7 Makanan yang Mencegah Anda Dehidrasi

Loading...

Makanan yang Mencegah Anda DehidrasiSemakin banyak aktivitas kita maka semakin banyak air yang harus kita minum. Ilmuwan menganjurkan untuk meminum 8 gelas air putih setiap harinya, bahkan lebih.

Mengapa? Hal tersebut disebabkan karena tubuh kita sebagian besar terdiri atas air dan air memiliki tugas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.

Namun demikian, meminum 8 gelas air putih tiap hari kadang menjadi hal yang sulit dilakukan, bisa disebabkan karena kesibukan yang tanpa henti, tidak suka minum air putih dan lain sebagainya. Ternyata 20% air yang masuk ke dalam tubuh kita bukan berasal dari air yang kita minum melainkan berasal dari apa yang kita makan terutama sayuran dan buah.

Setidaknya ada 7 jenis makanan yang melindungi Anda dari resiko dehidrasi, yaitu:

1. Ketimun

96,7% dari ketimun terdiri atas air, itulah sebabnya mengapa mengonsumsi ketimun sangat baik bagi kesehatan, terutama untuk menjaga kandungan air dalam tubuh.

Bagaimana cara menikmati ketimun? Anda dapat mengolahnya dan menjadikannya salad yang dapat dinikmati sebagai hidangan pencuci mulut yang nikmat dan sehat. Selain itu, Anda dapat memblendernya dengan campuran yogurt dan es batu untuk mendapatkan sensasi yang berbeda.

READ:  9 Tips Menghindari Dehidrasi

2. Daun Seledri

Tahukah Anda bahwa daun seledri yang mungkin sering Anda remehkan selama ini ternyata mengandung kadar air yang sangat besar yakni 95,4%. Seperti makanan yang kaya akan air lainnya, daun seledri memiliki kalori yang rendah yakni sekitar 6 kalori per batangnya. Oleh sebab itu, jangan hanya jadikan seledri penghias sup Anda tapi konsumsilah dan ambil manfaatnya.

3. Tomat

Tomat adalah salah satu komponen yang tidak boleh dilupakan dalam mangkuk salad Anda. Mengapa? Hal ini karena selain memberikan rasa manis yang khas, tomat mengandung kadar air yang sangat tinggi yaitu sebanyak 94,5%. Mudah sekali untuk menyisipkan tomat dalam menu makan Anda. Anda dapat memasukan irisan tomat ke dalam sup, salad, adonan pizza atau tumisan Anda sehari-hari.

4. Paprika Hijau

Ada beberapa varian dari sayuran yang satu ini. Selain paprika hijau, terdapat pula paprika merah dan paprika kuning. Akan tetapi, paprika hijau adalah pemenangnya, sayuran ini terdiri atas 93,9% air. Mungkin sebagian dari Anda masih merasa asing dengan sayuran yang satu ini, tapi cobalah mencampurkan irisan paprika hijau dengan mayonaise sebagai camilan sehat sebelum atau sesudah makan malam Anda. Anda pasti menikmatinya.

READ:  Cari Tahu Penyebab Hidung Tersumbat dan Cara Pengobatannya

5. Semangka

Tidak diragukan lagi kalau buah merah satu ini kaya akan kandungan air. Disamping rasanya yang manis dan dagingnya yang lembut, ternyata kandungan air pada semangka mencapai 91,5%.

Tidak hanya kaya akan air, semangka juga mengandung zat lycopene yang sangat baik dalam menangkal radikal bebas dan merupakan sumber anti oksidan alami yang mampu melawan penuaan dini. Tentu saja, cara menikmati buah ini sangat mudah, cukup nikmati dalam keadaan dingin atau menjadikannya smoothie.

6. Bayam

Sayuran yang identik dengan tokoh popeye ini memang memiliki manfaat super. 91,4% dari bayam terdiri atas air. Oleh sebab itu kini banyak sekali orang yang menjadikan bayam rebus sebagai salah satu komponen yang tak boleh ketinggalan dalam campuran salad mereka disamping menjadikannya bahan utama membuat sayur. Tidak hanya kaya akan air, bayam juga kaya akan serat dan vitamin E yang baik bagi pencernaan dan kehalusan kulit.

7. Belimbing

Masyarakat Indonesia selama ini hanya mengenal belimbing sebagai buah yang enak dirujak atau dibuat jus. Ternyata belimbing adalah salah satu buah dengan kadar air tertinggi yakni sebesar 91%.

READ:  Bahaya Dehidrasi Bagi Anak Kecil

Oleh sebab itu, bagi Anda yang sedang letih dan berkeringat, belimbing dapat dijadikan salah satu solusi yang dapat menyegarkan Anda. Tetapi ingat, bagi penderita masalah ginjal, konsumsi belimbing harus dihindari karena mengandung asam oxalic yang tinggi.

(foto: sheknows.com)