga dapat menjadi penyebab munculnya ambeien. Hal ini disebabkan oleh usaha mengejan yang terlalu keras dapat melukai elastisitas kulit anus Anda dan membuat daerah di sekitar anus Anda membesar.

Tapi tenang saja, walaupun penyakit ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman terutama saat Anda duduk, pengobatan ambeien ketika hamil berhasil bagi sebagian besar orang.

READ:  Ketahui Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi Penyakit Ambeien

Tips Bagi Anda yang Mengalami Ambeien saat Hamil

1. Metode terbaik yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi ambeien saat sedang hamil adalah dengan membiasakan diri untuk meminum banyak cairan (minimal 2 liter per hari) dan mengonsumsi aneka ragam makanan yang mengandung serat seperti bayam dan buah pepaya untuk mempermudah buang air besar.

2. Jangan lupa melakukan senam hamil Anda karena gerakannya membantu memperlancar sirkulasi darah pada tubuh. Serta akan memberikan efek relaksasi dan menenangkan diri Anda untuk tetap berpositif thinking.

3. Tidur dalam posisi miring akan lebih dianjurkan dibandingkan dalam posisi terlentang untuk menghindari tekanan berlebih yang akan mengakibatkan ambeien yang diderita menjadi lebih parah.

4.  Hindari duduk yang terlalu lama tanpa jeda. Jika diharuskan untuk duduk dalam waktu yang lama, Anda bisa mensiasatinya dengan berjalan-jalan kecil selama 3 atau 5 menit untuk mengurangi sedikit tekanan yang terjadi ketika Anda duduk.

5. Selalu jaga kebersihan Anda. Jangan takut mengusap bagian anus Anda apabila perlu. Gunakanlah tisu bayi bila tisu toilet terlalu kasar dan menyakitkan bagi Anda. Jangan jadikan ambeien sebagai alasan tidak membersihkan diri Anda dari kotoran.

READ:  6 Tips dan Cara Agar BAB Selalu Lancar

6. Jangan mengejan terlalu kuat saat buang air besar. Jangan memaksakan untuk mengeluarkan feses karena dapat memperburuk ambeien Anda. Jangan juga menahan buang air besar karena dapat menyebabkan konstipasi.

7. Ketika duduk, Anda dapat menggunakan bantal penyanggah dengan lubang pada tengahnya untuk mengurangi tekanan yang mungkin menyakiti Anda.

8.  Kompreslah ambeien Anda dengan es batu. Taruhlah es batu ke dalam plastik, tutup dengan handuk dan duduklah di atas handuk tersebut selama 10 menit setiap hari untuk meredakan pelebaran pembuluh darah yang terjadi.

9.  Gunakan cara alami dengan mengoleskan lendir dari tanaman lidah buaya. Oleskan lendir tersebut pada bagian yang terserang ambeien. Gunakan untuk membantu mempermudah pengeluaran feses dan membantu mengempeskan pembengkakan.

10.  Konsultasilah terlebih dulu dengan dokter Anda sebelum memutuskan untuk mengonsumsi jenis obat-obatan ambeien tertentu agar tidak meracuni bayi dalam kandungan Anda.

Semoga 10 tips di atas dapat membantu Anda yang mengalami ambeien semasa hamil. Selamat mencoba.

(foto: clublifemagazine.ca)