9 Asupan Penting untuk Perkembangan Otak Anak

Loading...

sarapan sehat untuk anakSeorang anak akan belajar tentang hal-hal baru setiap hari, akademik, olahraga, bidang seni, dan lain sebagainya.

Sebagai orang tua, Anda tentu mengharapkan agar anak Anda bisa unggul di setiap bidang, sayangnya hal itu bisa saja memberi terlalu banyak tekanan pada otak anak, sehingga tidak jarang menimbulkan stres dan depresi.

Jadi Anda perlu untuk membantu anak Anda mengurangi tekanan tersebut dengan memberinya asupan makanan sehat untuk membangun kekuatan otak anak.

Para ahli gizi telah meneliti dan menemukan beberapa daftar makanan yang sangat baik untuk perkembangan otak anak Anda. Makanan ini menyediakan nutrisi penting yang dibutuhkan terutama pada masa pertumbuhan anak. Seperti yang telah diketahui, makanan yang dikonsumsi anak Anda, dapat mempengaruhi keterampilan kognitif dan perkembangan otak secara keseluruhan.

Salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan setiap anak adalah sarapan di pagi hari. Sarapan yang ideal menawarkan protein serta karbohidrat kompleks yang membantu dalam menjaga tingkat energi serta meningkatkan keterampilan motorik anak Anda.

READ:  5 Jenis Makanan Alami untuk Kulit Sehat

Jadi, untuk membantu Anda memilih asupan yang tepat untuk anak, simaklah beberapa daftar asupan sehat untuk perkembangan otak anak Anda berikut ini:

Telur

Kolin, vitamin seperti zat yang terkandung dalam telur sangat penting untuk membangun sel-sel induk memori, jauh di dalam otak kita. Jadi, sebaiknya berikanlah telur orak untuk menu sarapan anak Anda setiap pagi.

Yogurt Yunani

Yogurt Yunani atau yang sering disebut yogurt saring ini penuh lemak, sehingga dapat membuat membran sel otak menjadi lebih fleksibel. Makanan ini bisa dengan cepat membantu otak mengirim dan menerima informasi. Biasanya anak tidak akan suka dengan rasa yogurt, oleh karena itu sebaiknya tambahkan butiran chocolate chips agar anak tidak memiliki alasan untuk tidak mengkonsumsinya.

Ikan

Ikan merupakan sumber yang kaya akan vitamin D dan asam lemak omega-3 yang melindungi otak terhadap penurunan kognitif dan kehilangan memori. Sarden, salmon dan tuna merupakan beberapa ikan yang kaya akan ini.

Strawberry dan Blueberry

Kedua buah-buahan berair ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Makanan ini telah terbukti mampu meningkatkan fungsi kognitif anak. Antioksidan yang hadir dalam buah ini juga memiliki efek jangka panjang pada fungsi otak.

READ:  Ketahui 5 Anggapan Salah Tentang Penyakit Asma

Susu

Susu bebas lemak merupakan sumber protein, vitamin D dan fosfor yang baik. Kecuali jika anak Anda memiliki intoleransi laktosa, susu harus menjadi item teratas pada daftar makanan untuk anak Anda.

Apel dan Plum

Buah apel dan plum adalah dua jenis buah yang mengandung quercetin dan antioksidan yang efektif dalam hal memerangi penurunan kognitif. Jadi, masukkan dua buah ini dalam kotak bekal makan siang anak Anda.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan makanan berprotein yang dikemas dengan asam lemak esensial dan mineral. Kacang-kacangan dapat membantu dalam meningkatkan memori serta menjaga susunan sistem saraf anak Anda.

Kunyit

Substansi yang disebut curcumin yang hadir dalam kunyit dapat berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Hal ini juga efektif untuk melawan peradangan dan pembentukan plak penyebab Alzheimer.

Daging

Daging segar memiliki pengaruh yang besar untuk pertumbuhan otak dan memori anak Anda. Selain itu, daging juga baik untuk membangun kekuatan tulang dalam tubuh. Namun, Anda harus memilih daging bersih yang bebas dari pestisida dan bahan pengawet.

READ:  Apa itu Raspberry Ketone?

(foto: Thinkstock)