Fungsi dan Manfaat Hebat Kolagen untuk Kulit

Loading...

pengertian kolagenKolagen adalah salah satu protein terpenting pada mamalia, jumlahnya sekitar 30% dari seluruh jumlah protein yang terdapat pada tubuh manusia.

Kolagen sering disebut juga sebagai “lem” yang menyatukan seluruh bagian tubuh menjadi satu.

Kolagen ditemukan pada jaringan tipis seperti kulit, ligamen dan tendon. Demikian juga yang terdapat pada tulang, pembuluh darah dan kornea mata. Kolagen sangat penting bagi kekuatan pembuluh darah dan elastisitas kulit.

Kekurangan kolagen akan menghasilkan kerutan dan berbagai masalah kulit lainnya. Itulah mengapa saat ini banyak sekali ditemukan suplemen dan kosmetik yang mengandung kolagen sebagai solusi atas beragam masalah kulit.

Karakteristik Kolagen

Kolagen memiliki peran yang sangat penting karena merupakan zat utama protein pembangun yang memberikan struktur pada jaringan sel. Sebagai zat asam amino, kolagen terbentuk dari amine (NH2) dan carboxylic acid (COOH).

Senyawa utama kolagen adalah oksigen, nitrogen dan karbon. Selain itu kolagen juga tersusun atas amino acids glycine, proline dan hydroxyproline.

Fungsi Kolagen

Ada 25 jenis kolagen yang muncul di dalam tubuh secara alamiah. Serat kolagen memberikan kekuatan dan struktur pada seluruh bagian tubuh. Kolagen adalah zat yang menyatukan jaringan di dalam tubuh manusia dan mamalia lainnya. Kolagen sangat penting, terutama untuk mencegah kerutan, kulit kendur, penuaan dini dan kerusakan kulit lainnya.

READ:  Memperlambat Datangnya Penuaan Dengan Mikrodermabrasi

Ketika seseorang semakin tua, produksi kolagen dalam tubuhnya pun ikut menurun sehingga sel di dalam tubuh mulai berbentuk tak beraturan. Sebagai hasilnya adalah kulit menjadi sensitif, kendur dan rentan, rambut yang mulai kehilangan warna, sendi yang mulai kaku dan kondisi tulang yang menipis.

Jutaan orang di dunia mulai memikirkan cara untuk menstimulasi produksi kolagen di dalam tubuh mereka saat kerutan mulai terlihat. Penyuntikan kolagen melalui pembuluh darah mulai populer seiring dengan meningkatkan kepedulian manusia terhadap penampilan mereka.

Makanan yang Mengandung Kolagen

Ada beberapa jenis makanan yang mengandung kolagen yang dapat Anda konsumsi seperti:

  • Bawang Putih

Bawang putih adalah jenis tanaman yang mengandung sulfur yang baik untuk pertumbuhan kolagen di dalam tubuh Anda. Selain itu bawang putih juga mengandung lipoic acid dan taurine dalam jumlah besar yang bermanfaat untuk membangun kembali jaringan kolagen yang rusak.

Oleh sebab itu jangan lupa untuk selalu menambahkan bawang putih dalam sup atau pasta Anda.

  • Tomat
READ:  10 Tanda Anda Mengalami Defisiensi Besi

Anda mungkin tahu bahwa tomat merupakan sumber lycopene yang baik. Lycopene sendiri merupakan zat yang mampu melawan enzim kolagenase, dimana enzim tersebut adalah enzim yang menghancurkan kolagen di dalam tubuh.

Dengan kata lain, tomat membantu mempertahankan dan menjaga kadar kolagen dalam tubuh Anda.

  • Ikan

Ikan mengandung banyak sekali omega 3 yang baik bagi kulit dan perkembangan kolagen. Omega 3 banyak ditemui pada berbagai jenis ikan laut seperti sarden, tuna dan salmon.

Selain itu, omega 3 juga dapat membantu Anda memerangi kadar lemak jahat dalam darah.

  • Buah Berwarna Merah dan Sayuran Hijau

Buah berwarna merah seperi strawberry dan cherry serta sayuran hijau seperti paprika mengandung anti oksidan yang cukup tinggi. Anti oksidan juga berperan penting dalam mencegah penuaan dini dan membantu menangkal radikal bebas yang tentunya baik bagi kecantikan kulit.

(foto: saidaonline.com)